7 Tanda Kecanduan Media Sosial; Segera Hindari!

tanda kecanduan media sosial

Go Dok- Tanda kecanduan media sosial- Majunya globalisasi di seluruh dunia, memungkinkan Anda mengakses teknologi informasi dan komunikasi yang canggih. Terutama, adanya internet dan media sosial telah memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi tanpa harus bertemu langsung hanya dengan fitur chatting atau video call. Namun, adanya media sosial juga menimbulkan dampak negatif, lho! Selain untuk berkomunikasi, biasanya media sosial juga digunakan sebagai ajang untuk menunjukkan gaya hidup seseorang. Dari mulai update status, foto-foto, sampai cerita tentang kehidupan pribadi maupun komentar akan suatu hal.

Dengan mengintip, membaca, melihat update dari orang lain dan update dari diri sendiri, terkadang hal-hal tersebutlah yang membuat Anda menjadi ketagihan akan media sosial. Benar, bukan? Kecanduan media sosial dapat berdampak buruk, lho! Konsentrasi Anda dalam melakukan aktivitas yang lain akan terganggu karena sibuk dengan gadget. Untuk itu perlu Anda hindari dengan mengetahui apa saja tanda kecanduan media sosial.

Yuk, perhatikan 7 tanda kecanduan media sosial di bawah ini!

1. “Prioritas” utama saat ingin dan bangun tidur

Tanda kecanduan media sosial yang pertama adalah  gadget menjadi prioritas utama Anda ketika bangun tidur. Bagi Anda yang sudah mulai kecanduan media sosial, sebelum tidur mungkin wajib bagi Anda untuk mengeceknya terlebih dahulu, memastikan semuanya, kemudian meletakkan gadget tersebut di dekat posisi Anda tidur. Dan ketika Anda bangun, hal yang menjadi prioritas adalah membuka kembali media sosial Anda terlebih dari aktivitas yang lain. Nah, lebih baik dihindari dari sekarang. Anda bisa mengganti hal tersebut dengan mandi, sarapan atau bersiap untuk beraktivitas lainnya yang lebih positif.

2. Menunda aktivitas lainnya

Apabila Anda selalu mengecek media sosial setiap saat dan menunda aktivitas Anda yang lain, itulah tanda kecanduan media sosial. Anda mungkin merasa bosan, atau takut tertinggal informasi maupun update-an baru dari teman-teman media sosial maupun orang-orang yang Anda ikuti, benar, bukan? Kurangilah hal tersebut! Anda boleh mengecek media sosial, namun jangan terlalu terpaku dengan hal itu sampai mengabaikan yang lain. Jadi, jangan biarkan media sosial menghambat kegiatan Anda, ya!

3. Ada yang “hilang” ketika gadgetAnda tertinggal

Bagi Anda yang gemar update kegiatan Anda sehari-hari di media sosial, janganlah merasa “hilang” akan segalanya apabila gadget Anda tertinggal! Memang, ketinggalan gadget membuat kita panik dan khawatir karena takut hilang. Namun, itu bukanlah hal yang seharusnya membuat semangat hari Anda menurun, karena tidak bisa update di media sosial! Hayooo, tidak semua hal harus di update, kok!

4. Munculnya gejala emosional dan fisik akibat media sosial

Selanjutnya adalah muncul gejala-gejala emosional dan fisik akibat terlalu sering terpaku dengan media sosial. Contohnya seperti stress, bahagia yang berlebihan, mudah marah dan gejala fisik seperti pegal, sakit kepala, gangguan mata dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda boleh menggunakan media sosial, namun janganlah berdampak buruk bagi kehidupan nyata. Maka, aturlah dengan baik waktu untuk bermain gadget dan waktu untuk beraktivitas yang lain.

5. Selalu update apapun, kapan pun dan dimana pun

Tanda kecanduang media sosial lainnya terlalu sering update di media sosial dari mulai status, foto-foto, dan segalanya tentang kehidupan Anda, bahkan sampai privasi yang mungkin sudah dianggap bukan lagi sebuah privasi. Boleh kok update, asalkan jangan berdampak buruk bagi kondisi fisik, jiwa dan mental Anda, ya! Harus tetap dikontrol dan tau batasnya!

6. Internet menjadi sebuah sangat kebutuhan

Kalau tidak ada internet, hidup Anda tidak akan kiamat kok! Janganlah merasa sengsara, gelisah maupun kesal apabila tidak ada jaringan internet di dekat Anda. Memang kita membutuhkan internet, tapi itu bukan satu-satunya kebutuhan paling penting dalam hidup. Apabila tidak ada internet, Anda bisa melakukan hal-hal lain sebagai gantinya, lho! Seperti belajar, bekerja, membaca buku, jalan-jalan, olahraga atau bermain, bisa menjadi sebuah alternatif, bukan?

7. Berbicara dengan yang jauh, lupa dengan yang dekat

Tanda kecanduan media sosial yang terakhir, Anda sering melupakan orang-orang sekeliling karena asyik dengan gadget atau media sosial yang sedang digunakan. Terkadang Anda malah asyik chatting dengan orang lain yang jauh jaraknya dan mengabaikan orang-orang disekitar Anda. Jangan, lho! Anda mungkin akan kehilangan momen-momen bersama orang terdekat Anda apabila terus menyia-nyiakan waktu karena terlalu sibuk dengan gadget dan media sosial yang dimiliki.

Jadi, sekarang sudah tahu 7 tanda kecanduan media sosial, bukan? Hindarilah sejak dini, sebelum terkena dampak buruknya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SI/PJ/MA

Referensi