Alergi Dingin, Sudahkah Anda Mengenalnya?

alergi dingin

Alergi dingin terjadi pada mereka yang mempunyai reaksi intensif fisik terhadap suhu yang menurun atau dingin. Hal ini bisa berarti bahwa tubuh Anda bereaksi negatif terhadap rendahnya suhu di sekitar Anda.

Go Dok- Musim hujan telah tiba, bagi beberapa dari Anda, hal ini bisa membawa beberapa masalah. Mulai dari munculnya penyakit kulit, nyeri sendi, atau bahkan munculnya reaksi alergi terhadap cuaca yang lembap. Alergi dingin, atau yang biasa pula disebut urtikaria dingin, biasanya menimbulkan reaksi seperti munculnya ruam atau bengkak-bengkak pada kulit Anda. Seperti apakah gejala dan penyebab kondisi ini? Yuk, mengenal alergi dingin melalui penjelasan berikut ini!

Apa itu alergi dingin?

Mengenal alergi dingin harus dimulai dengan memahami definisinya. Alergi dingin terjadi pada mereka yang mempunyai reaksi intensif fisik terhadap suhu yang menurun atau dingin. Hal ini bisa berarti bahwa tubuh Anda bereaksi negatif terhadap rendahnya suhu di sekitar Anda. Siapa saja dapat mengalami kondisi ini, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia.

Apa faktor penyebab terjadinya alergi dingin?

Sejatinya, penyebab utama alergi dingin adalah cuaca atau suhu dingin di lingkungan sekitar Anda. Suhu dingin ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti :

  • Kelembapan yang meningkat, di mana kelembapan udara yang meningkat drastis akan membuat kulit Anda terpengaruh dan menjadi lebih sensitif. Hasilnya, reaksi alergi pun akan muncul.
  • Musim penghujan, di mana udara sekitar Anda akan turun drastis suhunya. Di saat-saat ini pertumbuhan tungau debu dan jamur juga akan meningkat, sehingga penyebab kulit Anda menjadi gatal dan menderita alergi pun akan bertambah.
  • Perpindahan lingkungan, di mana saat Anda berpindah dari lingkungan yang iklimnya cukup hangat ke tempat yang beriklim dingin, reaksi alergi dingin pun akan meningkat. Hal ini dapat terjadi saat Anda pergi berlibur ke dataran tinggi atau ke negeri empat musim.
  • Antibodi yang terpengaruh, di mana ketika antibodi Anda terpengaruh oleh cuaca atau kondisi ruangan yang suhunya rendah, seperti musim hujan, musim dingin, ataupun ruangan ber-AC. Hal ini akan menyebabkan kulit Anda terasa gatal dan menjadi bengkak, sebab tubuh memproduksi histamine yang berlebihan. Reaksi tubuh ini sejatinya bertujuan agar tubuh Anda tidak merasakan dingin dengan menggaruknya.
Apa saja gejala yang timbul?

 Alergi dingin dapat muncul dengan reaksi yang berbeda-beda, di antaranya adalah :

  • Kulit memerah, pada kondisi dingin beberapa bagian tubuh Anda akan berubah warna menjadi merah tua. Meskipun Anda kemudian langsung pergi ke tempat yang lebih hangat, kondisi ini biasanya tak akan cepat menghilang.
  • Rasa pusing, beberapa orang yang menderita alergi dingin akan menunjukkan reaksi berupa pusing jika berada pada lingkungan bersuhu rendah. Tak hanya karena cuaca, hal ini dapat terjadi pula saat Anda selesai berenang atau berada dalam ruangan ber-AC.
  • Gatal dan bengkak, biduran merupakan reaksi yang paling sering muncul pada penderita alergi dingin. hal ini terjadi karena sel-sel darah putih melepaskan zat kimiawi ke dalam aliran darah saat tubuh Anda terpapar suhu dingin. gatal dan bengkak-bengkak merupakan reaksi alergi yang umum terjadi.
  • Tangan membengkak, meskipun jarang terjadi, namun tubuh Anda dapat menunjukkan reaksi pada suhu dingin dengan menyebabkan bengkak pada tangan. Tak hanya di tangan, alergi dingin bisa pula menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh lainnya, seperti bibir, wajah, kaki, dan tenggorokan.

Nah, itulah serba-serbi yang harus Anda ketahui demi mengenal alergi dingin. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.