6 Kebiasaan Makan yang Membuat Badan Anda ‘Melar’

Memiliki bentuk badan yang ideal sudah barang tentu menjadi impian semua orang, terutama kaum hawa. Selain karena alasan estetika, badan yang ideal juga sering disangkut pautkan dengan perkara kesehatan. Karenanya, banyak wanita yang kemudian rela mencoba berbagai cara demi mendapatkan tubuh idaman, mulai dari berolahraga hingga mencoba berbagai jenis diet.

Ternyata, mendapatkan tubuh idaman, Anda juga diharuskan untuk mengubah gaya hidup, termasuk kebiasaan makan harian. Lho, kok bisa? Usut punya usut, kebiasaan makan tertentu bukan hanya dapat membuat tubuh Anda melar, tapi juga dapat merusak kesehatan organ-organ dalam, seperti lambung dan usus.

Penasaran kebiasaan makan apa saja yang harus dihindari demi mendapatkan raga yang indah dan sehat? Yuk, simak poin lengkapnya berikut ini:

1. Makan porsi besar sekaligus

Kebiasaan makan pertama yang harus dihindari jika Anda menginginkan tubuh yang sehat dan indah adalah makan dalam porsi besar secara sekaligus. Mengapa? Karena hal ini bukan hanya memicu obesitas, tapi juga diabetes. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mount Sinai School of Medicine yang menyatakan bahwa kebiasan makan banyak dalam waktu singkat terbukti dapat memicu timbulnya  gangguan pada fungsi sinyal insulin di otak. Akibatnya, insulin tidak dapat bekerja secara efektif dalam melakukan pemecahan lemak di jaringan adiposa.

2. Makan meskipun sudah kenyang

Tahukah Anda, apa itu SDA? SDA (Specific-Dynamic Action) merupakan jumlah energi yang dikeluarkan tubuh untuk memproses makanan yang dikonsumsi. Nah, ketika Anda terus makan meskipun perut sudah kenyang, nilai SDA tubuh akan meningkat secara tajam. Hasilnya, Anda akan merasa malas beraktivitas sebab tubuh telah mengeluarkan banyak energi demi mencerna makanan. Tentunya, Anda paham bukan akan hubungan antara malas beraktivitas dengan pola makan berlebih? Ya; kegemukan!

3. Melewatkansarapan

Seperti yang telah kita ketahui, sarapan merupakan jam makan yang paling penting. Alasannya tidak lain karena energi yang Anda dapatkan dari sarapan akan digunakan tubuh untuk beraktivitas seharian. Lalu, apa jadinya kalau Anda melewatkan sarapan? Tubuh yang terus beraktivitas akan kekurangan energi sehingga Anda pun cenderung akan makan berlebih di siang hari. Mengerikan, bukan?

4. Ngemil di malam hari

Ayo, absen! Siapa di antara Anda yang terbiasa ngemil di malam hari? Jika iya; maka ada baiknya untuk mulai menghindari kebiasaan yang satu ini. Alasannya karena metabolisme tubuh cenderung melambat di malam hari. Nah, jika Anda terbiasa mengemil di malam hari; apalagi jika bahan pangan yang dikonsumsi kaya akan lemak dan gula, tubuh akan mengonversi karbohidrat menjadi tumpukan lemak. Akhirnya, berat badan lambat laun akan bertambah.

5. Makan sambil menonton TV

Makan sambil menonton tv memang nikmat sekali. Tapi, kebiasaan ini ternyata dapat membuat berat badan naik. Sadarkah Anda, bahwa ketika memutuskan untuk makan sambil menonoton acara tv kesayangan, perhatian dan fokus Anda akan terbagi-bagi? Hal inilah yang menyebabkan Anda akan terus makan tanpa menyadari bahwa perut sudah kenyang.

6. Terlalu banyak memakan makanan sehat

Anda pasti bingung; kenapa mengonsumsi banyak makanan sehat justru buruk bagi tubuh? Seperti yang dikutip dari Journal of the American Medical Association, makanan sehat, seperti alpukat, oatmeal, dan sayuran hijau tetap mengandung kalori. Nah, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut, tubuh tetap akan mengubah kalori berlebih menjadi lemak. Hasilnya, bukannya berkurang, berat badan justru akan bertambah.

Semoga bermanfaat!