8 Panganan Sehat Untuk Penderita Anemia

panganan sehat untuk penderita anemia

Go Dok- Panganan sehat untuk penderita anemia- Siapa yang ingin menderita kekurangan sel darah merah dalam tubuhnya? Tentu tidak ada. Pasalnya, tubuh Anda membutuhkan jumlah sel darah putih dan sel darah merah yang seimbang untuk tetap sehat setiap harinya. Namun, terkadang datangnya anemia tidak dapat Anda hindari. Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh Anda kekurangan sel darah merah (hemoglobin) yang menyalurkan oksigen ke seluruh bagiannya. Hasilnya, tubuh menjadi rentan merasa lemas, pusing, kehilangan konsentrasi, mudah lelah dan tidak bugar.

Nah, bagi Anda yang merasa menderita anemia, jangan terburu-buru mengonsumsi suplemen penambah darah. Sebab faktanya, Anda dapat mengatasi hal ini dengan panganan sehat yang mampu menambah darah, lho! Memangnya apa saja makanannya?

Yuk, simak  panganan sehat untuk pederita anemia di bawah ini!

1. Daging merah

Panganan sehat untuk penderita anemia yang pertama adalah daging merah. Mangapa daging merah? Karena, dalam daging merah mengandung zat besi dan sumber vitamin B12. Pasalnya, kedua hal tersebut sangat penting bagi tubuh untuk menyalurkan oksigen melalui sel darah merah, serta merupakan unit dasar energi dalam tubuh manusia.

2. Sayuran hijau

Tahukah Anda bahwa sayuran hijau sangat baik untuk penderita anemia?  Pasalnya, sayuran hijau mengandung zat besi, vitamin A, B9, E and C, serat alami, kalsium dan beta karotin yang diperlukan tubuh untuk memperlancar aliran darah. Kandungan-kandungan tersebut dapat Anda temukan pada bayam, kangkung, kol dan lain-lain. Tak hanya mengandung gizi tinggi, sayuran ini juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Hebat, bukan?

3. Buah-buahan

Buah-buahan juga tidak kalah penting, lho! Semua buah sehat dan pasti mengandung vitamin yang baik bagi tubuh. Namun, bagi penderita anemia akan lebih baik untuk sering mengonsumsi buah seperti jeruk, tomat, kiwi, apel dan delima. Mengapa? Karena buah-buahan tersebut adalah sumber dari vitamin C dan asam folat yang dapat mempermudah penyerapan zat besi dan menjaga serta memproduksi sel baru.

4. Seafood

Panganan sehat untuk penderita anemia selanjutnya adalah sajian bahari, alias seafood. Beberapa seafood, seperti kerang, tiram, ikan tuna, ikan sarden dan lain-lain dapat menjadi alternatif makanan untuk penderita anemia. Mengapa? Karena makanan tersebut mengandung zat besi, protein tinggi dan rendah lemak yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda, terutama bagi penderita anemia.

5. Kacang-kacangan

Tak hanya seafood dan sayuran hijau, kacang-kacangan juga mengandung zat besi tinggi dan menjaga kesehatan sel darah merah. Kandungan tersebut dapat ditemukan pada kacang-kacangan, seperti polong, almond, buncis, kacang lima dan kacang putih.

6. Susu

Minuman sehat untuk penderita anemia dapat Anda temui dalam bentuk susu. Minuman bergizi tinggi ini ternyata juga merupakan sumber vitamin B12 yang mampu membantu Anda dalam mengobati dan mencegah anemia pernisiosa. Selain itu, susu juga mengandung protein dan kalsium yang tinggi untuk kesehatan tubuh Anda.

7. Roti gandum

Tahukah Anda bahwa sehelai roti gandum mengandung 6% zat besi harian yang dibutuhkan bagi tubuh? Memang, seluruh butir gandum dalam roti mengandung asam fitat yang berpotensi menghambat produksi zat besi di dalam tubuh. Tapi, karena roti gandum disiapkan melalui proses fermentasi, penghambat asam fitat bagi zat besi diturunkan secara signifikan. Maka dari itu, roti gandum bisa menjadi alternatif makanan bagi penderita anemia.

8. Telur

Panganan sehat untuk penderita anemia terakhir adalah telur. Pasalnya, telur merupakan sumber protein dan mengandung banyak antioksidan yang bisa memberikan vitamin yang cukup bagi tubuh saat Anda kekurangan sel darah merah. 1 telur besar dikatakan mengandung 1 mg zat besi dan bisa membantu Anda dalam melawan anemia. Cukup menjanjikan, bukan?

Nah, bagi Anda yang menderita anemia, sebaiknya sering mengonsumsi panganan sehat untuk penderita anemia yang telah disebutkan di atas, ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.