Amankah Mengonsumsi Obat Tanpa Resep Dokter?

mengonsumsi obat tanpa resep dokter

GoDok – Pernahkah Anda mengonsumsi obat warung, atau obat apapun tanpa resep dari dokter? Tentunya pernah. Ketika mengalami penyakit ringan seperti batuk, demam, dan flu, biasanya kebanyakan orang akan memilih obat warung. Alasannya? Tentu karena mereka merasa bahwa penyakit ringan tidak perlu dibawa berobat ke dokter yang mahal. Toh, dengan 2-3 kali meminum obat warung, biasanya juga akan sembuh dengan sendirinya. Namun, sebenarnya amankah mengonsumsi obat tanpa resep dokter?

Apa fakta mengonsumsi obat tanpa resep dokter?

Hati-hati! Mengonsumsi obat tanpa resep dokter belum tentu dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dalam waktu singkat, lho. Jika salah sedikit, justru hal ini bisa  membahayakan kesehatan Anda. Pasalnya, obat-obat yang dijual bisa saja tidak cocok dengan tubuh atau kebutuhan Anda sendiri. Hasilnya, obat tersebut mungkin tidak akan berpengaruh banyak pada penyakit Anda.

(Baca: Sebelum Terlambat, Kenali Dahulu Bahaya Konsumsi Obat Tidur!)

Selain itu, kebanyakan orang juga sering mengira-ngira sendiri dosis yang akan dikonsumsi. Misalnya, si kecil mengalami demam dan Anda memberikannya obat warung. Karena merasa dosisnya terlalu tinggi, akhirnya Anda hanya meminumkan setengah dari obat tersebut kepada anak. Padahal sebenarnya, Anda tidak tahu pasti berapa dosis yang harus dikonsumsi. Kasus ini cukup banyak ditemukan, khususnya pada penduduk yang tinggal di wilayah pinggiran kota.

Adakah efek samping mengonsumsi obat tanpa resep dokter? 

Tentu ada. Patut Anda ketahui bahwa penggunaan obat yang tidak rasional dapat memberikan efek samping tertentu pada tubuh. Tidak enak badan biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang down. Nah, jika tubuh Anda yang sedang lelah dan butuh istirahat langsung dihajar dengan obat, akibatnya bisa fatal. Bahkan jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa-bisa menyebabkan kematian. Tak hanya itu, dosis obat yang tidak pasti dapat pula menyebabkan resistensi obat pada tubuh. Banyak juga, ya! Penasaran bahaya apa lagi yang menanti Anda? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Kerusakan hati

Seringkah Anda mengonsumsi paracetamol ketika sedang demam? Jika iya, maka berhati-hatilah. Sebab, paracetamol adalah salah satu obat yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Sebelum mengonsumsinya, pastikan terlebih dahulu Anda tidak memiliki penyakit hati atau riwayat penyakit yang berhubungan dengan hati.

2. Kerusakan ginjal

Jarang yang tahu bahwa terlalu sering mengonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Terutama jika Anda mengonsumsinya sembarangan. Karenanya, selalu berkonsultasilah pada dokter sebelum Anda meminum sembarang obat. Siapa tahu, Anda sebenarnya hanya butuh istirahat yang cukup dan makanan yang sehat, dan tidak perlu meminum obat.

3. Keracunan

Banyak pekerja ibukota atau mahasiswa yang saking sibuknya, mereka tidak lagi sempat mengonsumsi makanan bergizi. Untuk menanggulanginya, kebanyakan dari mereka kemudian mengonsumsi multivitamin setiap hari. Nah, jika Anda salah satu yang melakukan hal ini, kurangilah asupan multivitamin tersebut. Atau konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum meminumnya. Sebab, banyak kasus keracunan yang disebabkan oleh pengonsumsian multivitamin tanpa resep dokter.

4. Syok anafilaktik

Sebagian orang merespon dengan baik obat tanpa resep dokter, sedangkan sebagian lagi dapat menyebabkan reaksi alergi. Syok anafilaktik ini disebut dengan reaksi alergi yang parah terhadap obat. Gejalanya meliputi denyut jantung berdenyut kencang, lemas, dan bahkan pingsan.

5. Berbahaya untuk wanita hamil

Ketika hamil, banyak hal yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan oleh si calon ibu, salah satunya adalah mengonsumsi obat-obatan. Karenanya, bagi ibu hamil, konsultasikanlah terlebih dulu pada dokter kandungan jika Anda ingin mengonsumsi suatu obat. Sebab, bisa jadi malah justru membahayakan janin dan proses kelahirannya. Tidak mau hal ini terjadi, kan?

(Baca: Serba-serbi Kesehatan pada Ibu Hamil)

6. Kecanduan dan resistensi obat

Jika setiap sakit sedikit Anda tidak bisa menahan diri untuk meminum obat, berhati-hatilah sebab hal ini dapat menyebabkan kecanduan terhadap obat tertentu. Hal ini berbahaya lho, sebab nantinya bisa saja tubuh menjadi gagal untuk merespon terhadap suatu penyakit. Selain itu, jika terlalu sering mengonsumsi suatu obat setiap Anda menderita penyakit tertentu, lama-lama si bakteri penyebab penyakit justru bisa menjadi kebal terhadap obat tersebut. Apalagi jika Anda mengonsumsi suatu antibiotik tanpa mengetahui jenis infeksi yang menyerang tubuh. Bisa-bisa, bakteri tersebut justru berdiam di dalam tubuh, tanpa terpengaruh, dan menjadi kebal terhadap obat.

Setelah melihat bahaya di atas, masihkah Anda ingin mengonsumsi obat tanpa resep dokter? Lebih baik, pertimbangkan kembali kebiasaan tersebut, ya! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.