Sebelum Berbuka, Baiknya Sajikan Ini 6 Pilihan Menu Takjil Nimat dan Sehat

menu takjil nikmat dan sehat
Solusi untuk menu takjil sehat adalah dengan membuatnya  sendiri di rumah. Dengan cara begitu, Anda dapat memastikan kesegaran bahan serta bahan pemanis yang digunakan

GoDok -Menu Takjil Nikmat dan Sehat – Setelah seharian berpuasa, Anda tentunya ingin berbuka dengan menu takjil yang nikmat dan menyegarkan. Karenanya, tidak heran jika di bulan Ramadhan banyak pedagang kolak dan minuman dingin yang meraup untung hingga jutaan rupiah per harinya.

Awas! Jangan asal dalam memilih menu takjil! Alasannya karena seringkali menu takjil yang dijual di jalanan mengandung banyak pemanis dan pewarna buatan. Solusinya, Anda dapat membuat menu takjil sendiri di rumah. Dengan cara begitu, Anda dapat memastikan kesegaran bahan serta bahan pemanis yang digunakan. Bingung akan membuat menu takjil apa? Berikut Go Dok paparkan 6 menu takjil yang nikmat dan sehat:

Menu Takjil Nikmat dan Sehat

1. Es blewah

Menu takjil nikmat dan sehat pertama yang dapat Anda coba adalah es blewah. Blewah yang terkenal kaya akan vitamin A dan senyawa antioksidan zexanthin ini baik dikonsumsi sebab berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko asma kambuh, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker di prostat dan kolon.

Tertarik mencoba? Sediakan satu buah blewah, lalu kerok isinya. Tambahkan air dingin dan sirup secukupnya, lalu sajikan. Ingat! Selalu perhatikan jumlah sirup yang dipakai agar tidak melebihi batas normal konsumsi gula harian Anda.

2. Kolak tanpa santan

Menu takjil nikmat dan sehat kedua, Anda termasuk penggemar kolak, tapi waswas dengan kandungan gula dan lemak dalam santannya? Tenang, Anda bisa mengakalinya, kok! Gantilah santan dengan susu rendah lemak. Sedangkan untuk pemanisnya, Anda dapat menggunakan gula aren yang lebih sehat dibanding gula putih. Mudah, bukan?

(Baca: Puasa Lancar dengan Menu Sahur Penuh Gizi dan Nutrisi)

3. Puding buah

Menu takjil nikmat dan sehat ketiga, Anda dapat menikmati menu takjil yang nikmat dan sehat dengan menyajikan puding buah. Triknya, pilihlah buah yang bercita rasa manis -seperti mangga dan melon- agar puding tidak terlalu banyak menggunakan gula atau pemanis lainnya.

Ingin lebih nikmat? Buatlah vla, atau saus, puding dari susu rendah lemak. Mantap!

4. Lumpia buah

Menu takjil nikmat dan sehat keempat. Siapa bilang lumpia hanya bisa diisi oleh potongan daging dan sayuran saja? Buktinya, Anda bisa membuat lumpia basah yang berbahan dasar buah-buahan.

Caranya, sediakan kulit lumpia yang biasa digunakan untuk membuat Vietnamese roll. Selain itu, siapkan pula potongan beberapa jenis buah, seperti mangga, kiwi, dan jeruk. Setelahnya, barulah tempatkan beberapa potongan buah di atas lembaran kertas lumpia, gulung, dan sajikan. Mudah sekali!

(Baca: 8 Cara Agar Tetap Fit Dan Bugar Saat Puasa)

5. Es krim buah

Menu takjil nikmat dan sehat kelima. Ingin buah hati lebih bersemangat dalam menyelesaikan puasanya? Maka, sajikanlah menu takjil khas anak-anak, seperti es krim. Eits, agar lebih sehat, Anda bisa membuat es krim kreasi sendiri, lho! Dengan mencampurkan buah-buahan beku dan krim rendah lemak, Anda dapat memastikan bahwa menu takjil si kecil memilki kandungan gula dan lemak yanhg minim.

6. Smoothies

Menu takjil nikmat dan sehat yang terakhir adalah smoothies. Sajikan smoothies sebagai menu takjil nikmat dan sehat di rumah. Caranya, sediakan buah jenis tertentu -seperti pisang atau strawberry-, beberapa bongkah es batu, dan madu sebagai pemanisnya. Masukkan semua bahan ke dalam blender, tunggu beberapa saat hingga tercampur rata; lalu sajikan.

(Baca: Resep Smoothie Untuk Berbuka Puasa yang Harus Anda Coba)

Itu tadi 6 menu takjil nikmat dan sehat yang dapat Anda coba di rumah. Tunggu apa lagi? Ayo, berkreasi!