6 Warna Urin Pengungkap Kesehatan Anda

Gambar warna urin

Warna urin dapat dijadikan salah satu indikator untuk mengecek kesehatan tubuh Anda. Berikut 6 warna urin dan kaitannya dengan kesehatan Anda

GoDok Warna Urin – Urin; salah satu bentuk sekresi tubuh yang sering kali kita abaikan karena dianggap tidak memberikan signifikansi apapun untuk kesehatan. Padahal nyatanya, kondisi urin Anda –terutama yang berkaitan dengan warnanya- dapat dijadikan salah satu indikator untuk menelaah kondisi tubuh, lho! Tidak percaya? Berikut Go Dok paparkan 6 warna urin beserta kaitannya dengan kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Urin berwarna kuning

Kuning; warna yang paling sering diasosiasikan dengan urin. Faktanya, urin yang berwarna kuning menandakan proses sekresi yang sehat. Ini sejalan dengan pernyataan Tim Terry –seorang ahli urologi- yang mengungkapkan bahwa urin berwarna kuning pucat atau gelap menandakan fungsi ginjal yang berjalan optimal. Eits, jangan salah! Semakin gelap warna kuning urin Anda, maka akan semakin  kentara juga sinyal yang diberikan tubuh bahwa Anda kekurangan cairan. Karenanya, jika ini terjadi, segera perbanyak minum air putih, ya!

(Baca: Sudah Cukupkah Air yang Anda Minum Setiap Hari?)

2. Urin berwarna jingga

Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana urin yang dikeluarkan berwarna jingga atau oranye? Jika pernah, maka segeralah konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat. Mengapa? Sebab, urin berwarna jingga bisa jadi menandakan adanya gangguan pada fungsi hati –khususnya ikterus obstruktif.

Apa itu iterus obstruktif? Singkatnya, kondisi ini disebabkan oleh terhambatnya aliran empedu sehingga kadar bilirubin terkonjugasi di dalam darah pun meningkat. Jika sudah begitu, asam empedu serta kolesterol pun akan turut naik. Jadi, jangan dianggap sepele, ya!

(Baca: Jaga Hati dengan Konsumsi Makanan Ini!)

3. Urin berwarna pink atau merah

Waspada! Jika kedua warna ini muncul pada urin Anda, maka segeralah berkonsultasi pada dokter atau rumah sakit terdekat. Mengapa? Sebab urin yang berwarna pink atau merah menandakan adanya kandungan darah di dalam urin yang bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gangguan ginjal, prostat, tumor, bahkan infeksi saluran kencing.

4. Urin tidak berwarna sama sekali

Siapa sangka kalau urin yang tidak berwarna sama sekaliternyata merupakan salah satu indikasi dari penyakit diabetes? Ya, jika urin yang dikeluarkan tidak berwarna sama sekali -apalagi jika diiringi dengan penurunan berat badan secara signifikan-, maka segera konsultasikan kesehatan sebab bisa jadi Anda mengidap diabetes. Tidak berwarna sama sekali ini berbeda dengan bening. Jika urin berwarna bening, biasanya menandakan bahwa tubuh terhidrasi baik. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda berpotensi mengalami over-hidrasi alias kelebihan cairan dalam tubuh.

(Baca: Anda Menderita Diabetes? Berikut Makanan yang Dapat Anda Konsumsi)

5. Urin berwarna cokelat

Selanjutnya, jika urin yang dikeluarkan tubuh berwarna coklat, maka kemungkinan besar organ hati sedang mengalami gangguan. Kondisi ini biasanya diidap oleh mereka yang menderita hepatitis. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena pada penderita hepatitis organ hati tidak dapat memproses sekresi garam empedu. Dampaknya, garam empedu yang seharusnya dibuang bersamaan dengan feses malah ikut terlarut dalam air seni. Karenanya, segera periksakan kesehatan Anda, ya!

6. Urin berwarna hijau

Terakhir, warna urin yang juga harus Anda waspadai adalah hijau. Ya, pakar kesehatan mengungkapkan bahwa warna hijau dalam urin dipicu oleh beberapa sebab; mulai dari infeksi saluran kemih karena adanya jamur yang bersifat parasit, hingga konsumsi pewarna makanan berlebih yang mengakibatkan usus tidak dapat menyerap warna secara optimal sehingga akhirnya dikeluarkan melalui air seni.

 (Baca: Waspada ! Ini Dia Gejala-Gejala Gangguan Usus Buntu!)

Nah, itu tadi 6 warna urin yang harus Anda perhatikan serta kaitannya dengan kesehatan. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.