6 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

manfaat minyak zaitun
Manfaat minyak zaitun bagi tubuh memang tidak bisa dielakkan lagi. Lengkapnya, berikut Go Dok paparkan 6 manfaat minyak zaitun bagi  kesehatan Anda dan keluarga:

GoDokManfaat Minyak Zaitun – Tahukah Anda, bahwa di zaman Yunani Kuno, minyak zaitun dijuluki “emas cair”? Sebab, selain warnanya yang memang bening keemasan, manfaat minyak zaitun bagi kesehatan memang sudah dikelnal secara turun temurun. Beberapa manfaat minyak zaitun diantaranya adalah untuk merawat kecantikan wajah, hingga meningkatkan gairah seksual.

Lengkapnya, berikut Go Dok paparkan 6 manfaat minyak zaitun bagi Anda dan keluarga:

1. Menjaga sistem peredaran darah

Selain sebagai penyedap rasa dalam semangkuk salad, minyak zaitun ternyata dapat dimanfaatkan untuk menjaga peredaran darah Anda. Caranya? Dalam mencegah peningkatan tekanan darah yang bisa berujung pada pecahnya pembuluh arteri Anda, minyak ini akan meningkatkan elastisitas arteri itu sendiri. Tak hanya itu, minyak zaitun dapat pula mengurangi kadar asam nitrit -perangsang naiknya tekanan darah pada penderita hipertensi- di dalam tubuh Anda. Hebat, bukan?

(Baca: Jika Menderita Hipertensi, Anda Wajib Tahu 9 Makanan Ini)

2. Merawat kulit wajah

Ini dia salah satu manfaat yang membuat minyak zaitun digandrungi para wanita sejak dulu; merawat kecantikan wajah! Jika digunakan rutin setiap harinya, bahan alami ini dapat mencegah dan mengatasi datangnya jerawat, mengangkat kotoran-kotoran di wajah, meminimalisir risiko wajah terkena dampak buruk dari bakteri yang hinggap sehari-hari. Tak berhenti di situ, minyak ini juga dipercaya mampu mengatasi kulit berminyak, lho! Khasiat ini bisa Anda dapat dengan rajin mengaplikasikan minyak zaitun sebagai pembersih wajah ataupun sebagai masker wajah.

(Baca: Waspadai Masalah Kulit Pada Lansia)

3. Menurunkan risiko terjadinya kanker

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kanker merupakan salah satu penyumbang kematian terbanyak di dunia. Nah, menurut sebuah penelitian yang digawangi oleh para ilmuwan bidang nutrisi, yaitu Paul Breslin, David Foster, dan Onica LeGendre, Extra Virgin Olive Oil (EVOO) ternyata dapat membunuh sel-sel kanker. Bagaimana bisa? Hal ini dilakukan oleh suatu kandungan di dalamnya, yang disebut oleocanthal. Kandungan tersebut dapat menyebabkan pecahnya bagian dari sel-sel kanker sehingga enzim di dalam sel terlepas. Enzim inilah yang kemudian menyebabkan kematian sel-sel kanker tersebut, tanpa membahayakan sel-sel sehat lainnya. Dengan cara ini, sel-sel kanker dibunuh oleh enzim mereka sendiri.

(Baca: Katakan Tidak Pada Kanker di Hidup Anda!)

4. Menjaga tubuh tetap awet muda

Mungkin tak ada yang menyangka bahwa kandungan minyak zaitun dapat pula menjaga kesehatan tulang dan keremajaan kulit Anda. Faktanya, si “emas cair” dapat Anda gunakan untuk mencegah timbulnya keriput pada wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya. Hal ini dikarenakan senyawa squalen di dalamnya mampu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit Anda. Tak hanya itu, komponen fenolik bernama Oleuropein pada minyak zaitun dapat pula mencegah keroposnya tulang yang terkait dengan osteoporosis. Caranya? Oleoropein meningkatkan pembentukan osteoblas -sel pembentuk tulang- dari sel induk sumsum tulang Anda. Untuk hasil maksimal dalam mempertahankaan kepadatan tulang, yuk konsumsi minyak zaitun secara rutin dengan diet Anda!

(Baca: Ingin Terlihat Awet Muda? Lakukan 4 Hal Sederhana Ini!)

5. Mencegah diabetes

Biasa dikenal dengan nama kencing manis, penyakit satu ini timbul akibat tubuh kehilangan kontrol atas kadar gula di dalam darah. Nah, pada beberapa tahun terakhir ditemukan bahwa diet yang kaya akan minyak zaitun, karbohidrat, serta serat larut dari buah dan sayuran, efektif untuk mengurangi risiko terjadinya diabetes. Hal ini membantu tubuh dalam menurunkan sekaligus meningkatkan kontrol terhadap kadar gula darah. Tak hanya itu, si kuning berkhasiat ini juga efektif dalam meningkatkan sensitivitas insulin, lho!

(Baca: Anda Menderita Diabetes? Berikut Makanan yang Dapat Anda Konsumsi)

6. Menutrisi dan melembapkan rambut

Terakhir, jika Anda memiliki rambut yang kasar, kusam, dan kering, minyak zaitun dapat membantu dalam mengatasinya. Bagaimana caranya? Kandungan asam lemak dalam minyak zaitun dapat membantu tubuh mengembalikan kilau dan kelembapan rambut. Maka itu, tak heran bukan bila para wanita Yunani dan Timur Tengah memiliki rambut lebat nan indah? Sebab, mereka rajin mengoleskan minyak dari buah asli daerah itu pada rambut mereka setiap harinya. Anda mau?

(Baca: Bahan Alami Lebatkan Rambut Bayi)

Nah, itu dia 6 khasiat dari minyak zaitun. Semoga bermanfaat, ya!

Comments are closed.