9 Langkah Hindari Risiko Penyakit Akibat Smartphone

GoDok – Dulu, kita mengenal 3 kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia, yaitu sandang, pangan, dan papan. Apakah hal tersebut masih relevan jika diterapkan ke kehidupan jaman sekarang? Tidak! Sebab, kini banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa smartphone ataupun gadget. Jika Anda membutuhkan pembuktian atas pernyataan tersebut, tanya saja orang di sekitar; apa yang akan mereka pilih, tidak memegang dompet atau beraktivitas seharian tanpa ditemani smartphone?

Memang, jika ditilik dari manfaatnya, smartphone sangatlah berguna bagi kehidupan pemiliknya. Sebab, selain digunakan untuk berkomunikasi, smartphone juga difungsikan sebagai sumber hiburan, informasi, hingga sebagai akses ke dunia sosial. Namun, tahukah Anda bahwa  smartphone ternyata memicu beberapa penyakit berbahaya? Ya, pada Mei 2008 silam, badan kesehatan dunia WHO melansir bahwa penggunaan berlebih smartphone serta gadget dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara pada wanita, impotensi pada pria, tumor, kanker otak, alzheimer, dan parkinson. Mengerikan!

Lalu, adakah langkah-langkah yang dapat dipraktikkan demi menghindari dampak buruk dari penggunaan smartphone?Ada baiknya Anda menyimak penjelasan lengkap di bawah ini:

  1. Menggunakan headset jika ingin berbicara melalui smartphone, khususnya jika Anda ingin mengobrol dalam waktu yang lama. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pancaran radiasi berlebih yang dihasilkan oleh smartphone. Lebih lanjut, gunakanlah mode loudspeaker jika Anda ingin berbincang dengan teman melalui telepon.
  2. Hindari kebiasaan menyimpan smartphone di dekat Anda saat akan beranjak tidur. Alasannya karena smartphone yang aktif akan terus memancarkan radiasi. Ada baiknya, simpan smartphone di meja atau tempat lain yang agak jauh dari tubuh Anda.
  3. Hindari menelpon orang lain ketika sinyal sedang jelek atau lemah. Mengapa? Karena smartphone yang sedang mencari sinyal atau jaringan akan mengeluarkan radiasi lebih banyak dari kondisi normal.
  4. Hindari menggunakan smartphone dalam ruangan yang tertutup, seperti lift dan mobil, karena radiasi akan terperangkap. Tentunya Anda tidak ingin tubuh terpapar radiasi lebih banyak, bukan?
  5. Jangan simpan smartphone di kantung baju atau celana! Beberapa penelitian membuktikan bahwa radiasi smartphone tidak hanya dapat memengaruhi kualitas sperma pria; namun juga memicu kanker payudara pada wanita.
  6. Hindari penggunaan smartphone pada saat berkendara. Selain karena dapat mengalihkan fokus, kebiasaan ini terbukti dapat menciptakan koneksi berulang yang melepaskan energi serta radiasi dalam jumlah besar.
  7. Jika Anda diharuskan untuk menerima telepon tanpa menggunakan headset, maka gunakanlah telinga secara bergantian. Dengan cara demikian, Anda telah membatasi pancaran radiasi pada satu sisi kepala saja.
  8. Jika telepon Anda belum tersambung, maka hindari menempelkan smartphone langsung ke telinga.
  9. Gunakan tutup (casing) anti-radiasi pada smartphone. Casing jenis ini terbukti mampu mengurangi radiasi sekitar 66,7 %

Itu tadi beberapa langkah jitu yang dapat Anda praktikkan demi menghindari risiko timbulnya penyakit yang disebabkan oleh penggunaan smartphone. Memang, penggunaan alat komunikasi yang satu ini sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda dapat menggunakannya secara sembarangan. Semoga bermanfaat!

Baca artikel terkait mengenai waktu yang tepat untuk berikan gadget pada anak, klik di sini.

Comments are closed.