Susah terlelap? Mungkin 7 Hal Ini Penyebab Susah Tidur

penyebab susah tidur

Go DokPenyebab Susah TidurKetika waktu telah menginjak tengah malam, dan Anda tak jua dapat terlelap, tentu rasa gelisah akan mulai datang. Tak lama kemudian, Anda mulai berbalik ke sisi tempat tidur yang lain berkali-kali, menendang-nendang selimut, dan bergerak tak menentu di tempat tidur. Tetap saja, kantuk tak kunjung datang. Mengapa hal ini terjadi?

Sejatinya, Anda tidak sendirian dalam masalah ini. Berdasarkan statistik terbaru, kesulitan untuk tidur di malam hari, nyatanya menyerang sekitar 20% penduduk dunia. Penyebab susah tidur pun beragam, mulai dari adanya tekanan darah yang tinggi, kanker, depresi, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Tak berhenti di situ, beberapa kebiasaan dan hal yang Anda jumpai sehari-hari pun bisa menjadi penyebab susah tidur. Apa saja kebiasaan tersebut?

Berikut daftar penyebab susah tidur yang harus Anda ketahui!

1. Lingkungan tidur yang buruk

Penyebab susah tidur pertama bisa saja terkait keadaan kamar sendiri. Dalam kondisi ini, tubuh Anda tidak merasa nyaman untuk tidur dengan keadaan kamar atau tempat tidur. Keadaan ini bisa berupa kondisi ranjang yang kurang enak, lampu yang terlalu terang (atau terlalu gelap), dan suhu kamar yang terlalu dingin atau panas.

2. Merokok sebelum tidur

Hayo ngaku, Anda para perokok, siapa yang punya kebiasaan merokok sebelum tidur? Hati-hati! Pasalnya, terlalu banyak nikotin dapat membuat Anda terjaga lebih lama dari seharusnya, bahkan pada saat Anda seharusnya tidur. Tak hanya itu, kandungan rokok yang satu ini juga dapat membuat kualitas tidur Anda menjadi buruk.

3. Mengonsumsi kopi dan alkohol sebelum tidur

Penyebab susah tidur selanjutnya, Kebiasaan yang sama buruknya dengan menghisap tembakau ini juga memiliki efek menunda tidur. Kopi telah lama dikenal sebagai pengusir rasa kantuk, dan kandungan kafein di dalamnya bahkan bisa mencegah kantuk dan mempengaruhi tubuh Anda dalam jangka waktu 10 jam. Sedangkan alkohol, meskipun bisa membuat Anda tertidur lebih cepat ketika mabuk, namun hal ini akan mencegah Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Mau?

4. Menggunakan gadget sebelum tidur

Jarang yang sadar bahwa memainkan gadget sebelum tidur dapat menjadi penyebab susah tidur. Menatap smartphone, tablet, atau laptop terus-menerus akan membuat kerja otak terpusat pada gadget tersebut, dan mengesampingkan rasa kantuk.

5. Adanya rasa cemas dan stres

Apakah Anda akhir-akhir merasa stres atau depresi karena suatu hal yang membuat cemas? Jika iya, ketahuilah bahwa hal tersebut merupakan salah satu penyebab insomnia yang paling umum. Pergilah ke psikiater untuk mengatasi stres dan depresi, karena biasanya terapi yang mereka lakukan dapat pula membantu Anda untuk tidur nyenyak

6. Terlalu banyak makan malam

Mungkin kudapan ringan sebelum tidur adalah hal yang bisa dimaklumi. Namun, jika mengudap atau makan terlalu banyak sebelum tidur, hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat Anda berbaring untuk tidur. Umumnya, hal ini disebabkan oleh rasa begah atau panas pada bagian perut.

7. Kebiasaan tidur yang buruk

Waktu tidur sehari-hari yang tidak menentu dapat pula menjadi penyebab susah tidur. Biasanya, begadang akan menjadi faktor utama dalam hal ini, karena terjaga hingga pagi pada suatu malam bisa menjadi kebiasaan pada malam-malam berikutnya. Bermain game, mengerjakan tugas kuliah, menonton serial drama, dan berkabar di sosial media adalah beberapa kebiasaan yang biasanya mempengaruhi waktu tidur Anda. Karenanya, hindari atau kurangi kebiasaan-kebiasaan ini sebisa mungkin.

Nah, itu tadi beberapa hal sehari-hari yang dapat menjadi penyebab susah tidur. Jadi, kira-kira apa penyebab susah tidur Anda? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.