8 Penyebab Mimisan yang Harus Anda Ketahui

penyebab mimisan
Penasaran apa saja penyebab mimisan sehingga darah sering keluar? Yuk, kenali 8 penyebab mimisanlewat paparan lengkap berikut ini!

GoDokPenyebab Mimisan – Mimisan; kondisi ini seringkali membuat banyak orang gugup dan cemas. Bagaimana tidak! Darah yang tiba-tiba mengalir dari hidung dapat membuat Anda senewen dan bingung harus melakukan apa. Jangan panik! Jika mimisan melanda, segera tenangkan diri dan posisikan badan condong ke arah depan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko tersedak akibat darah yang menghambat saluran pernapasan. Meskipun terkadang muncul secara tiba-tiba, tetap saja mimisan dapat dipicu oleh beberapa faktor. Berikut, Go Dok paparkan 8 penyebab mimisan yang harus Anda ketahui:

 1. Membuang ingus terlalu keras.

Faktor pertama yang dapat memicu mimisan adalah kebiasaan Anda membuang ingus terlalu keras. Memang, saat terkena flu, membuang ingus secara tuntas dianggap ideal demi melancarkan kembali sistem pernafasan. Namun, hindari kebiasaan membuang ingus dengan memencet hidung kelewat keras, ya. Sebab, hal ini dapat memicu iritasi sehingga terjadilah mimisan.

2. Terlalu dalam mengorek hidung

Ayo, ngaku! Siapa di antara Anda yang senang mengorek-ngorek hidung? Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan kebiasaan ini (kecuali jika Anda melakukannya di depan umum). Namun, terlalu dalam mengorek hidung ternyata dapat menyebabkan luka sehingga Anda lebih rentan mengalami mimisan.

(Baca: Jangan Tertipu! Ini Cara Pemakaian Masker Hidung yang Tepat)

3. Perubahan suhu udara

Tahukah Anda, bahwa kondisi alam –seperti perubahan suhu udara- juga dapat memicu terjadinya mimisan? Ya, suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin ternyata dapat menyebabkan pembuluh darah di bagian hidung pecah. Tenang, hal ini bukan merupakan kondisi kesehatan yang serius, karena darah akan segera mengalir berhenti jika tubuh sudah dikondisikan untuk berada dalam suhu yang ideal.

4. Penggunaan jenis obat – obatan

Ternyata, penggunaan beberapa jenis obat-obatan dapat memicu pendarahan di bagian hidung. Apa saja obat yang dimaksud? Berikut poin lengkapnya:

  • Antikoagulan
  • Aspirin
  • Penggunaan inhaler secara berlebihan

(Baca: Amankah Mengonsumsi Obat Tanpa Resep Dokter?)

5. Alergi

Ternyata, banyak kasus mimisan yang disebabkan oleh alergi terhadap polutan maupun materi penyebab alergi lainnya, seperti asap motor maupun mobil, debu halus, pasir, hingga asap rokok. Meskipun bagi kebanyakan orang hal-hal tersebut tidak terlalu menganggu, namun bagi mereka yang memiliki sistem pernafasan sensitif, adanya polutan serta alergen di lingkungan sekitar dapat memicu alergi hingga meningkatkan risiko terjadinya pendarahan ringan di hidung.

(Baca: Kenali serta Waspadai Polutan Udara di Sekitar Anda!)

6. Tekanan darah naik

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, hati-hati dengan risiko terjadinya mimisan. Sebab, meningkatnya tekanan darah dalam tubuh secara seketika dapat memicu pecahnya pembuluh darah di beberapa area tubuh, seperti hidung. Jika mengalami hal serupa, segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat demi mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat.

(Baca: Pola Hidup yang Baik bagi Anda Penderita Hipertensi)

7. Sinus

Seperti yang telah Anda ketahui, sinusitis merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh meradangnya dinding sinus (rongga kecil yang terletak di antara tulang dahi dan pipi). Jangan anggap remeh! Jika darah mimisan yang dikeluarkan berwarna gelap serta mengeluarkan bau yang tidak sedap, segera hubungi dokter terdekat. Mengapa? Karena bisa jadi hal tersebut mengindikasikan kondisi yang lebih parah, seperti infeksi berat hingga adanya jaringan tumor.

8. Gejala penyakit tertentu

Terakhir, penyebab mimisan yang harus Anda waspadai adalah terdapatnya penyakit mematikan lain di dalam tubuh, seperti leukimia. Biasanya, mimisan diiringi dengan sakit kepala berat hingga muntah darah. Jika sudah begitu, Anda sangat disarankan untuk segera berobat demi mendapatkan penanganan yang tepat.

Itu tadi 8 penyebab mimisan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!