7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

manfaat jahe
Seperti apa manfaat jahe untuk kesehatan? Yuk, simak artikel Go Dok berikut ini untuk mengetahui 7 manfaat jahe untuk kesehatan!

GoDok – Di musim penghujan seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak butuh kehangatan? Biasanya, masyarakat Indonesia akan mencari hal tersebut dalam secangkir air jahe hangat. Jahe;  jenis rempah yang satu ini tentu tak lagi asing bagi Anda. Biasanya, jahe akan dipadukan dengan susu atau diolah sebagai wedang jahe yang dijajakan keliling. Lantas, tahukah Anda apa saja manfaat jahe untuk kesehatan?

Berikut 7 manfaat jahe untuk kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Meringankan gejala mual dan pusing

Sering merasa mual dan pusing tiba-tiba? Jangan langsung minum obat! Ada baiknya, konsumsilah terlebih dahulu sajian yang terbuat dari jahe; semisal wedang. Alasannya tidak lain karena jahe terbukti dapat memperlancar peredaran darah ke otak. Inilah yang dapat meminimalisir intensitas pusing serta mual yang Anda rasakan.

(Baca: Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Mual pada Ibu Hamil?)

2. Mengurangi gejala osteoarthritis

Seperti yang kita ketahui, osteoarthritis merupakan kondisi kesehatan yang menyebabkan sendi di beberapa bagian tubuh, seperti tangan, lutut, dan pinggul terasa nyeri dan kaku. Nah, jika terbukti mengalami hal ini, maka Anda bisa meringankan gejalanya dengan rutin mengonsumsi jahe.

Hal ini dikarenakan jahe ternyata dapat menurunkan produksi zat kimia yang memicu peradangan pada sendi. Selain itu, jahe juga terbukti merangsang produksi asam salsilat yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.

3. Menurunkan berat badan

Tahukah Anda, bahwa konsumsi jahe dapat memperlebar pembuluh darah; sehingga suhu tubuh akan naik secara perlahan? Ya, hal inilah yang membuat jahe ideal untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

(Baca: 5 Alasan Mengapa Diet Pisang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan)

4. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata, senyawa yang terkandung di dalam jahe berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida berlebih di dalam tubuh. Karenanya, jangan malas untuk mengonsumsi makanan atau minuman berbahan dasar jahe, ya!

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Demi terhindar dari virus serta bakteri pemicu penyakit, maka Anda terlebih dahulu harus meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Nah, salah satu alternatif yang dapat Anda coba untuk mendapatkan hal ini adalah dengan rutin mengonsumsi jahe. Mengapa? Sebab zat antioksidan yang terkandung di dalamnya terbukti ampuh dalam menangkal agen-agen radikal bebas yang merugikan tubuh.

6. Mengobati batuk dan pilek

Pastinya, Anda sering menemukan permen ekspektoran -pelancar dahak- yang berbahan dasar jahe. Tidak mengherankan, sebab bahan alami ini terbukti efektif dalam mengobati batuk dan pilek dengan cara memecah dan menghancurkan lendir agar mudah dibuang dari sistem pernafasan.

(Baca: Sop Ayam dapat Menyembuhkan Flu? Mitos atau Fakta?)

7. Mengatasi nyeri dan memar

Pastinya, Anda familiar dengan pengobatan alami menggunakan jahe setiap kali ada salah satu bagian tubuh yang mengalami memar. Ya, senyawa anti-inflamasi yang terkandung di dalam jahe memang terbukti efektif untuk meredakan memar sekaligus meminimalisir rasa nyeri yang timbul. Ssst, senyawa ini juga membuat jahe jadi pilihan ideal untuk mengobati rematik, lho! Tertarik?

(Baca: Cengkih; Si Rempah Wangi yang Berkhasiat Tinggi)

Itu tadi 7 manfaat jahe untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Meskipun kaya manfaat, namun Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jahe secara berlebihan karena dapat memicu timbulnya diare, nyeri di ulu hati, serta perut yang terasa kembung dan tidak nyaman. Jadi, bijaklah dalam menentukan takaran serta jumlah jahe yang Anda konsumsi, ya! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.