7 Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan

dampak buruk kurang tidur

 

Go Dok- Dampak buruk kurang tidur- Seperti yang telah Anda ketahui, jam tidur yang ideal adalah 8 jam/hari. Namun, karena beragam alasan –seperti banyaknya beban pekerjaan hingga jadwal pertandingan club bola favorit- membuat banyak orang kemudian rela memotong waktu tidurnya menjadi beberapa jam saja, bahkan hingga tidak tidur sama sekali. Waspada! Jika dibiarkan terus berlanjut, kondisi ini ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Simak apa saja dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan di bawah ini!

1. Risiko penyakit jantung & stroke

Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan yang pertama adalah meningkatnya risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke. Ya, seperti yang dilansir dari sebuah laman berita online, mereka yang terbiasa tidur kurang dari 6 jam /hari ternyata berisiko terkena stroke 4x lebih besar. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa ketika kekurangan tidur, tubuh akan memproduksi hormon stres. Nah, hormon inilah yang terbukti buruk bagi kesehatan pembuluh darah serta meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

2. Risiko diabetes

Selanjutnya, kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 lalu menyimpulkan bahwa semakin sedikit jam tidur Anda, maka semakin tinggi pula tingkat resistensi insulin. Artinya, tubuh tidak mampu menggunakan hormon insulin secara optimal; dan kondisi inilah yang kemudian dapat memicu diabetes.

3. Risiko kanker

Jarang yang mengetahui bahwa kurang tidur juga dapat memicu kanker. Ya, dari banyakanya jenis kanker yang ada, kanker usus merupakan jenis yang banyak dipengaruhi oleh waktu tidur. Sedikitnya waktu tidur ternyata membuat seseorang rentan menderita polip usus. Mengerikan!

4. Pengeroposan tulang

Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan yang lainnya adalah pengeroposan tulang. Faktanya, para ahli menyimpulkan bahwa waktu tidur yang minim membuat kepadatan mineral pada tulang dan sumsum tulang berkurang. Inilah yang kemudian dapat menyebabakn osteoporosis.

5. Kulit kusam

Ketika tidur, sel-sel dalam tubuh akan beregenerasi; tidak terkecuali sel yang ada pada kulit wajah. Jadi bisa dibayangkan jika Anda kurang tidur, maka sel kulit wajah tidak akan beregenerasi secara optimal. Dampaknya, kulit akan terlihat lebih kusam. Selain itu, kurang tidur juga bisa mendorong tubuh untuk memproduksi hormon kortisol berlebih. Inilah yang kemudian membuat kulit kehilangan elastisitas dan halus alaminya.

6. Obesitas

Bagi Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, maka ada baiknya untuk hindari begadang di malam hari. Kenapa? Karena kurang tidur nyatanya merangsang produksi hormon ghrelin (pemicu rasa lapar) dan menurunkan kadar hormon leptin (penekan nafsu makan).

7. Penurunan kemampuan kognitif

Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan yang terakhir adalah menurunnya kemampuan kognitif otak. Akibatanya, Anda akan lebih mudah bingung, lupa, dan susah berkonsentrasi. Jadi, hentikan kebiasaan begadang sekarang juga, ya!

Itu tadi 7 dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.