Jangan Anggap Sepele! Berikut 6 Penyebab Sakit Tenggorokan!

penyebab sakit tenggorokan
Selain menyebabkan Anda sulit menelan makanan, sakit tenggorokan juga seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Lalu, apa sih penyebab sakit tenggorokan?

GoDok- Penyebab Sakit Tenggorokan – Meskipun tidak termasuk ke dalam penyakit yang mematikan serta mengancam jiwa, sakit tenggorokan tetap saja tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak! Selain menyebabkan Anda sulit menelan makanan, sakit tenggorokan juga seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Lalu, apa sih penyebab sakit tenggorokan? Berikut Go Dok paparkan 6 penyebab sakit tenggorokan yang harus Anda ketahui:

Penyebab Sakit Tenggorokan

1. Radang tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan yang pertama adalah karena adanya peradangan akibat infeksi virus atau bakteri. Virus Influenza merupakan jenis virus yang paling umum memicu peradangan pada tenggorokan. Eits, jangan salah! Peradangan juga dapat dipicu oleh infeksi virus jenis lain, seperti virus campak, cacar air, dan mononukleosis.

Selanjutnya, radang tenggorokan juga bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri, seperti Streptococcus pyogenes. Lalu, adakah cara agar terhindar dari radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi virus dan bakteri? Ternyata, meningkatkan imunitas tubuh serta rajin  mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C merupakan langkah paling tepat yang bisa Anda praktikkan.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

2. Penyakit lambung

Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung naik, sakit tenggorokan merupakan hal yang lumrah dirasakan. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena asam lambung yang bersifat iritan naik ke atas, hingga mencapai esofagus (kerongkongan). Karenanya, tidak heran jika Anda merasakan sensasi nyeri di tenggorokan sebab terdapat beberapa jaringan esofagus yang mengalami perdangan akibat terpapar asam lambung. Nah, ini dia penjelasan mengapa asam lambung menjadi penyebab sakit tenggorokan.

(Baca: 7 Cara Alami Atasi Naiknya Asam Lambung)

3. Amandel

Sebenarnya, amandel merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk mencegah infeksi penyakit. Namun, karena penularan virus dan bakteri, amandel pada sebagian orang –umumnya anak-anak- jurstu malah mengalami peradangan.

Selain penyebab sakit tenggorokan, radang amandel juga bisa memicu beberapa komplikasi lainnya, seperti demam, bengkak pada amandel, hingga kesulitan menelan.

(Baca: Hindari Radang Amandel dengan Kurangi 5 Jenis Makanan Ini!)

4. Kelelahan

Penyebab sakit tenggorokan lainnya adalah kelelahan. Mulai merasakan sakit tenggorokan diiringi kesulitan saat menelan? Tenang! Jangan langsung berprasangka dan menduga bahwa penyebabnya merupakan kondisi kesehatan yang parah. Karena bisa jadi, sakit tenggorokan disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang fit akibat terlalu kelelahan.

Padatnya aktivitas sehari-hari ternyata dapat membuat sistem imunitas Anda menurun. Inilah yang memicu proses pengaktifan kembali virus yang ada di dalam tubuh sehingga timbulah beberapa jenis penyakit; salah satunya sakit tenggorokan.

5. Konsumsi air es

Seperti yang telah Anda ketahui, kondisi tubuh antara satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda. Contohnya, paparan suhu dingin bagi Anda mungkin tidak berakibat apa-apa; namun, tidak sama halnya bagi orang lain.

Pada beberapa kasus, penyebab sakit tenggorokan dipicu oleh konsumsi air es. Tubuh yang tidak kuat dengan paparan suhu dingin akan melakukan ‘perlawanan’ demi mempertahankan kesehatan serta kondisi idealnya. Nah, salah satu bentuk ‘perlawanan’ yang dilakukan tubuh adalah dengan memicu peradangan pada amandel sehingga timbulah rasa sakit di tenggorokan.

6. Rokok dan alkohol

Terakhir, penyebab sakit tenggorokan adalah kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Bagaimana tidak! Dua kebiasaan buruk ini terbukti dapat memicu penimbunan senyawa serta zat residu yang berbahaya bagi tubuh. Jadi, bisa dibayangkan; semakin sering Anda merokok atau mengonsumsi minuman belakohol, maka semakin tinggi pula risiko timbulnya peradangan pada jaringan tenggorokan.

(Baca: Langkah Jitu Hentikan Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Keras)

Itu tadi 6 penyebab sakit tenggorokan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!