Aduh! Ternyata Makanan Inilah yang Menyebabkan Gigi Keropos

Sejatinya, gigi keropos merupakan kondisi di mana struktur lapisan penyusun gigi mengalami kerusakan akibat meluruhnya unsur-unsur mineral pada gigi. Lengkapnya, gigi keropos dapat terjadi jika sisa-sisa makanan tidak dibersihkan secara sempurna hingga akhirnya menempel di sela-sela gigi yang susah dijangkau oleh sikat gigi. Nah, sisa makanan yang kaya akan gula ini kemudian difermentasi oleh bakteri mulut menjadi zat asam yang nantinya memicu proses peluruhan mineral. Jangan anggap sepele gangguan gigi yang satu ini, ya! Sebab, bila dibiarkan terus berlanjut, pengeroposan akan menjalar hingga mencapai bagian saraf gigi dan akhirnya menyebabkan gigi mati, alias gangren. Mengerikan, bukan?

Lalu, apa saja penyebab gigi keropos? Sebenarnya, banyak hal yang dapat memicu kondisi ini, mulai dari erosi gigi yang terjadi berkepanjangan hingga hilangnya kalsium gigi selama masa kehamilan. Namun, tahukah Anda, bahwa gigi keropos juga dapat dipicu oleh konsumsi bahan pangan tertentu? Penasaran? Yuk, simak poin lengkapnya berikut ini! 

a. Permen dan cokelat

Hmm, siapa sih yang tidak menyukai dua kudapan lezat ini? Rasa permen dan cokelat yang manis seringkali membuat kita ‘lupa daratan’. Eits, hati-hati! Ternyata, kandungan gula yang tinggi pada dua bahan pangan ini dapat meningkatkan risiko fermentasi gula di dalam mulut, lho! Hasilnya, gigi Anda pun akan lebih rentan mengalami keropos.

b. Roti

Jarang yang mengetahui bahwa kandungan zat asam dalam roti terbukti mempermudah terjadinya proses demineralisasi; yang mana merupakan penyebab utama terjadinya gigi keropos. Mengejutkan!

c. Minuman bersoda

Ayo, siapa di antara Anda yang senang mengonsumsi minuman berkarbonasi? Hati-hati, lho! Sebab tingginya kandungan senyawa asam fosforik di dalamnya ternyata dapat mempercepat proses peluruhan struktur lapisan pelindung gigi.

d. Buah-buahan yang memiliki rasa asam

Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan yang bersifat asam, seperti jeruk nipis dan mangga muda, memang sangat baik untuk tubuh karena berkhasiat untuk mencegah timbulnya sariawan hingga menjaga kesehatan kulit. Tapi, jiga dikonsumsi secara berlebihan, kandungan asam di dalamnya dapat mengakibatkan enamel gigi rusak dan keropos, lho!

e. Alkohol

Tahukah Anda, bahwa minuman dan makanan yang mengandung alkohol dapat meningkatkan risiko gigi keropos? Alasannya tidak lain karena tingginya kandungan gula dan asam di dalamnya terbukti dapat merusak enamel gigi. Akibatnya, gigi Anda rentan mengalami pengeroposan dan pembusukan.

f. Acar dan asinan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gigi yang terlalu sering terpapar zat asam akan cepat mengalami peluruhan mineral yang memicu gigi keropos. Nah, karena alasan tersebutlah, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi zat asam, semisal acar, cuka, dan asinan.

Itu tadi beberapa bahan pangan yang memicu timbulnya gigi keropos. Karena pada dasarnya kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak–anak hingga dewasa, maka tidak ada salahnya untuk mulai menjaga kesehatan gigi Anda dengan rajin menjaga kebersihan organ mulut serta rutin memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.