Jangan Asal! Berikut 6 Makanan yang sebaiknya Dihindari Saat Berbuka

makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka
Tahukah Anda bahwa terdapat 6 makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka? Berikut penjelasan lengkapnya:

GoDok – Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berpuasa- Setelah menahan dahaga dan lapar seharian, banyak orang yang kemudian melahap berbagai macam makanan dan minuman saat berbuka puasa. Sebenarnya, hal ini normal saja dilakukan; sebab setelah berpuasa seharian, semua makanan dan minuman yang tersaji nampak lezat dan menggugah selera. Tapi, tahukah Anda bahwa terdapat 6 makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka? Berikut penjelasan lengkapnya:

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka

1. Pisang

Makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka yang pertama adalah pisang. Lho, kok bisa? Bukankah buah ini paling sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam kolak?

Ternyata, konsumsi pisang saat perut kosong seharian terbukti dapat meningkatkan kadar magnesium dalam darah. Inilah yang tidak baik bagi kesehatan jantung Anda. Solusinya, jika konsumsi pisang saat berbuka tidak bisa dihindari, maka selalu perhatikan jumlahnya agar tidak terlalu banyak, ya!

2. Yoghurt

Ternyata, mengonsumsi produk olahan susu -apalagi yang sudah mengalami proses fermentasi seperti yoghurt- terbukti dapat meningkatkan kadar keasaman lambung. Apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong setelah berpuasa seharian, yoghurt akan membuat Anda merasakan sensasi nyeri di area sekitar perut.

(Baca: Sakit Maag? Ini Panduan Lengkap Puasa bagi Penderita Maag)

3. Mentimun

Jarang yang mengetahui bahwa mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan senyawa asam amino. Karenanya, konsumsi mentimun secara berlebihan kala berbuka akan membuat perut terasa kembung, begah, dan tidak nyaman.

Sebenarnya, sah saja jika Anda ingin mengonsumsi beberapa iris mentimun sebagai lalapan. Tapi, selalu pastikan bahwa porsinya tidak terlalu banyak, ya!

4. Minuman bersoda & kafein

Selanjutnya, makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka yaitu konsumsi minuman bersoda dan kafein saat berbuka. Mengapa? Selama berpuasa, lambung Anda dipaksa untuk kosong selama beberapa jam. Karenanya, ketika berbuka, Anda disarankan untuk mengawalinya dengan air hangat. Tujuannya tidak lain agar lambung tidak ‘kaget’ dengan masuknya cairan atau makanan.

Lalu, apa hubungannya dengan berbuka yang diawali oleh konsumsi minuman bersoda atau kafein? Ternyata, kandungan karbon dalam minuman bersoda serta kafein terbukti dapat membuat lambung terasa penuh, kembung, dan begah. Belum lagi dengan risiko meningkatnya produksi asam lambung yang tentunya berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit maag. Karenanya, jangan asal, ya!

(Baca: Bahaya! Jangan Asal Minum Soda!)

5. Gorengan

Siapa sih yang tidak menggemari gorengan? Selain kaya akan jenis -sebut saja tahu goreng, mendoan, bakwan, dll-, gorengan juga digemari karena rasanya yang gurih. Karenanya, tidak heran jika kemudian banyak yang menjadikan gorengan sebagai menu awal ketika berbuka puasa.

Padahal, pilihan ini dirasa kurang bijak jika dilihat dari kaca mata medis, lho! Alasannya tidak lain karena gorengan dapat membuat perut terasa penuh. Hasilnya, Anda akan malas mengonsumsi makanan lain yang mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Naah, karena alasan itu gorengan menjadi makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka.

6. Makanan yang mengandung gas

Terakhir, makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka adalah bahan pangan yang mengandung gas, seperti kol, ketan, dan pisang ambon. Penyebabnya tidak karena konsumsi makanan ini dapat memicu timbulnya perasaan tidak nyaman pada perut.

(Baca: Gorengan, Si Nikmat Sumber Penyakit)

Itu tadi 6 makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka. Semoga bermanfaat!