7 Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa

Go Dok- Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa – Di tengah hari, ketika tengah menjalani ibadah puasa, tentu rasa haus mulai menjalar di kerongkongan Anda. Bagaimana tidak? Sinar matahari yang terik dan semakin jauhnya Anda dari waktu sahur perlahan mengurangi asupan cairan di dalam tubuh. Hati-hati! Jika cairan tubuh berkurang secara berlebihan, bisa-bisa produktivitas Anda menurun drastis, lho! Pasalnya, dehidrasi bisa berdampak menurunnya konsentrasi, timbulnya sakit kepala, dan munculnya rasa letih dan lesu.

Nah, sebagai upaya pencegahan terjadinya dehidrasi, Anda harus pandai menyeimbangkan cairan yaang masuk dan keluar dari tubuh.

Praktikkan cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa untuk mempertahankan volume cairan dalam tubuh selama berpuasa :

1. Atur asupan cairan saat sahur dan berbuka

Menurut Rita Ramayulis, seorang Praktisi Gizi Klinik dan Olahraga, seseorang yang berpuasa harus membagi asupan cairan tubuh, baik pada waktu sahur maupun buka puasa. Untuk ini, setiap harinya, seseorang disarankan untuk mengonsumsi minimal 40 cc per kilogram berat badan. Misalnya, saat berat badan sesorang adalah 60 kg, maka kebutuhan cairan yang harus dipenuhi adalah 2, 4 liter per harinya (60 kg X 40 cc). Nah, dengan asupan minimal tersebut, kebutuhan cairan ini dapat diperoleh saat berpuasa dengan :

  • Meminum dua gelas air putih saat sahur.
  • Meminum segelas minuman manis dan segelas air putih saat berbuka.
  • Meminum tiga gelas cairan saat makan malam.

Tentu saja Anda dapat menyesuaikan urutan dan jumlah asupan cairan dalam sehari, sesuai dengan berat badan Anda. Tidak ada salahnya mencoba cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa ini, bukan?

2. Konsumsi buah-buahan kaya air

Jika kurang cocok meminum bergelas-gelas air putih, Anda dapat mengalihkan asupan cairan pada buah-buahan kaya air. Penuhi kebutuhan cairan dengan menambahkan buah-buahan, seperti semangka, apel, pir, dan melon ke dalam menu berbuka dan sahur Anda. Ternyata mudah ya cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa ini.

3. Konsumsi makanan berkuah

Selanjutnya, cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa dengan mengonsumsi makanan berkuah. Senada dengan poin sebelumnya, jika Anda bosan dengan air putih, cairan dapat pula diperoleh dengan mengonsumsi makanan berkuah, seperti sayur bayam, sop ayam, atau soto. Kuah dapat menjadi pengganti air putih dalam hal ini, kan?

4. Hindari kegiatan luar ruangan

Dalam kondisi normal, setiap harinya sebanyak 1.000- 4500 ml cairan hilang dari tubuh Anda. Salah satu hal yang menyebabkannya adalah berkeringat terlalu banyak. Biasanya, cairan yang hilang akan langsung digantikan saat Anda minum. Namun di bulan puasa, Anda harus menunggu hingga saat berbuka puasa untuk menggantikan cairan yang hilang. Untuk itu cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa dapat Anda lakukan dengan menjaga kadar cairan dalam tubuh Anda dengan tidak terlalu banyak beraktivitas berat di luar ruangan, saat matahari sedang terik. Pasalnya, hal ini dapat membuat keringat mengucur deras, sehingga memicu dehidrasi.

5. Jangan terlalu banyak tidur

Cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa berikutnya sebaiknya Anda jangan terlalu banyak tidur. Tahukah Anda, bahwa saat Anda tidur, cairan juga akan tetap dikeluarkan oleh tubuh? Hal ini termasuk dalam insensible water loss (kehilangan cairan tanpa terasa). Jika Anda terlalu banyak tidur, maka akan semakin banyak cairan yang hilang. Karenanya, saat puasa, tidurlah sewajarnya, ya!

6. Hindari mengonsumsi kafein

Jarang yang tahu bahwa sebenarnya kandungan kefein dalam kopi dapat menimbulkan rasa haus dan dehidrasi lebih banyak dibanding minuman lainnya. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi saat berbuka atau sahur juga bisa memicu naiknya asam lambung. Anda tentu tak mau hal ini terjadi, bukan? Karenanya, hindarilah konsumsi kafein saat berpuasa.

7. Minum air kelapa muda

Terakhir, cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa dengan rajin minu air kelapa muda ketika sahur dan berbuka puasa. Anda dapat mengatasi dehidrasi saat berpuasa dengan meminum air kelapa muda, entah waktu sahur atau berbuka puasa. Pasalnya, air kelapa muda mengandyng isotonik dan elektrolit alami yang dapat mengatasi dehidrasi saat berpuasa. Tak hanya itu, kandungan vitamin dan mineralnya juga tinggi, lho! Mau?

Nah, itu dia 7 cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa yang perlu Anda tahu. Tertarik? Selama berpuasa, ya!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.