6 Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan

manfaat tidur telanjang
Manfaat tidur telanjang jarang diketahui banyak orang. Jadilah yang pertama mengetahui manfaat tidur telanjang untuk kesehatan lewat artikel berikut ini. 

GoDok –  Manfaat Tidur Telanjang – Setelah beraktivitas seharian, pastinya Anda akan merasakan lelah yang teramat sangat. Karenanya, tidak heran jika kemudian banyak orang yang memutuskan untuk segera beranjak tidur agar dapat terbangun keesokan harinya dalam keadaan segar dan bugar. Namun, pernahkan Anda mendengar pernyataan bahwa tidur telanjang -atau tanpa mengenakan busan- baik bagi kesehatan? Benarkah seperti itu; atau sekedar kepercayaan saja?

Ternyata, pernyataan di atas memang benar adanya. Buktinya, para ahli menyatakan bahwa tidur telanjang terbukti memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Berikut Go Dok paparkan beberapa manfaatnya agar Anda tidak perlu ragu lagi untuk menanggalkan pakaian setiap kali akan tidur:

1. Mencegah insomnia

Sering terjaga dan susah tidur di malam hari? Bisa jadi, Anda menderita insomnia. Untuk menanganinya, cobalah untuk terlelap tanpa mengenakan busana. Sebab, cara demikian dianggap ampuh untuk menjaga kesejukan permukaan kulit yang erat kaitannya dengan tingkat pulasnya tidur.

Hal ini sejalan dengan hasil penelitian di Australia yang menyebutkan bahwa penggunaan baju tidur justru dapat membuat panas terperangkap di permukaan kulit. Hasilnya, suhu tubuh pun akan turut beranjak naik sehingga Anda cenderung akan terjaga semalaman.

(Baca: Insomnia)

2. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Tahukah Anda, bahwa tidur tanpa busana –apalagi tanpa pakaian dalam- ternyata baik bagi kesehatan organ reporduksi pria dan wanita? Ya, bagi kaum hawa, kebiasaan baik ini terbukti mampu menurunkan risiko vagina terkena yeast infection.  Sedangkan bagi kaum pria, tidur tanpa benang sehelai pun ternyata berdampak baik bagi kesehatan testis yang erat kaitannya dengan kualitas sperma yang dihasilkan. Hebat, bukan?

(Baca: Para Pria, Ini Dia Makanan Peningkat Stamina di Ranjang!)

3. Membuat tubuh awet muda

Ingin memiliki tubuh yang terlihat awet muda? Maka, tidur tanpa pakaian bisa jadi jawaban yang selama ini Anda cari-cari. Alasannya tidak lain karena pada suhu 19-21 derajat celcius -suhu yang tubuh dapatkan tanpa pakaian-, hormon HGH (Human Growth Hormone) dan melatonin akan diproduksi secara maksimal. Dua hormon inilah yang dipercaya sejak lama sebagai katalisator penting dalam proses detoksifikasi serta peremajaan sel-sel tubuh. Hebat, bukan?

(Baca: Ingin Terlihat Awet Muda? Lakukan 4 Hal Sederhana Ini!)

4. Menurunkan risiko diabetes

Siapa sangka bahwa kebiasaan yang terlihat sepele ternyata dapat membuat kita terhindar dari penyakit mematikan, seperti diabetes? Ternyata, dengan tidur tanpa pakaian, Anda telah merangsang pertambahan jumlah brown fat –jaringan lemak berwarna kecoklatan yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme lemak serta glukosa darah. Hal inilah yang kemudian diutarakan oleh Diabetes Journal Amerika Serikat  sebagai penyebab turunnya risiko seseorang menderita diabetes.

(Baca: Anda Menderita Diabetes? Berikut Makanan yang Dapat Anda Konsumsi)

5. Pain reliever alami

Jarang yang mengetahui bahwa tidur tanpa busana serta pakaian dalam ternyata ampuh untuk merelaksasi sistem saraf visera abdomen. Hasilnya, sisrkulasi darahpun akan semakin lancar sehingga Anda terhindar dari ketegangan saraf hingga sakit di area punggung dan pinggang.

6. Meningkatkan produksi hormon oksitoksin

Ingin hubungan dengan pasangan selalu romantis? Maka, biasakanlah untuk tidur tanpa pakaian. Eits, jangan berpikiran yang tidak-tidak, ya! Faktanya, sentuhan langsung antara kulit dengan kulit terbukti dapat merangsang pelepasan hormon oksitoksin –atau hormon cinta- di dalam tubuh. Jika sudah begitu, Anda akan terhindar dari stres dan cemas. Tidak hanya itu, Anda dan pasangan juga akan tetap romantis sebab tingginya jumlah oksitoksin berbanding lurus dengan stabilnya gairah seksual. Mau?

Itu tadi 6 manfaat tidur telanjang yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!