6 Olahraga untuk Penderita Nyeri Lutut

olahraga untuk penderita nyeri lutut
American College of Rheumatology menyarankan bagi Anda yang menderita nyeri sendi untuk menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutin setiap harinya. Sebab, banyak yang tidak mengetahui bahwa olahraga adalah salah satu cara untuk mengobati nyeri sendi secara alami.

GoDok – Olahraga untuk Penderita Nyeri Lutut – Bagi Anda yang telah berusia paruh baya, pastilah nyeri lutut cukup sering mendera tubuh Anda. Mengapa? Sebab, pada usia ini, tulang dan sendi di sekitar kaki sudah menurun kemampuannya untuk berfungsi optimal. Hasilnya, di sekitar daerah itu otot akan semakin cepat lelah, dan jika melampaui batas, muncullah nyeri sendi pada lutut. Bagaimana cara mengatasi hal ini?

American College of Rheumatology menyarankan bagi Anda yang menderita nyeri sendi untuk menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutin setiap harinya. Sebab, banyak yang tidak mengetahui bahwa olahraga adalah salah satu cara untuk mengobati nyeri sendi secara alami. Sebaliknya, jika Anda memilih untuk tidak berolahraga, maka kondisi sendi akan bertambah buruk, kaku dan semakin lemah. Tak hanya itu, keseimbangan tubuh pun akan semakin menurun. Karenanya, mari berolahraga! Tidak perlu yang terlalu berat, Anda dapat melakukan beberapa olahraga untuk penderita nyeri lutut. seperti :

Olahraga untuk Penderita Nyeri Lutut

1. Aerobik

Aerobik merupakan suatu cabang olahraga yang menggerakan hampir keseluruhan otot di tubuh secara berulangan dengan mengikuti irama musik. Olaraga ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan paru Anda. Tak hanya itu, aerobik juga dapat meningkatkan kembali fungsi otot dan sendi yang mulai tua. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berolahragalah selama 150 menit yang dibagi menjadi beberapa bagian setiap minggunya.

(Baca: Langkah-langkah yang Harus Diperhatikan dalam Berolahraga)

2. Yoga

Yoga, salah satu olahraga yang kini tengah populer, dapat meningkatkan keseimbangan dan kekuatan otot, serta fleksibilitas dari sendi dan otot. Selain itu, yoga yang dilakukan secara rutin dapat pula mengembalikan fungsi dan kekuatan sendi dan otot serta menenangkan pikiran Anda. Wah, sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui, dong?

(Baca: 5 Manfaat Senam Pagi yang Tidak Boleh Disepelekan)

3. Berjalan

Siapa bilang berjalan kaki tidak membantu kesehatan? Buktinya, dengan berjalan kaki sebanyak 3.000 langkah atau lebih setiap harinya akan melatih otot dan persendian menjadi lebih kuat serta menjaga kesehatan jantung. Lakukan ini selama lima hari dalam seminggu.

(Baca: Ingin Jantung Sehat? Yuk, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!)

4. Pilates

Jarang yang mengetahui bahwa jika dilakukan secara rutin, pilates dapat membantu dalam memperkuat sendi dan otot Anda. Caranya? Baringkan tubuh di lantai dengan posisi kedua kaki terangkat di udara dan saling menempel satu dengan yang lainnya. Kemudian letakkan kedua tangan di sisi-sisi tubuh. Lalu secara perlahan, angkat tubuh Anda dengan menjaga posisi kaki tetap berada di udara dengan posisi merapat. Setiap kali Anda mengangkat tubuh buang napas melalui mulut dan usahakan posisi punggung lurus. Lakukan ini secara rutin setiap harinya.

5. Bersepeda

Tahukah Anda, bahwa bersepeda merupakan jenis olahraga yang tidak memberikan tekanan berat pada tubuh terutama pada bagian lutut? Bersepeda akan menciptakan gerakan berulang pada lutut yang baik untuk menguatkan dan menstabilkan otot kaki. Karenanya, cobalah bersepeda selama 10 menit ketika pertama kali melakukannya. Setelah itu, secara perlahan Anda dapat menambah durasi waktu. Lakukan ini selama 2-3 kali setiap minggunya dan jangan lupa ya, pilihlah jalan yang rata!

(Baca: Enggan Bersepeda? Kenali Dulu Manfaatnya!)

6. Berenang

Olahraga terakhir, yaitu berenang, merupakan jenis olahraga yang menggerakkan seluruh bagian otot dan sendi pada seluruh tubuh tanpa  mengakibatkan ketegangan pada otot dan sendi. Karenanya, olahraga ini cocok untuk memperkuat kedua bagian tersebut. Jika bisa, berenanglah di pagi hari karena saat itu, air kolam cenderung bersuhu hangat akibat pancaran sinar matahari. Mengapa? Sebab, berenang di air yang hangat akan membantu dalam meredakan rasa nyeri.

(Baca: Panduan Memilih Olahraga untuk Si Kecil)

Nah, itu dia olahraga untuk penderita nyeri lutut, meskipun Anda diwajibkan untuk tetap berolahraga secara rutin, ini tidak berarti harus memaksakan tubuh untuk melakukannya. Saat tubuh memberi sinyal untuk berhenti, Anda harus berhenti selama beberapa hari. Jangan memaksakan diri, dan berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga, ya! Semoga bermanfaat!