8 Buah yang Baik Untuk Berbuka Puasa

buah yang baik untuk berbuka puasa
Buah apa sajakah yang paling baik dan tepat untuk dinikmati saat berbuka puasa? Berikut Go Dok susun daftar lengkapnya :

GoDok – Buah yang Baik untuk Berbuka Puasa – Apa rencana Anda untuk menu berbuka hari ini? Tentunya, Anda berencana untuk menyantap sesuatu yang manis di waktu Maghrib nanti. Melalui tayangan komersial di berbagai media, citra kemanisan bulan Ramadhan dipegang oleh teh manis, apalagi yang dihidangkan dingin. Hmmm.. Meski teh manis memang bagus untuk berbuka puasa, namun ada baiknya Anda beralih ke menu manis yang lebih sehat, seperti buah-buahan.

Memiliki rasa manis yang alami dan tidak berlebihan, buah-buahan cocok dinikmati dengan dimakan ataupun diminum sebagai jus buah. Lalu, buah apa sajakah yang paling baik dan tepat untuk dinikmati saat berbuka puasa? Berikut Go Dok susun daftar lengkapnya :

Buah yang Baik untuk Berbuka Puasa

1. Pisang

Pertama, buah yang baik untuk berbuka puasa adalah pisang. Tak hanya baik sebagai menu sahur 5-menit, buah yang satu ini juga ternyata punya kandungan komplit untuk berbuka puasa. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, dan C. Komplit, bukan? Dengan kandungannya ini, pisang dapat dengan cepat memasok kembali hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh, dan mengembalikan energi Anda.

2. Kurma

Kedua, buah yang baik untuk berbuka puasa adalah kurma. Anda pasti setuju bahwa manisnya kurma tak tergantikan. Saat kadar gula di dalam tubuh sudah menurun setelah berpuasa seharian, kurma menjadi menu yang tepat untuk kembali memenuhi pasokan gula Anda. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin A, B2, dan B12 yang meningkatkan kembali kadar vitamin dalam tubuh.

(Baca: 5 Alasan Mengapa Diet Pisang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan)

3. Apel

Ketiga, buah yang baik untuk berbuka puasa yaitu buah apel. Sebutir apel sehari memang dapat menjauhkan Anda dari penyakit, lho. Tidak heran, sebab apel mengandung vitamin A , B, C yang cukup tinggi sehingga menghalau bakteri jahat. Untuk berbuka, apel dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol nafsu makan Anda.

4. Blewah

Keempat, buah yang baik untuk berbuka puasa adalah blewah. Selain kurma, blewah adalah salah satu buah yang wajib ada di bulan puasa. Buah ini kaya akan vitamin A dan sudah terkenal sebagai menu berbuka puasa sejak lama. Hal ini karena manisnya blewah mampu melancarkan proses penyerapan makanan pada usus sehingga nantinya perut tidak akan terlalu kaget saat kemasukan makanan berat setelah seharian berpuasa.

(Baca: Apel, Si Merah dengan Segudang Manfaat)

5. Jeruk

Kelima, buah yang baik untuk berbuka puasa yaitu jeruk. Setelah seharian tidak mengisi perut Anda dengan apapun, tubuh Anda tentu membutuhkan asupan vitamin saat berbuka. Nah, jeruk yang kaya akan vitamin C sangatlah cocok untuk memberikan kebutuhan vitamin tersebut. Tak hanya itu, jeruk juga langsung menyegarkan tenggorokan Anda setelah kering seharian penuh.

6. Semangka

Keenam buah yang baik untuk berbuka puasa adalah buah semangka. Ah, segarnya buah yang satu ini! Selain menyegarkan, semangka juga kaya akan gula dan air yang membuatnya mudah dicerna oleh perut yang sedang tidak berenergi saat berbuka. Jangan lupa, buah ini juga memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi sehingga tubuh bisa dengan cepat menambah asupan nutrisinya. Hebat, bukan?

(Baca: Jeruk; Si Asam yang Kaya Akan Manfaat)

7. Pepaya

Ketujuh, buah yang baik untuk berbuka puasa adalah pepaya. Setelah seharian perut tak diisi apapun, jika belum terbiasa, perut bisa kaget dan pencernaan bisa terganggu. Pepaya yang mengandung serat, vitamin C dan provitamin A bisa membantu dalam melancarkan pencernaan dengan memecah serat makanan dalam pencernaan. Karenanya, Anda tak perlu khawatir akan sembelit di bulan puasa.

8. Belimbing

Terakhir, buah yang baik untuk berbuka puasa yaitu buah belimbing.  Konsumsilah belimbing sebagai menu berbuka puasa Anda. Seperti pepaya, buah yang satu ini juga kaya akan serat, vitamin C, dan provitamin A. Karenanya, pencernaan Anda juga akaan terbantu kelancarannya setelah berbuka puasa. Ditambah lagi, belimbing juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga Anda tak perlu khawatir saat makan berat.

(Baca: Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Anda)

Nah, itu tadi 8 buah yang baik untuk berbuka puasa. Semangat puasa, ya! Semoga bermanfaat!