7 Bahan Alami Untuk Mengobati Penyakit Cacingan

mengobati penyakit cacingan
Meskipun obat mungkin dapat menyembuhkan cacingan secara efektif, namun tidak ada salahnya jika Anda juga mengonsumsi beberapa ramuan sehat untuk mengobati penyakit cacingan Anda

GoDokMengobati penyakit cacinganPernahkah anak Anda menderita cacingan? Secara umum, istilah cacingan mengacu pada kondisi di mana spesies cacing menembus kulit dan masuk ke dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi penyakit ini, dokter biasanya akan meresepkan obat cacing sesuai umum dan gejala yang ada. Namun, meskipun obat mungkin dapat menyembuhkan cacingan secara efektif, namun tidak ada salahnya jika Anda juga mengonsumsi beberapa ramuan sehat untuk mematikan serta mengeluarkan cacing dari tubuh Anda.

Nah, apa saja bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan? Simak penjelasannya berikut ini :

1. Kulit mangga

Bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan yang pertama adalah kulit mangga. Pasalnya, daya antelmintik pada kulit mangga dapat membantu dalam mencegah penyakit cacing, terutama pada anak. Tak hanya itu, antelmintik juga ampuh dalam membunuh bakteri, kuman, dan larva cacing di dalam perut Anda. Untuk membuatnya, Anda cukup merebus kulit mangga selama 15 menit, lalu meminum air rebusan tersebut. Lakukan hal ini secara rutin hingga cacing keluar dari tubuh.

2. Wortel

Tentu Anda tahu, bahwa wortel kaya akan vitamin A. Nah, selain untuk menyehatkan mata, kandungan vitamin A pada wortel ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit cacingan. Caranya? Anda harus menyiapkan wortel, garam dapur, santan kelapa, serta air secukupnya. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Parut 5 hingga 7 buah wortel dan peras, ambil airnya.
  2. Campur dengan santan kelapa dengan perbandingan sama banyak dan beri sedikit garam, aduk sampai rata.
  3. Ramuan siap di gunakan.

Nah, untuk hasil yang optimal, minumlah ramuan ini secara rutin pada malam hari sebelum tidur, hingga cacing keluar dari tubuh.

3. Air garam

Bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan yang ketiga adalah air garam. Jika meminumnya secara teratur, hal ini dapat membantu cacing untuk keluar dari tubuh. Tak hanya itu, air garam dapat pula membantu dalam menyembuhkan diare.

(Baca: Cara Alami Obati Diare yang Tak Kunjung Sembuh)

4. Biji delima

Bahan alami yang satu ini ternyata mampu mebasmi cacing pita dari dalam tubuh Anda. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Anda dapt menumbuk beberapa biji buah delima, lalu mencampur serbukannya dengan dua gelas air dan rebus hingga mendidih selama setengah jaam. Setelah itu, Anda dapat mencampurnya dengan sedikit gula merah, lalu meminumnya selagi hangat.

5. Daun pepaya

Bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan yang selanjutnya adalah daun pepaya untuk mengobati cacing kremi, yang sering menginfeksi sistem pencernaan Anda. Bahan yang Anda perlukan adalah 1 lembar daun pepaya, serta 15 gram akar pohon bunga melati. Untuk membuatnya, ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Cucilah kedua bahan hingga bersih
  2. Rebus kedua bahan dengan 600 cc air, sisakan 300 cc air rebusannya
  3. Minum air rebusan selagi hangat, dan lakukan secara teratur 2 kali sehari untuk hasi yang optimal.
6. Bawang putih

Bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan yang terakhir adalah bawang ptuih, yang juga bekerja ampuh untuk membasmi cacing kremi. Untuk pembuatannya, Anda memerlukan gula merah secukupnya, 3 butir bawang putih , dan 30 gram akar pepaya. Semua bahan tersebut bisa Anda dapatkan di toko obat atau ramuan herbal. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Potong gula merah menjadi beberapa bagian,
  3. Rebuslah semua bahan denga 600 cc air bersih, hingga hanya tersisa 300 cc,
  4. Minum air rebusan tersebut selag hangat, dan lakukan secara teratur 2 kali dalam sehari.

(Baca: Bunda, Kenali Cara Mencegah Cacingan Pada Anak)

Nah, itu dia bahan-bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit cacingan.  Semoga bermanfaat!