7 Cara Tingkatkan Kualitas Sperma

tingkatkan kualitas Sperma
Kualitas sperma yang baik memiliki kesempatan yang jauh lebih besar dalam membuahi sel-sel telur. Karenanya, simak cara tingkatkan kualitas sperma berikut ini

GoDok – Kualitas sperma yang baik adalah salah satu faktor Anda dalam memiliki keturunan yang mungkin menjadi impian banyak pasangan. Namun terkadang, ada beberapa pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun tapi belum juga dikaruniai buah hati. Biasanya, wanitalah yang disalahkan dan dicurigai mandul atau berahim lemah. Eits, tunggu dulu! Jangan asal menuduh, sebab bisa jadi justru suami yang kualitas spermanya rendah.

Lho, kok bisa? Usut punya usut, kualitas sperma yang baik, apalagi yang merupakan bibit unggul, mempunyai ketahanan dan kemampuan berenang yang lebih baik, sehingga memiliki kesempatan yang jauh lebih besar dalam membuahi sel-sel telur wanita. Karenanya, yuk simak cara tingkatkan kualitas sperma berikut ini!

1. Mengubah pola makan

Makanan yang sehat akan menghasilkan tubuh yang kuat dan sehat. Jika Anda makan sembarangan, kualitas sperma juga akan menurun. Hindarilah makanan-makanan instan dan juga olahan, seperti nugget, sosis, kentang goreng, dan sebagainya. Konsumsilah sayur dan buah-buahan.

Selain itu, sebuah hasil penelitian yang diterbitkan oleh Cleveland Clinic di Ohio menunjukkan bahwa zat likopen dapat meningkatkan jumlah, mobilitas, volume, dan kualitas sperma. Jumlah sperma yang dihasilkan bahkan mencapai 70 persen. Zat likopen dapat ditemukan pada buah dan sayuran yang berwarna merah, seperti tomat, stroberi, ceri, paprika, dan sebagainya.

Tak hanya likopen, vitamin C juga dipercaya mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, lho. Faktanya, kekurangan Vitamin C justru dapat membuat sperma menggumpal sehingga menyebabkan kemandulan pada pria. Sedangkan dengan mengonsumsi Vitamin C dan antioksidan, membran-membran sel menjadi stabil yang menjaga kualitas sperma. Karenanya, untuk kualitas sperma terbaik Anda diajurkan pula untuk mengonsumsi jeruk dan mangga.

(Baca: 8 Makanan Penyebab Menurunnya Kualitas Sperma)

2. Pertahankan berat badan ideal

Jarang yang menyadari bahwa berat badan ternyata mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, maka kelebihan lemak di tubuh Anda dapat membungkus testis sehingga suhu temperatur pada testis akan naik dan membunuh sperma. Gawat bukan? Nah, untuk mempertahankan berat ideal, jagalah pola makan Anda dan rutinlah berolahraga.

3. Hindari olahraga berlebihan

Meskipun berolahraga secara rutin memang dianjurkan demi mempertahankan berat badan ideal, namun hati-hati! Jangan pula Anda berolahraga berlebihan. Pasalnya, olahraga yang berlebihan dapat meningkatkan suhu di sekitar testis pada kegiatan-kegiatan yang menguras tenaga Anda. Suatu penelitian di Amerika menemukan bahwa seorang pelari yang berlatih sebanyak 90 km per minggu memiliki kualitas sperma yang rendah dan kurang matang. Sedangkan pelari yang berlatih sebanyak 50 km per minggu mempunyai kualitas sperma yang lebih bagus.

Selain itu, kurangilah bersepeda terlalu lama karena dapat mempengaruhi bentuk dan kualitas spermatozoa. Sebagian pria juga terobsesi dengan otot yang menonjol dan kencang sehingga banyak yang mengonsumsi steroid anabolik. Hindari pula hal ini, ya! Sebab, testikel akan terpengaruh sehingga produksi sperma akan menurun.

4. Hindari penggunaan laptop dalam waktu lama

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Fertility and Sterility tahun 2011 menemukan bahwa sperma berkaitan dengan laptop serta koneksi WIFI. Penelitian tersebut melakukan percobaan dengan menyimpan sperma di bawah laptop yang terhubung WIFI. Hasilnya, sperma tersebut menjadi lebih lamban dan rusak.

(Baca: Meletakkan Laptop di Atas Paha Berujung Impotensi, Benarkah?)

5. Hindari menggunakan pelumas

Sebagian dari Anda mungkin menggunakan pelumas saat berhubungan seksual dengan istri. Nah, jika Anda dan pasangan sedang dalam masa-masa berusaha punya anak, hindarilah pelicin ini. Pasalnya, pelumas dapat mengganggu gerakan sperma sehingga lebih lambat dalam mencapai sel telur.

6. Jauhi alkohol, rokok, dan narkoba

Anda mungkin sudah mengetahui keburukan dari alkohol, rokok, dan narkoba bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa ketiganya juga dapat menurunkan jumlah sperma dalam tubuh? Tak hanya itu, perkembangan sperma juga akan menjadi tidak normal jika Anda sudah kecanduan rokok, alkohol, dan narkoba.

(Baca: 5 Langkah Jitu Hentikan Kebiasaan Menenggak Miras)

7. Istirahat yang cukup

Setelah letih beraktivitas seharian, tubuh Anda tentunya membutuhkan istirahat. Nah, ketika Anda terlelap, tubuh akan aktif memproduksi sperma. Oleh karenanya, jika Anda tidur selama 6-8 jam sehari, maka kualitas sperma juga akan tinggi. Mau, kan?

Ayo pria, jaga kualitas sperma Anda dari sekarang. Jangan hanya wanita, pria juga perlu sperma yang sehat dan berkualitas agar mudah mendapatkan keturanan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!