7 Cara Sederhana Atasi Batu Ginjal

atasi batu ginjal
Anda sebenarnya dapat mencoba beberapa kiat sederhana untuk membantu mengatasi masalah ginjal. Apa saja cara sederhana atasi batu ginjal tersebut?

GoDok – Atasi Batu Ginjal – Tahukah Anda, bahwa berdasarkan data pada tahun 2013, sekitar 2.700 orang di Indonesia mengalami gangguan fungsi ginjal? Salah satu gangguan yang paling umum menyerang adalah batu ginjal. Gejalanya, yang meliputi urin berdarah dan berbau busuk, bisa membuat siapapun merasa tidak nyaman dan ingin cepat-cepat sembuh.

Demi kesembuhan inilah, banyak orang yang lebih memilih cara instan dalam menghilangkannya; yaitu dengan operasi pengangkatan batu ginjal. Memang, jika kondisi sudah parah, operasi medis adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan. Namun, jika ukuran batu ginjal masih terbilang kecil ( di bawah 3 mm), Anda sebenarnya dapat mencoba beberapa kiat sederhana untuk membantu atasi batu ginjal yang satu ini. Apa saja cara sederhana atasi batu ginjal tersebut? Yuk, simak penjelasannya melalui poin-poin di bawah ini!

Ini dia cara sederhana untuk atasi batu ginjal

1. Perbanyak minum air putih

Bukan lagi rahasia bahwa kekurangan cairan tubuh merupakan salah satu penyebab utama terbentuknya batu ginjal. Karenanya, untuk mencegah pembentukannya lebih lanjut, Anda harus mencukupi, bahkan memperbanyak konsumsi air setiap harinya. Selain itu, dokter juga akan menyarankan Anda untuk mengeluarkan sekitar 2.5 liter urin dalam sehari, guna memperlancar proses hancurnya batu ginjal.

2. Tingkatkan konsumsi lemon

Untuk atasi batu ginjal, Anda dapat mengonsumsi lemon secara rutin. Si buah asam yang satu ini dapat Anda nikmati dengan mencampurnya pada air putih, atau dengan mengolahnya sebagai jus. Segelas jus lemon mengandung asam sitrat yang bisa membantu dalam memecahkan batu ginjal yang mengandung kalsium. Hal ini tentu menjadikannya lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa meminum 125 ml jus atau air lemon murni setiap harinya, ya!

3. Perbanyak konsumsi serat

Jika Anda sedang dalam masa penyembuhan batu ginjal, jangan lupa sisipkan sayur dan biji-bijian dalam menu makanan sehari-hari. Pasalnya, sebagian besar makanan yang kaya serat mengandung fitat -pengikat mineral- sehingga kristalisasi garam dan kalsium yang notabene penyebab utama batu ginjal, dapat dicegah dan berkurang. Otomatis, pembentukan batu ginjal juga akan terhambat. Dalam mengonsusi sayuran, Anda dapat pula menambahkan panganan seperti gandum, apel, dan jagung sebagai pelengkap. Hmm.. Pastinya enak, ya!

4. Mengonsumsi teh jahe

Salah satu cara atasi batu ginjal adalah dengan mengonsumsi teh jahe. Tak hanya gemar menghangatkan badan Anda, rempah yang satu ini ternyata juga berperan dalam penghancuran batu ginjal. Hal ini karena jahe diketahui memiliki kandungan anti-radang dan anti-bakteri yang tinggi sehingga dapat memecah batu ginjal agar keluar bersama urin. Hebat, bukan?

5. Manfaatkan kacang merah

Kacang kacang! Tak hanya lezat dimakan, ternyata bahan pangan yang satu ini juga ampuh dalam atasi batu ginjal. Air rebusan kacang merah kerap digunakan untuk mengobati masalah ini karena khasiat alaminya. Caranya? Mudah saja, Anda cukup merebus kacang merah, lalu ambil segelas air rebusannya, dan minumlah selagi hangat.

6. Gunakan jeruk nipis

Tak jauh berbeda dengan kawan dekatnya, si lemon, ternyata jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk atasi batu ginjal. Cara penggunaannya cukup mudah, kok! Anda tinggal meminum air perasan jeruk nipis yang telah dicampur dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

7. Minumlah teh daun basil

Jenis daun teh yang satu ini memang jarang dikenal oleh khalayak masyarakat Indonesia. Padahal, daun basil sendiri -kemangi- sudah biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Teh daun kemangi ini ternyata mengandung acetic acid yang mampu menghancurkan batu ginjal secara perlahan. Tak hanya itu, teh daun basil juga bisa menyembuhkan luka pada ginjal. Mengagumkan, bukan?

Nah, itu tadi tujuh cara sederhana dalam atasi batu ginjal. Namun, tentu cara-cara di atas tidak berlaku untuk Anda penderita batu ginjal parah, karena pada kasus tersebut memang harus dilakukan terapi atau operasi. Meski begitu, cara-cara di atas dapat Anda ikuti selama masa penyembuhan.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.