7 Cara Alami Atasi Naiknya Asam Lambung

Bahan alami atasi asam lambung
Cara alami atasi naiknya asam lambung dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang bisa Anda praktikan di rumah berikut ini

 GoDok – Pernahkah Anda merasakan sensasi panas di area dada yang diiringi dengan mual? Hati-hati! Karena kondisi tersebut menandakan bahwa Anda sedang mengalami gangguan kesehatan asam lambung naik, atau yang di dunia medis dikenal dengan istilah GERD (gastroesophageal reflux disease) –sebuah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan karena kurang baiknya fungsi katup yang menghubungkan lambung dengan kerongkongan.

Jangan khawatir! Berikut Go Dok paparkan 7 cara alami atasi naiknya asam lambung yang dapat Anda praktikkan dengan segera:

1. Jahe

Jika tubuh sudah mulai menunjukkan gejala asam lambung naik, maka segera cari sepotong jahe untuk kemudian di iris menjadi bagian kecil. Selain memberikan sensasi hangat, konsumsi jahe juga terbukti dapat meredakan gejala refluks (kenaikan) asam lambung. Sebab, kandungan senyawa di dalamnya dapat membantu pengosongan lambung.

2. Permen karet

Menurut Rebecca Moazzez –peneliti dari King’s College London-, permen karet terbukti ampuh dalam mengurangi kenaikan asam lambung karena dapat merangsang produksi air liur yang bersifat basa. Inilah yang kemudian dapat menetralkan kembali keasaman lambung Anda. Ingat, ya! Pilihlah permen karet yang bebas gula, bukan yang mengandung perasa buatan. Karena permen karet yang bercita rasa manis –apalagi mint– justru dapat membuat asam lambung Anda semakin naik.

3. Buah Pisang

Selanjutnya, segera tangani asam lambung yang naik dengan mengonsumsi buah pisang. Kandungan kalium di dalamnya terbukti tidak hanya dapat menyeimbangkan kembali produksi asam lambung, namun juga merangsang pembentukan lendir di dalam perut yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Konsumsilah 1-2 buah pisang sebelum makan, atau saat perut mulai terasa tidak nyaman.

(Baca: Jangan Salah! Ini Dia Cara Pilih Pisang yang Benar)

4. Susu Segar

Tahukah Anda, bahwa kandungan kalsium yang tinggi di dalam susu dapat menyeimbangkan kembali kadar pH di dalam lambung? Karenanya, segeralah minum segelas susu segar jika gejala asam lambung sudah mulai Anda rasakan.

(Baca: Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur)

5. Makanan yang Mengandung Vitamin B

Kenaikan asam lambung pada ibu hamil sangat lumrah terjadi. Daripada mengonsumsi obat-obatan yang dapat memengaruhi perkembangan janin, ada baiknya Anda mengonsumsi bahan pangan yang kaya akan vitamin B –khususnya vitamin B2 dan B6-, seperti bayam, hati, dan ikan sarden. Mengapa? Karena bahan pangan tadi terbukti ampuh dalam menekam produksi asam lambung berlebih.

6. Baking soda

Menurut Jacqueline Wolf, MD., -ahli kesehatan dari Harvard Medical School-, baking soda merupakan bahan alami yang ampuh untuk mengatasi kenaikan asam lambung karena sifatnya yang basa dapat menteralkan kembali lambung Anda.

Untuk cara penggunaannya, Anda cukup mencampurkan ½-1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air untuk kemudian di minum setiap kali gejalanya muncul. Namun, cara ini tidak dianjurkan jika asam lambung terlalu sering naik karena kandungan sodium bikarbonat di dalam baking soda dapat memicu mual dan muntah bila digunakan secara berlebihan.

7. Lidah buaya

Terakhir, redakan naiknya asam lambung dengan lidah buaya. Ini sejalan dengan pernyataan Victor Sierpina, MD., dari University of Texas Medical Branch soal yang mengungkapkan bahwa senyawa anti-inflamasi di dalam lidah buaya terbukti ampuh dalam meredakan peradangan di kerongkongan dan lambung.

Caranya sangat mudah! Anda cukup mencampurkan getah lidah buaya dengan air secukupnya. Namun, perlu diingat bahwa campuran ini bersifat laksatif; artinya, Anda bisa saja mengalami peningkatan frekuensi buang air besar. Jadi, konsumsi dengan bijak, ya!

(Baca: BAB Tidak Lancar? Mungkin Ini Penyebabnya)

Semoga bermanfaat!

Comments are closed.