Intip Penjelasan 9 Manfaat Cincau Bagi Kesehatan

manfaat cincau bagi kesehatan
Cincau ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat cincau bagi kesehatan? Yuk, simak daftarnya berikut ini

GoDokManfaat Cincau Bagi Kesehatan – Cincau, alias janggelan, merupakan salah satu menu favorit masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa. Panganan yang satu ini biasa disuguhkan bersama es buah, cendol, ataupun kolak dan dijajakan pada banyak tempat. Otomatis, selama bulan Ramadhan, Anda akan sering berjumpa dengan menu hitam manis tersebut.

Hal ini wajar, sebab rasanya yang netral -tidak manis dan tidak juga pahit- dianggap cocok untuk perut yang sudah kosong seharian karena berpuasa. Tak hanya itu, cincau juga ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan. Penasaran apa saja manfaat cincau bagi kesehatan? Yuk, simak daftarnya berikut ini :

Manfaat Cincau Bagi Kesehatan

1. Mengobati batuk

Manfaat cincau bagi kesehatan yang pertama adalah untuk meredakan sakit batuk. Kandungan serat di dalamnya, disertai dengan banyak kandungan sehat lainnya terbukti ampuh untuk meredakan batuk dengan segera. Patut dicoba, bukan?

2. Mencegah hipertensi

Berdasarkan penelitian di tahun 1966 olh Prof. Dr. Sardjito, Guru Besar FK UGM, ditemukan bahwa para pasien hipertensi menunjukkan penurunan tekanan darah setelah secara rutin meminum air perasan cincau segar 2 kali sehari. Tak hanya itu, cincau juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda, yang notabene adalah salah satu penyebab hipertensi.

3. Mengatasi perut kembung

Berangin-anginan di malam hari, atau saat cuaca tengah dingin, dapat memicu kondisi di mana perut menjadi kembung oleh gas yang berlebihan. Memakan cincau dapat mengatasi hal ini, sebab kandungan seratnya efektif untuk membersihkan saluran pencernaan sekaligus gas di dalamnya.

(Baca: Jika Menderita Hipertensi, Anda Wajib Tahu 9 Makanan Ini)

4. Mengobati panas dalam

Manfaat cincau bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk meredakan gejala panas dalam, seperti bibir kering, sakit tenggorokan, serta sariawan. Tentu Anda tahu bahwa panas dalam disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan dan serat. Nah, cincau memiliki dua kandungan tersebut, sehingga dengan segera dapat menangani panas dalam.

5. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat cincau bagi kesehatan yang kelima terkait dengan menjaga kadar gula di dalam darah. Kandungan seratnya yang larut dalam air mampu mengikat lemak dan gula berlebih di dalam darah Anda. Selain itu, kandungan gula di dalamnya juga sangat rendah, sehingga banyak memakannya tidak akan menyebabkan Anda kelebihan gula.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan serat di dalam cincau mampu membersihkan organ-organ pencernaan secara keseluruhan. Karenanya, masalah-maslaah pencernaan, seperti sembelit, mulas, dan diare dapat diatasi dengan mengonsumsi cincau

(Baca: Anda Menderita Diabetes? Berikut Makanan yang Dapat Anda Konsumsi)

7. Baik untuk diet

Manfaat cincau bagi kesehatan selanjutnya adalah melancarkan diet Anda. Cincau, yang mengandung karbohidrat, fosofor, kalsium, serta berbagai macam vitamin ternyata bagus sebagai pelengkap menu diet Anda. Ditambah lagi, cincau juga kaya akan serat dan mineral yang tinggi, sehingga aman untuk dikonsumsi saat diet maupun puasa.

8. Melawan tumor dan kanker

Berdasarkan penelitian terbaru, daun cincau efektif untuk memghilangkan zat berbahaya penyebab kanker di dalam tubuh. Tak hanya itu, ekstrak daun cincau juga ampuh untuk membunuh sel kanker darah, hingga 55 -90 %. Tak berhenti di situ, cincau juga dikatakan bagus dalam membasmi 3 sel kanker lainnya, yaitu kanker mulut rahim, kanker payudara, dan kanker paru-paru. Hebat, bukan?

9. Mengatasi asam lambung

Terakhir, manfaat cincau bagi kesehatan adalah untuk mengatasi asam lambung. Tahukah Anda, bahwa kandungan vitamin C dan antioksidan pada klorofil di daun cincau dapat membantu dalam mengatasi peradangan lambung? Kedua senyawa tersebut akan memperkuat dinding otot perut guna membunuh bakteri penyebab sakit maag. Cincau juga dikatakan bagus untuk mengatasi naiknya asam lambung.

(Baca: 7 Cara Alami Atasi Naiknya Asam Lambung)

Nah, itu dia 9 manfaat cincau bagi kesehatan yang harus Anda ketahui! Semoga bermanfaat!