6 Manfaat Senam Zumba Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat senam zumba

GoDok- Manfaat senam zumba- Sejak beberapa tahun yang lalu, muncul tren olahraga terbaru di kalangan wanita. Apa lagi jika bukan senam zumba. Konon, jika dibandingkan dengan senam jenis lainnya, zumba memiliki manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan.

Apa saja manfaat senam zumba yang dimaksud? Berikut poin lengkapnya:

1. Membakar lemak berlebih

Manfaat senam zumba yang pertama adalah untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh. Kabar baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet, bukan? Ya, jika dilakukan secara optimal, senam zumba yang melibatkan gerakan seluruh anggota tubuh ini dijamin dapat membakar lemak berlebih di beberapa bagian tubuh, sebut saja bokong, paha, dan lengan bagian atas. Mau?

2. Menyehatkan jantung

Selain efektif untuk membentuk tubuh yang ideal, senam zumba juga baik untuk menyehatkan jantung. Bagaimana tidak! Gerakan zumba yang cepat dan bervariasi terbukti dapat memicu peredaran darah agar berjalan lebih optimal. Dampaknya, Anda akan terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau gagal jantung.

3. Menguatkan otot

Hayo, ngaku! Apa Anda sering merasa terganggu oleh tampilan beberapa bagian tubuh yang terlihat tidak singset, malah terkesan menggelambir? Jika ya, maka segera atasi hal ini dengan senam zumba. Ternyata, zumba yang dipraktikkan secara teratur terbukti dapat menguatkan otot tubuh. Ingat! Semakin kuat otot tubuh Anda, maka semakin sedikit pula lemak yang menempal padanya. Mau?

4. Melenturkan tubuh

Manfaat senam zumba yang selanjutnya untuk melenturkan tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia, sendi-sendi tubuh akan mulai kehilangan fleksibilitasnya. Karenanya, jangan heran jika kemudian cedera sendi banyak menimpa para lansia. Nah, tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Karenanya, jangan segan untuk rutin mencoba senam zumba -setidaknya 2 kali dalam seminggu. Cara ini dijamin ampuh untuk menjaga kelenturan sendi Anda, lho!

5. Menstabilkan tekanan darah

Mungkin Anda mengira bahwa demi menstabilkan tekanan darah, asupan makanan merupakan satu-satunya faktor yang harus dijaga. Padahal, aktivitas fisik juga harus diperhatikan, lho! Karenanya, jangan ragu lagi untuk mencoba senam zumba. Selain dapat menciptakan perasaaan bahagia, senam zumba juga dapat menghindarkan Anda dari risiko mengalami hipertensi.

6. Mencegah stres dan depresi

Manfaat senam zumba yang terakhir adalah untuk mencegah stres dan depresi. Hal ini ternyata berkaitan dengan fakta bahwa senam zumba -layaknya olahraga jenis lainnya- dapat merangsang produksi hormon serotonin. Nah, semakin banyak serotonin yang diproduksi, maka akan semakin bahagia pula perasaan Anda. Hasilnya, bye-bye stres dan depresi!

Itu tadi 6 manfaat senam zumba yang harus Anda ketahui. Khusus bagi Anda yang sudah berusia lanjut, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu durasi dan frekuensi zumba dengan dokter. Sebab, terlalu berlebihan dalam mempraktikkan olahraga ini juga tidak dianjurkan karena dapat memicu keluhan medis yang lain. Namun, bagi Anda yang masih muda, jangan lagi cari-cari alasan untuk tidak mencoba zumba, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.