Ini Dia Akibat Buruk Sering Pakai High Heels

akibat buruk sering pakai high heels

GoDok Akibat Buruk Sering Pakai High heels High heels atau sepatu berhak tinggi dewasa kini memang sulit dipisahkan dari gaya berpakaian kaum hawa. Meskipun kadangkala menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan sakit pada bagian kaki, tampaknya high heels masih menjadi pilihan utama kaum wanita agar terlihat lebih stylish dan profesional . Selain itu, karena penggunaan high heels dianggap dapat menghasilkan ilusi kaki yang lebih jenjang, banyak  wanita yang memilih menggunakan sepatu jenis ini sebagai alas kaki sehari-hari. Tapi, tahukah Anda akibat burung sering pakai high heels ?

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penggunaan high heels dapat membahayakan tubuh, terutama bagian kaki, lutut, panggul, bahkan tulang belakang.  Berikut penjelasan lengkap efek samping dan bahaya penggunaan sepatu hak tinggi yang harus Anda ketahui:

Akibat buruk sering pakai high heels

Bunion atau kelainan bentuk jempol kaki

Akibat sering pakai high heels pertama adalah kelainan pada jempol kaki. Penggunaan high heels, terutama yang berujung runcing, seringkali membuat Anda memaksakan kaki agar muat dan mengikuti bentuk sepatu. Hasilnya, bentuk jempol kaki akan berubah karena terdorong ke samping dan mendesak jari yang lain. Kondisi inilah yang dinamakan dengan bunion. Jika dibiarkan berlarut-larut, jempol kaki akan berubah bentuk secara permanen dan menyebabkan munculnya rasa sakit.

Kapalan

Ternyata, akibat sering pakai high heels dapat menyebabkan munculnya kapalan di bagian telapak kaki. Alasannya karena ketika kaki terlalu sering bergesekan dengan sepatu, tubuh akan bereaksi secara alami untuk melindungi kulit bagian dalam. Hasilnya, kulit kaki luar akan menebal dan mengeras. Kapalan memang bukan termasuk gangguan parah, namun tetap saja, kondisi ini dapat mengurangi kenyamanan Anda dalam beraktivitas.

Risiko terjatuh dan cedera pergelangan kaki

Selain karena menyebabkan ketidak nyamanan, para pengguna high heels juga perlu lebih berhati-hati ketika melangkah. Kenapa? Ini dikarenakan tingginya hak sepatu yang dikenakan dapat membuat keseimbangan tubuh terganggu hingga Anda lebih rentan terhadap risiko terjatuh. Jangan anggap remeh, karena terjatuh dari high heels terbukti dapat membuat pergelangan kaki cedera akibat besarnya tekanan tubuh yang ditumpukan di bagian kaki.

Pengecilan otot

Tanpa Anda sadari, ketika beraktivitas menggunakan high heels, tumit akan terus menerus tertekan dan dipaksa untuk berada dalam posisi terangkat dalam kurun waktu yang lama. Hasilnya, kaki akan terasa nyeri dan pegal karena otot dan tendon kaki  mengecil. Mengerikan, bukan?

Nyeri sendi dan osteoartritis

Tahukah Anda, bahwa ketika menggunakan high heels, postur tubuh akan dipaksa untuk terus menerus dalam keadaan lurus dan tegap? Hal ini menyebabkan tulang belakang tegang sehingga dapat menimbulkan gejala osteoartritis. Selain itu, sepatu hak tinggi juga akan meningkatkan tekanan lutut sebanyak 25% sehingga Anda akan lebih rentan terkena gangguan dan nyeri sendi.

Nyeri punggung bawah

Terakhir, akibat sering pakai high heels yaitu nyeri punggung bawah. Mengapa? Karena Penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan posisi pinggang, bahu, punggung, dan tulang belakang tidak normal. Akibatnya, akan muncul rasa nyeri di area tubuh tersebut, khususnya punggung bagian bawah. Jika dibiarkan secara terus menerus, bukan saja rasa nyeri yang dialami, namun postur tubuh juga akan berubah.

Menggunakan high heels memang dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik. Namun, jika terlalu sering, bukannya manfaat positif yang didapatkan, tapi dampak negatif pada tubuh yang akan Anda rasakan. Jadi, sikapi dengan bijak, ya!

(Baca: Bolehkah Kaki Terkilir Dipijat?)

Leave a Reply