8 Hal yang Pantang Dilakukan Saat Berjerawat

hal yang pantang dilakukan saat berjerawat
Jika penanganan jerawat yang Anda lakukan salah, bukannya menghilangkan jerawat malah bisa memperparah jerawat dan menimbulkan bekas yang sangat susah dihilangkan

GoDok – Hal yang pantang dilakukan saat berjerawat – Jerawat oh jerawat, siapa sih yang tidak kesal dengan munculnya benjolan merah yang satu ini? Munculnya jerawat pastinya akan membuat Anda tidak percaya diri, sehingga ketika muncul jerawat sering kali Anda melakukan berbagai cara untuk mengusirnya dari wajah Anda. Lalu, apa kebiasaan yang sering Anda lakukan ketika jerawat muncul? Hati-hati! Jika penanganannya salah, bukannya menghilangkan jerawat malah bisa memperparah jerawat dan menimbulkan bekas yang sangat susah dihilangkan. Nah, agar tidak salah dalam penanganannya berikut hal yang pantang dilakukan saat berjerawat.

Hal yang pantang dilakukan saat berjerawat agar tidak salah dalam menanganinya

1. Menyentuh Jerawat

Hal yang pantang dilakukan saat berjerawat yang pertama adalah menyentuh jerawat. Apakah Anda sering melakukan kebiasaan ini? Karena merasa gemas saat melihat benjolan jerawat muncul di wajah, jari tangan pun seakan-akan selalu ingin menyentuhnya. Ingat apapun alasannya, jangan menyentuhnya dikarenakan kotoran maupun bakteri yang terdapat menambah banyaknya jerawat yang ada.

2. Memecahkan jerawat

Pasti ada saja rasa ‘gatal’saat melihat jerawat muncul diwajah, terlebih lagi saat tampak whitehead di bagian ujungnya. Tapi jangan pernah sekali-kali memencet jerawat karena akan memperlama proses penyembuhannya, apalagi saat kondisi tangan kotor karena berisiko mengalami infeksi dan menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang. Jadi, hindari hal yang pantang dilakukan saat berjerawat ini ya, sahabat sehat.

3.  facial dan chemical peels

Hal yang pantang dilakukan saat berjerawat lainnya adalah jangan lakukan facial atau chemical peels. Walaupun dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat, namun faktanya melakukan facial dan chemical peels dapat membuat kulit yang berjerawat menjadi teriritasi.

 4. Menggosokan handuk

Dari pada memilih handuk untuk mengeringkan wajah sehabis dibersihkan, lebih baik gunakanlah tisu sebagai alternatif agar wajah yang berjerawat tidak mengalami luka akibat gesekan. Mudah bukan?

(Baca: Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan 5 Langkah Ini)

5. Mengguanakan scrub

Saat wajah berjerawat, yang perlu diingat adalah hindari penggunaan bahan-bahan yang kasar pada wajah seperti scrub. Sebab gesekan antara scrub dengan kulit dapat menyebabkan rusaknya lapisan kulit luar dan meninggalkan bekas luka di wajah. Ngeri kan?

6. Terkena rambut

Selanjutnya, hal yang pantang dilakukan saat berjerawat adalah jangan membiarkan jerawat Anda terkena rambut. Kenapa? Alasannya dikarenakan kandungan minyak dalam rambut dapat memperburuk kondisi wajah. Oleh karena Itu lebih baik gunakan penjempit atau ikat rambut Anda dan pastikan kebersihannya.

7. Menggunakan aksesoris kepala

Apakah Anda termasuk orang yang sering menutup jerawat menggunakan aksesoris rambut seperti headband atau topi? Jika iya, maka sebaiknya hindarilah hal tersebut, karena dapat menyebabkan panas dan memperparah jerawat yang sudah ada akibat gesekannya. Selain itu, hal tersebut juga dapat menyebabkan terjebaknya kotoran dan keringat di pori-pori dan menimbulkan jerawat baru.

8. Penggunaan makeup yang tidak tepat

Terakhir, hal yang pantang dilakukan saat berjerawat adalah penggunaan makeup. Lalu, bagaimana solusinya? Sebaiknya agar tidak semakin parah, hindarilah menggunakan produk perawatan wajah dan makeup yang mengandung minyak atau alkohol. Pilihlah produk yang bebas minyak atau noncomedogenik.

(Baca: Bekas Jerawat Susah Hilang? Berikut Cara Jitu Hilangkan Bekas Jerawat)

Itu dia 8 hal yang pantang dilakukan saat berjerawat. Memang tak mudah, tapi jika dipatuhi wajah bersih bebas jerawat bukan lagi impian. Selamat mencoba!