9 Penyakit yang Ditandai Sakit Kepala

penyakit yang ditandai sakit kepala
Hati-hati! Datangnya sakit kepala juga bisa menjadi pertanda penyakit lain. Nah, penyakit apa sajakah yang bisa ditandai oleh sakit kepala?

GoDok – Penyakit yang ditandai Sakit Kepala – Sakit kepala? Tentu hampir setiap orang pernah mengalaminya, bukan? Sebab, penyakit yang satu ini umum diderita oleh kebanyakan orang, dari setiap kalangan, baik muda-mudi, paruh baya, maupun lansia. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, baik dari faktor fisik maupun faktor mental. Hati-hati! Datangnya sakit kepala juga bisa menjadi pertanda penyakit lain, mulai dari penyakit yang ringan seperti flu dan demam, hingga penyakit serius seperti tumor dan meningitis.

Nah, penyakit apa sajakah yang bisa ditandai oleh sakit kepala? Berikut Go Dok jabarkan 9 di antaranya :

Penyakit yang ditandai Sakit Kepala

1. Pembengkakan otak (encephalitis)

Jika sakit kepala Anda disertai dengan demam dan kaku leher, hal ini bisa jadi pertanda adanya pembengkakan pada otak. Rasa sakit di kepala akan menjadi semakin parah, seiring membesarnya pembengkakan di otak Anda, yang mengarah pada bagian tulang tengkorak.

2. Sakit gigi

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang ditandai sakit kepala. Pasalnya, gangguan sendi pada gigi yang bisa mempengaruhi sendi penghubung tulang rahang hingga ke tulang di sekitar telinga, yang tersambung ke tulang tengkorak. Hal inilah yang kemudian menyebabkan rasa nyeri menjalar hingga ke bagian kepala. Tak hanya itu, tegangnya otot-otot rahang dapat pula menambah rasa nyeri di kepala Anda.

3. Pembengkakan pembuluh darah

Meskipun pembengkakan pada pembuluh darah biasanya tidak ditandai dengan gejala apapun, namun beberapa penderita mengalami sakit kepala hebat selama menderitanya. Hal ini terjadi jika yang mengalami pembengkakan adalah titik lemah pembuluh darah balik, yang mana berfungsi sebagai jalur darah menuju otak.

(Baca: Penyebab Gigi Rusak Ternyata Bisa Karena Pola Hidup)

4. Infeksi telinga

Penyakit yang ditandai sakit kepala selanjutnya yaitu Infeksi pada telinga, baik bagian telinga luar, tengah, hingga dalam dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada masing-masing bagian telinga tersebut. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk, atau cairan yang terbentuk pada telinga bagian tengah. Selain ditandai dengan demam, infeksi ini  disertai pula dengan rasa nyeri di kepala.

5. Meningitis (radang selaput otak)

Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang Anda. Jika sakit kepala Anda disertai dengan gejala seperti demam, kaku leher, serta timbulnya demam, Anda disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter. Pasalnya, meningitis bisa menjadi penyakit yang mengancam jiwa.

6. Tumor

Selanjutnya, penyakit yang ditandai dengan sakit kepala adalah tumor. Munculnya tumor (pertumbuhan sel-sel yang tidak normal) di dalam kepala atau otak Anda juga dapat menyebabkan sakit kepala. Biasanya, sakit kepala yang disebabkan tumor akan disertai dengan rasa mual, muntah, serta masalah penglihatan. Rasa sakit pada kepala juga akan meningkat secara bertahap, seiring dengan bertambah besarnya ukuran tumor. Meskipun terdapat berbagai macam tumor, dan beberapa di antaranya bersifat jinak, namun Anda tak boleh lengah. Sebab, pertumbuhan sel tumor tidak dapat diprediksi kecepatannya.

(Baca: Meningitis; Jenis, Tanda Awal dan Pencegahan)

7. Sinusitis akut

Penyakit yang satu ini dapat menyebabkaan rongga di sekitar saluran hidung Anda -biasa disebut sinus- membengkak serta meradang. Hal ini akan menyebabkan terbentuknya lendir yang tak dapat dikontrol pada hidung Anda. Biasanya, penyakit ini dapat pula disertai dengan gejala sakit kepala.

8. Hipertensi

Mengapa hipertensi menjadi salah satu penyakit yang ditandai sakit kepala? Karena, tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan sakit kepala, dan bisa terjadi walaupun Anda belum pernah didiagnosis dengan hipertensi sebelumnya. Jika tidak segera ditangani dengan mengubah pola hidup, penyakit ini dapat menyebabkan penyakit pada jantung.

9. Toksoplamosis

Terakhir penyakit yang ditandai sakit kepala. Toksoplasma merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri parasit Toxoplasma gondii, dan ditandai dengan gejala yang mirip dengan flu. Selain itu, gejala yang menyertaainya juga termasuk rasa sakit pada tubuh, demam, dan kelelahan.

(Baca: Hati-Hati! Ini Makanan Pemicu Hipertensi!)

Nah, itu tadi 9 penyakit yang ditandai sakit kepala. Semoga bermanfaat!