8 Bahan Alami untuk Obati Batuk, Apa Saja?

bahan alami untuk obati batuk

GoDok- Bahan alami untuk obati batuk- Capek karena batuk terus? Bingung memilih obat batuk yang aman tapi efektif? Tidak usah khawatir, karena kini Go Dok hadir dengan penjelasan lengkap untuk penanganannya!

 8 bahan alami untuk obati batuk! Berikut daftar lengkapnya:

1. Madu

Bahan alami untuk obati batuk yang pertama adalah madu. Mungkin, selama ini Anda hanya tahu manfaat madu untuk kecantikan kulit saja. Padahal, kandungan senyawa anti-bakteri di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk dengan cepat. Caranya, campurkan 1 sdm madu dengan segelas air hangat. Jika diminum secara teratur -minimal 3 kali sehari-, dijamin batuk akan segera reda.

2. Jahe

Selanjutnya, sembuhkan batuk dengan menggunakan jahe. Faktanya, dalam bahan alami yang satu ini terkandung beragam senyawa yang ampuh untuk meredakan batuk, seperti minyak atsiri, shogaol, zingiberol, gingerol, dan terpenoid.

Tertarik mencoba? Caranya, iris tipis 2 ruas jahe yang sebelumnya sudah dibersihkan, lalu didihkan dengan 1 gelas air. Minum air rebusan minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

3. Air garam

Ini dia cara meredakan batuk yang paling sederhana; berkumur dengan menggunakan air garam di pagi dan malam hari. Meskipun terdengat sangat simpel, namun cara ini dijamin ampuh membunuh bakteri dan virus pemicu batuk. Yuk, coba!

4. Lada

Jarang yang mengetahui bahwa lada dapat merangsang keluarnya bakteri dan virus pemicu batuk dari dalam tubuh. Karenanya, jangan ragu lagi untuk mencoba bahan alami yang satu ini, ya! Caranya, campurkan 1 sdm lada bubuk dan 1 sdm madu murni ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga merata, lalu minum sampai habis. Jika dilakukan secara teratur, cara ini niscaya dapat meredakan batuk dengan segera.

5. Kencur

Bahan alami untuk obati batuk yang selanjutnya adalah kencur. Serupa dengan madu, dalam kencur juga terkandung senyawa anti-bakteri dalam jumlah yang cukup tinggi. Tertarik mencoba? Caranya, iris tipis 1 ruas kencur dan jahe, lalu didihkan bersamaan dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air rebusan menyusut setengahnya, tiriskan. Nah, air rebusan inilah yang dapat Anda minum di pagi dan sore hari. Ssst, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk menambah rasa, lho!

6. Jeruk nipis

Anda tentunya sudah sering mendengar pernyataan bahwa jeruk nipis ampuh untuk menyembuhkan batuk. Eits, hal ini bukan sekedar omong kosong belaka, lho! Faktanya, dalam jeruk nipis terkandung minyak atisiri dan senyawa anti bakteri yang efektif untuk mengatasi bakteri -hal ini sejalan dengan pernyataan Abdul Mun’im, seorang pakar farmakologi dari UI.

Tertarik mencoba? Caranya, campurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu secukupnya. Minum ramuan ini setidaknya 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal, ya!

7. Daun sirih

Tahukah Anda, bahwa batuk dapat diobati dengan air rebusan daun sirih? Caranya, bersihkan 5-7 lembar daun sirih, lalu didihkan dengan 1 gelas air dan beberapa iris jahe. Minum air rebusan di pagi dan malam hari; dan rasakan manfaatnya segera!

8. Nanas

Bahan alami untuk obati batuk yang terakhir adalah nanas. Ya, sebuah studi terakhir mengungkapkan bahwa dalam nanas terkandung senyawa bromelain yang berkhasiat untuk membunuh bakteri & virus sekaligus membuang lendir di tenggorokan. Tertarik mencoba? Anda hanya diharuskan untuk banyak minum jus nanas selama menderita batuk. Mudah sekali!

Itu tadi 8 bahan alami untuk obati batuk. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.