6 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Tenggorokan

mengatasi sakit tenggorokan
Meskipun terdengar biasa, namun sebenarnya faringitis -istilah medis untuk sakit tenggorokan- bisa membawa penyakit lain yang lebih parah, lho! Karenanya, akan lebih baik jika Anda cepat mengobati kondisi peradangan yang satu ini.

GoDokMengatasi Sakit TenggorokanTentunya hampir semua orang pernah mengalami sakit atau radang tenggorokan. Sebab, kondisi ini dapat menyerang siapa saja, di mana saja, dan pada usia berapapun. Entah mereka adalah kawula muda, paruh baya, atau lansia. Malah, saking seringnya penyakit ini muncul pada setiap orang, kebanyakan penderitanya menjadi masa bodoh dan membiarkan radang tenggorokan hilang dengan sendirinya. Eits, jangan salah! Meskipun terdengar biasa, namun sebenarnya faringitis -istilah medis untuk sakit tenggorokan- bisa membawa penyakit lain yang lebih parah., lho! Karenanya, akan lebih baik jika Anda cepat mengobati kondisi peradangan yang satu ini. Selain melalui obat-obat pereda radang yang banyak dijual di apotik, ternyata ada pula cara-cara sederhana untuk mengatasi sakit tenggorokan. Penasaran apa saja? Yuk, simak daftar berikut ini!

6 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Tenggorokan

1. Banyak minum air hangat

Cara yang pertama untuk mengatasi sakit tenggorokan amatlah sederhana, dan merupakan kepercayaan sejak lama. Selama menderita radang tenggorokan, gantilah minuman Anda, dari air mineral biasa menjadi air hangat. Ingatlah, banyak meminum air adalah kunci utama hilangnya radang, karena Anda harus tetap terhidrasi. Tak hanya air hangat, teh atau air kaldu hangat juga disarankan.

(Baca: Mengenal Jenis Teh dan Khasiatnya)

2. Hindari asap rokok

Baik Anda seorang perokok aktif maupun pasif, hindarilah asapnya selama Anda menderita radang tenggorokan. Mengapa? Sebab, paparan asap dan zat kimia rokok yang masuk dari hidung atau mulut juga akan melewati tenggorokan Anda. Karena itu, berhentilah merokok dan hindari paparan asapnya sebisa mungkin, ya!

(Baca: Dampak Buruk Asap Rokok pada Si Kecil)

3. Perbanyak istirahat

Seringkali, munculnya radang tenggorokan merupakan tanda bahwa tubuh Anda memang terserang suatu bakteri atau virus penyebab penyakit. Kemungkinan besar hal ini juga disebabkan oleh lemahnya sistem imun Anda. Karenanya, banyak-banyaklah beristirahat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Tidurlah secukupnya (8-9 jam), kurangi aktivitas, dan hindari menguras tenaga secara berlebihan. Utamakan pula mengonsumsi makanan yang berkuah dan berkaldu hangat, seperti sop sayur atau sup ayam.

(Baca: Sop Ayam dapat Menyembuhkan Flu? Mitos atau Fakta?)

4. Konsumsi madu

Selanjutnya untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan konsumsi madu. Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat madu adalah mengobati radang tenggorokan. Padahal sejak berabad-abad lalu, konsistensi madu dipercaya sangat baik untuk meredakan radang dan panas di tenggorokan Anda. Selain itu, madu juga dapat melapisi tenggorokan dan melawan bakteri penyebab radang yang mungkin bersembunyi di sana. Tak hanya radang, madu juga dipercaya baik untuk meredakan batuk dan penyakit terkait tenggorokan serta paru-paru. Cara penggunaannya? Mudah saja, Anda tinggal mencampurkan satu sendok makan madu dengan air hangat. Minumlah campuran tersebut selagi hangat, dan segera rasakan maanfaatnya.

(Baca: 5 Manfaat Madu; Si Manis yang Kaya Manfaat)

5. Minum air garam

Meskipun belum ada penjelasan medis yang mendukung pengobatan alami ini, namun air garam terbukti ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Beberapa orang bilang, kandungan natrium di dalamnya memang baik untuk meredakan radang. Untuk penggunaannya, Anda cukup mencampur garam dengan segelas kecil air hangat. Minumlah air campuran tersebut, dan rasakan kehangatannya.

6. Berhenti mengonsumsi minuman beralkohol

Terakhir untuk mengatasi sakit tenggorokan, jika Anda tengah menderita radang tenggorokan, berhentilah mengonsumsi minuman beralkohol untuk sementara. Sebab, alkohol juga ditengarai sebagai salah satu penyebab datangnya penyakit ini. Alih-alih menyembuhkan, mengonsumsinya hanya akan memperparah keadaan Anda.

(Baca: 5 Langkah Jitu Hentikan Kebiasaan Menenggak Miras)

Nah, itu dia cara sederhana mengatasi sakit tenggorokan. Ingat, karena penyakit ini menular, selalu bersihkan tangan Anda dan barang yang baru saja Anda sentuh. Jangan sampai orang lain ikut terkena radang, ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Comments are closed.