Amankah Toilet Jongkok bagi Kesehatan?

Amankah toilet jongkok bagi kesehatan
Sebenarnya amanakah toilet jongkong bagi kesehatan? Atau lebih tepatnya, baikkah buang air sembari berjongkok bagi kesehatan Anda? Temukan jawabannya di sini.

GoDok – Amankah Toilet Jongkok bagi Kesehatan – Buang air kecil ataupun buang air besar menjadi kebutuhan dasar manusia. Hal tersebut dilakukan untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh. Ada dua jenis toilet yang digunakan di Indonesia ketika ingin buang air besar, yaitu toilet jongkok dan toilet duduk. Di Indonesia, penggunaan toilet jongkok masih banyak digunakan.

Penggunaan kedua jenis toilet ini sering diperdebatkan oleh para penggunanya, terkait jaminan kesehatannya. Akan tetapi, sebenarnya amanakah toilet jongkong bagi kesehatan? Atau lebih tepatnya, baikkah buang air sembari berjongkok bagi kesehatan Anda? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Amankah Toilet Jongkok Bagi Kesehatan

Apa fakta ilmiahnya?

Menurut hasil penelitian dari Pelvic Floor Clinic di Stanford University, buang air besar yang ideal dan bagus untuk tubuh adalah posisi jongkok. Dengan posisi jongkok, Anda hanya membutuhkan waktu 51 detik untuk mengeluarkan isi perut (feses) Anda. Sebaliknya, jika menggunakan toilet duduk, Anda membutuhkan waktu lebih lama (130 detik) untuk mengeluarkan kotoran (feses). Dari fakta tersebut, posisi jongkok memang lebih memudahkan Anda dalam proses buang air dibandingkan posisi duduk.

Kenapa posisi jongkok yang lebih baik? Hal ini dikarenakan tekanan pada perut dan ketegangan otot dapat diturunkan lebih efektif ketika Anda melakukan buang air besar dalam posisi jongkok dibandingkan dalam posisi duduk. Tak hanya itu, sudut anorektal pada  saluran yang dilalui oleh kotoran juga akan lebih optimal terbentuk, sehingga memperlancar keluarnya kotoran. Sebaliknya, jika Anda memilih posisi duduk, kotoran akan membutuhkan usaha lebih keras untuk melalui saluran ini karena posisi saluran menjadi bengkok.

Selain itu, posisi jongkok juga membuat otot puborectalis menjadi lebih santai sehingga mengurangi ketegangan yang digunakan ketika BAB. Dengan demikian BAB akan lebih lancar dan terhindar dari masalah usus dan pencernaan.

Amankah Toilet Jongkok Bagi Kesehatan

Sebenarnya, bagaimana posisi buang air yang tepat?

Posisi yang disarankan untuk BAB adalah 35 derajat, sedangkan posisi toilet duduk adalah 90 derajat. Jika Anda sudah terlanjur menggunakan toilet duduk dan terbiasa menggunakannya. Anda bisa menggunakan kursi kecil untuk kaki agar membentuk sudut 35 derajat.

Pilihlah toilet yang memang membuat Anda nyaman. Jika memang Anda merasa lebih nyaman dengan toilet duduk, maka usahakanlah posisi BAB Anda membentuk sudut 35 derajat, agar terhindar dari masalah pencernaan. Pasalnya, berdasarkan data sebuah penelitian pada tahun 2013, di Israel, dikatakan bahwa mereka yang lebih sering menggunakan toilet jongkok cenderung terhindar dari masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir.

(Baca: Serba-Serbi Wasir yang Harus Anda Ketahui)

Amankah Toilet Jongkok Bagi Kesehatan

Lalu, apakah posisi duduk berbahaya bagi kesehatan?

Buang air dalam posisi duduk memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan Anda. Jika Anda  terlalu sering buang air dalam posisi ini, lama-kelamaan Anda bisa saja terkena hemoroid (wasir), baik di dalam ataupun di luar dubur. Penyakit ini merupakan varises -pelebaran pembuluh darah balik- yang muncul akibat tidak lancarnya aliran darah yag menuju otot-otot bokong. Pembuluh darah besar yang berada di daerah tersebut menjadi tertekan, sehingga vena akan melebar.

Tak berhenti di situ, toilet duduk juga sangat rentan menjadi tempat bersarangnya beberapa bakteri, seperti Escherichia coli, Salmonella, dan Shigella dysenteriae. Secara umum, bakteri-bakteri tersebut sangat sering ditemukan pada toilet di tempat-tempat umum. Melalui toilet, bisa saja masuk ke dalam tubuh dan mengganggu pencernaan Anda. Mau?

(Baca: Yuk, Kenalkan Si Kecil dengan Toiletnya!)

Nah, itu dia jawaban dari pertanyaan amankah toilet jongkok bagi kesehatan. Jangan sampai salah gaya, ya! Semoga bermanfaat!