8 Kebiasaan yang dapat merusak Sperma

kebiasaan yang dapat merusak sperma

GoDok – Kebiasaan yang dapat Merusak Sperma – Segera dikaruniai buah hati tentu merupakan impian dari kebanyakan pasangan yang telah menikah. Ada memang pasangan yang mendapatkannya dengan mudah, tetapi ada juga yang mendapatkannya dengan susah sehingga harus mencoba segala cara, seperti bayi tabung, menjaga pola makan, dan sebagainya.

Banyak masyarakat yang memberikan sterotip di mana jika pasangan belum mempunyai anak disebabkan oleh kesuburan wanita. Padahal laki-laki juga harus memperhatikan kesuburan spermanya. Tanpa disadari, Anda mungkin sudah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak dan memperkecil jumlah sperma.

Nah, lho! Apa saja kebiasaan yang dapat merusak sperma? Simak pembahasannya pada daftar berikut ini:

1. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak sperma. Bagi yang tinggal sendiri, mungkin sering mengonsumsi makanan instan dan juga daging-daging olahan adalah hal yang biasa. Hati-hati! Mengonsumi daging olahan, seperti sosis, nugget, dan sebagainya bisa menyebabkan penurunan kualitas dan jumlah sperma, lho! Bagaimana? Masih tertarik untuk memakan daging olahan?

2. Sering memangku laptop dan penggunaan handphone

Hati-hati jika Anda sering memangku laptop dan menggunakan handphone secara berlebihan karena ternyata hal itu merupakan kebiasaan yang dapat merusak sperma. Mengapa? Karena, paparan panas dari laptop yang menjalar ke area genital akan berdampak negatif pada temperatur testikel. Akibatnya, menaruh laptop di sekitar paha akan membakar semua sperma. Selain itu, sebuah studi membuktikan bahwa jika berbicara melalui ponsel selama lebih dari 4 jam, maka anda akan cenderung memiliki sedikit sperma.

3. Pemakaian sunblock yang berlebihan

Saat cuaca panas, penggunaan sunblock selalu menjadi pilihan pertama dalam mencegah kulit terbakar dan melindungi kulit dari kanker kulit. Sebuah studi dari Longitudinal Investigasi Fertilitas dan Environment (LIFE) menunjukkan bahwa bahan kimia yang terdapat pada sunblock dapat merusak kesuburan pria sebanyak 30%. Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkan sunblock dengan air jika sudah berada di dalam ruangan.

4. Penggunaan underwear yang kelewat ketat

Sebenarnya, tidak semua underwear membahayakan kualitas sperma. Namun, underwear dengan bahan dan sifat ketat dapat mengganggu kualitas serta kuantitas sperma Anda.

5. Penggunaan steroid terlalu banyak

Selanjutnya, kebiasaan yang dapat merusak sperma adalah penggunaan steroid terlalu banyak. Meskipun olahraga dianjurkan untuk meningkatkan kualitas sperma, namun penggunaan steroid untuk menunjang performa dalam berolahraga tidaklah dianjurkan. Pasalnya, steroid dapat menurunkan kadar testoseron dan sperma pria.

6. Merokok dan meminum alkohol

Siapa sih yang tidak tahu bahaya merokok dan alkohol bagi tubuh? Meski mengetahuinya, namun masih saja banyak pria yang belum bisa mengubah dan berhenti merokok serta meminum miras. Padahal, 2 kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang dapat merusak sperma Anda, lho. Terlalu banyak meminum alkohol dapat mengganggu kesuburan Anda, lho! Seseorang yang meminum alkohol sebanyak 40 gelas per minggu, kualitas spermanya dapat turun sebanyak 33 persen dari 51 persen sperma sehat. Mengerikan, bukan?

7. Stres dan depresi

Stres memang hal yang biasa terjadi ketika Anda memang sedang mumet dengan pekerjaan dan hal lainnya. Stres yang belebihan dapat mengganggu hormon reproduksi sehingga jumlah dan kualitas sperma akan berkurang.

8. Menunda hubungan seksual

Terakhir kebiasaan yang dapat merusak sperma. Bagi Anda yang sudah menikah, sebaiknya janganlah menunda-nunda untuk melakukan hubungan seksual. Pasalnya, hal ini kerap mempengaruhi kualitas sperma dan menyebabkannya cepat basi. Seks teratur dipercaya mampu meningkatkan kesuburan pria.

Apakah anda melakukan salah satu kebiasaan yang dapat merusak sperma di atas? Jika iya, mulailah mengurangi frekuensinya dari sekarang, hentikanlah jika bisa. Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.