6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Minyak zaitun sudah dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat; khususnya bagi kecantikan kulit wajah. Apa saja sih manfaatnya?

GoDokManfaat Minyak Zaitun untuk Wajah – Sejak ribuan tahun lalu di berbagai belahan dunia, minyak zaitun sudah dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat; khususnya bagi kecantikan kulit wajah. Apa saja sih manfaatnya?

Berikut Go Dok paparkan 6 manfaat minyak zaitun untuk wajah yang harus Anda ketahui:

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

1. Mencegah keriput

Pertama, manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah mencegah timbulnya keriput. Sudah menjadi rahasai umum bahwa minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan senyawa anti-oksidan. Karenanya, tidak heran jika kemudian pemakaian minyak zaitun secara teratur dapat menangkal dampak buruk paparan radikal bebas, termasuk timbulnya keriput.

Caranya? Selain dengan menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasar masker yang digunakan sehari-hari, Anda juga bisa mengganti penggunaan minyak goreng biasa dengan ‘si kuning’ kaya manfaat demi mendapatkan hasil yang lebih optimal. Jadi, mau pilih cara yang mana?

2. Mengatasi kulit kemerahan

Kedua, manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu mampu mengatasi kulit kemerahan. Kesal karena kulit wajah terlihat kemerahan akibat paparan sinar matahari? Jangan khawatir! Segera atasi permasalah ini dengan minyak zaitun. Anda cukup membalurkan beberapa tetes minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah, lalu pijat dengan lembut dan diamkan beberapa saat sampai benar-benar terserap oleh pori-pori kulit.

Jangan lupa untuk membilas wajah dengan air dingin setelahnya, ya!

(Baca: Masalah Kulit Lansia yang Siap Mengintai Anda)

3. Memudarkan bekas jerawat

Ketiga, manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah dapat memudarkan bekas jerawat. Jika membicarakan problematika yang menimpa kulit wajah, maka jerawat sudah pasti menjadi salah satu poin pembahasannya. Selain menimbulkan sensasi nyeri dan perih, jerawat juga seringkali membuat Anda tidak percaya diri karena flek hitam yang ditinggalkannya susah sekali untuk dihilangkan.

Eits, jangan risau! Kembalikan putih cerahnya kulit wajah Anda dengan minyak zaitun. Caranya, usapkan minyak zaitun ke bekas jerawat setiap kali akan tidur. Niscaya, Anda akan langsung melihat perubahan positifnya di pagi hari.

4. Melembapkan kulit

Keempat, manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah melembapkan kulit. Bagi Anda yang tinggal di area perkotaan, kulit kering seringkali menjadi keluhan tersendiri. Bagaimana tidak! Padatnya aktivitas keseharian Anda di luar ruangan akan membuat kulit secara perlahan kehilangan kelembapan alaminya.

Karenanya, segera atasi permasalahan ini dengan rutin mengaplikasikan minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit wajah. Cara lainnya, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke air hangat yang kemudian digunakan untuk membilas wajah. Mudah, bukan?

(Baca: Ini Dia Cara Ampuh Jaga Kelembapan Kulit di Ruangan Ber-AC)

5. Exfoliator  alami

Kelima, manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu sebagai exfoliator alami. Tahukah Anda, bahwa menumpuknya sel kulit mati dapat memicu beberapa permasalahan kulit wajah, seperti jerawat dan kulit yang terlihat kusam? Untuk menghindarinya, Anda disarankan untuk mencoba menggunakan minyak zaitun sebagai exfoliator sehari-hari.

Caranya, aplikasikan beberapa tetes minyak zaitun ke kulti wajah; lalu bersihkan dengan kapas. Ssst, cara ini juga dapat Anda praktikkan setelah menggunakan toner, lho! Selamat mencoba!

6. Mengatasi kulit berminyak

Terakhir, manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah untuk mengatasi kulit berminyak. Walapun terkesan janggal, namun pemakaian minyak zaitun secara teratur terbukti dapat mengontrol produksi sebum pada kulit wajah.

(Baca: 5 Manfaat Wajah Berminyak yang Harus Anda Ketahui)

Itu tadi 6 manfaat minyak zaitun untuk wajah. Terbukti, bukan; bahwa untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik, Anda tidak memerlukan perawatan mahal? Semoga bermanfaat!