6 Penyebab Munculnya Mata Panda

penyebab munculnya mata panda
Mata Panda yang disebut juga dengan kantung mata bisa menjadi tanda-tanda Anda terlalu lelah. Simak penyebab-penyebab munculnya kantung mata berikut ini

GoDokPenyebab Munculnya Mata Panda – Mata panda, yang juga biasa disebut kantung mata, seringkali membuat Anda merasa tertekan dan kurang percaya diri. Sebab, hal ini mengganggu penampilan dengan adanya noda gelap di sekeliling mata Anda. Tak hanya itu, adanya kantung mata juga dapat menjadi tanda-tanda bahwa Anda terlalu lelah. Jadi, munculnya kantung mata tersebut dapat berpengaruh pada penampilan wajah maupun performa Anda. Namun, sebelum Anda lakukan penanganan untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui, apa sih penyebab munculnya kantung mata itu sendiri? Jika Anda sudah mengetahuinya, akan lebih mudah dan tepat untuk mencari solusi dalam mengatasinya. Penasaran, kan? Yuk langsung saja kita lihat di bawah ini penyebab-penyebabnya!

Ketahui kebiasaan buruk yang berdampak buruk pada  kondisi kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikannya dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari smartphone. GRATIS!

Penyebab Munculnya Mata Panda

1. Pola tidur yang buruk dan stres

Ini dia, faktor utama yang kerap terjadi bagi Anda yang memiliki mata panda! Setelahnya, pola tidur Anda jadi buruk. Nah, faktor-faktor tersebutlah yang menjadi acuan utama munculnya kantung mata! Kekurangan atau kelebihan tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan dan nantinya akan berdampak pada munculnya lingkaran hitam pada mata. Begitu pula dengan stress yang berlebihan. Jadi, usahakanlah untuk melakukan sesuatu dengan pikiran yang fresh, ya!

(Baca: Kurangi Stres Dengan Berendam dalam Bathtub)

2. Faktor keturunan

Selain kondisi stres dan pola tidur yang buruk, faktor keturunan dapat pula menjadi penyebab munculnya kantung mata. Lingkaran hitam di bawah mata tersebut mungkin saja sudah ada di sana sejak Anda masih kecil. Hal ini disebabkan oleh faktor genetika, dan seringkali juga merupakan sifat warisan dari anggota keluarga Anda.

3. Paparan sinar matahari

Jarang yang tahu bahwa sinar matahari dapat menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda dan lingkaran hitam di sekeliling mata. Pasalnya, sinar matahari dapat menaikkan kadar melanin dan membawanya ke permukaan kulit sehingga kulit Anda akan tampak lebih hitam Kadar melanin yang meningkat ini, akan membuat lingkaran hitam di bawah mata terlihat lebih gelap. Untuk menghindarinya, gunakanlah sunscreen, topi atau kacamata saat Anda keluar di siang hari dan melewati panasnya sinar matahari. Dengan begitu, akan meminimalisir munculnya lingkaran hitam di bawah mata Anda.

(Baca: 6 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan)

4. Penuaan

Tahukah Anda, bahwa seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penuaan yang nantinya menimbulkan kantung mata? Lho kok bisa? Hal ini dikarenakan kulit dapat menjadi lebih tipis akibat pengurangan lemak dan kolagen sehingga membuat pembuluh darah di bawahnya lebih terlihat dan membuat area di bawah mata tampak lebih gelap. Selain itu, saat kulit mulai mengalami penuaan, kelopak mata yang longgar bisa menimbulkan bayangan pada kulit di bawahnya dan menciptakan tampilan lingkaran hitam di bawah mata. Nah, itu alasan kenapa penuaan menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda!

5. Alergi

Alergi juga bisa jadi penyebab munculnya mata panda pada seseorang, lho! Orang yang mengalami alergi biasa menggosok matanya karena gatal, yang kemudian menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata. Walaupun demikian, lingkaran hitam tersebut akan lebih menonjol ketika seseorang itu mengalami demam karena alergi. Selain itu, hidung tersumbat juga bisa melebarkan pembuluh darah yang mengalir dari daerah sekitar mata Anda, dan menyebabkannya menjadi gelap.

(Baca: Masalah Kulit Lansia yang Siap Mengintai Anda)

6. Gaya hidup yang buruk

Nah, faktor terakhir penyebab munculnya mata panda adalah gaya hidup yang kurang baik. Misalnya terlalu sering merokok, minum alkohol, mengonsumsi kafein terlalu sering, dan kekurangan nutrisi. Hal-hal tersebut dapat memicu munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Konsumsi alkohol memungkinkan pembuluh darah kecil di kulit membesar dan melebar, sehingga lingkaran hitam di bawah mata bisa lebih menonjol. Tak hanya itu, apabila terlalu sering mengonsumsi kafein, Anda juga akan sulit untuk tidur sehingga muncullah mata panda di wajah.

(Baca: Kenali Dampak Buruk Merokok pada Gigi)

Jadi, Anda sudah mengetahui apa saja penyebab munculnya mata panda, bukan? Hindarilah hal-hal tersebut dan temukan solusinya yang tepat, ya! Semoga bermanfaat!