7 Bahan Pangan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat

www.go-dok.com

Sebagai orang Indonesia, Anda pasti sudah sangat akrab dengan penyakit asam urat, iya ‘kan? Namun, sebenarnya apa sih penyakit asam urat itu, dan apa penyebabnya?

Penyakit asam urat merupakan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh menumpuknya zat asam urat dalam tubuh. Zat ini sendiri merupakan bahan kimia yang dibuat oleh tubuh selama pemecahan purin, dan seharusnya dikeluarkan melalui urin. Namun, karena konsumsi berlebih beberapa jenis makanan tertentu, produksi zat asam urat akan meningkat sehingga tidak dapat disekresi secara sempurna. Akhirnya, terjadilah penumpukan dan pengkristalan zat asam urat dalam tubuh, terutama pada bagian urat persendian, yang menyebabkan nyeri, peradangan, bahkan bengkak.

Dari penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa demi mencegah timbulnya penyakit asam urat, kita harus selektif dalam memilih menu makanan sehari-hari. Lalu, makanan jenis apa sajakah yang harus dihindari jika Anda terlanjur menderita penyakit ini? Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Hati

Jarang yang mengetahui bahwa hati beberapa hewan, seperti ayam, sapi, bebek, domba, kalkun, dan rusa tinggi akan kandungan purin. Karenanya, bahan pangan ini harus dihindari oleh para penderita asam urat sebab dapat meningkatkan produksi zat asam urat.

2. Daging kerang

Hati-hati! Daging kerang ternyata mengandung kadar purin yang tinggi. Bayangkan saja, terdapat setidaknya 112 mg purin dalam 100 gram sajian daging kerang. Jumlah yang tidak sedikit, bukan?

3. Daging merah dan jeroan

Ayo, absen! Siapa di antara Anda yang menyenangi sajian berbahan dasar jeroan, seperti lidah, ginjal, dan usus? Ssst, jika Anda terdiagnosa menderita asam urat, maka sangat disarankan untuk menghindari konsumsi bahan pangan tadi. Mengapa? Sebab jeroan dan daging merah terbukti  mengandung purin tinggi.

4. Bayam

Ternyata, purin dalam jumlah yang tinggi tidak hanya terdapat pada produk hewani saja. Meskipun tidak sebesar jumlah yang terkandung pada daging, namun beberapa sayuran hijau, seperti bayam, terbukti mengandung purin dalam kadar yang cukup tinggi juga, lho! Jadi, bagi Anda penderita asam urat, mulai saat ini batasi konsumsi bayam, ya!

5. Seafood

Mengonsumsi seafood bagi penderita asam urat ibarat memakan buah simalakama, problematis! Nikmatnya beberapa sajian bahari, seperti udang, kepiting, dan lobster terbukti dapat meningkatkan risiko kambuhnya asam urat karena purin yang terkandung di dalamnya tergolong tinggi.

6. Bir

Jika Anda terdiagnosa menderita asam urat, maka kebiasaan meminum bir bukanlah pilihan yang bijak. Alasannya tidak lain karena tingginya jumlah purin pada ragi yang digunakan di proses awal pembuatan minuman keras ini.

7. Kembang kol

Kembang kol memang termasuk salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, tahukah Anda, bahwa di setiap 100 gram sajian kembang kol, terdapat setidaknya 51 gr senyawa purin? Mengejutkan!

Hmmm, meski bahan-bahan pangan di atas terkenal akan kelezatannya, namun ingat! Kesehatan Anda adalah hal utama yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.