6 Cara Sederhana Atasi Anyang-Anyangan

cara sederhana atasi anyang-anyangan
Anyang-anyangan merupakan suatu gejala infeksi saluran kemih yang mnyebabkan Anda terus-terusan merasa perlu buang air kecil. Mari praktikan 6 Cara sederhana atasi anyang-anyangan berikut ini

GoDokCara Sederhana Atasi Anyang-Anyangan – Pernahkah Anda merasa sangat ingin buang air kecil, tetapi saat di kamar mandi, ternyata urin yang keluar hanya sedikit? Atau pernahkah Anda berkali-kali menahan buang air kecil hingga pinggang rasanya sakit? Hmm… tidak salah lagi, Anda tentu sedang mengalami kondisi yang disebut anyang-anyangan. Biasanya, kondisi ini dihubungkan dengan kebiasaan sering menahan kencing serta dehidrasi pada tubuh. Benarkah seperti itu?

Sekilas tentang anyang-anyangan

Sejatinya, anyang-anyangan merupakan suatu gejala infeksi saluran kemih yang mnyebabkan Anda terus-terusan merasa perlu buang air kecil. Banyak yang mengaitkan kondisi ini dengan kurangnya cairan dan mineral dalam tubuh; yang sering disebut dengan istilah dehidrasi. Hal ini dapat dibenarkan, dan karenanya, harus dipastikan bahwa tubuh Anda memiliki asupan air yang cukup setiap hari.

Perlukah kondisi ini diwaspadai dan dikhawatirkan? Tentu perlu. Sebab, gejala yang kemudian muncul sangatlah tidak enak untuk dirasakan. Jika terkena anyang-anyangan, Anda akan merasakan sensasi terbakar atau panas pada saluran kemih, yang kemudian membuat Anda merasa mulas dan pusing. Selain itu, jika diiringi dengan nyeri pinggang, anyang-anyangan bisa pula menjadi indikasi adanya penyakit kencing batu. Hati-hati! Penyakit ini akan mengakibatkan proses pengeluaran urin tidak berjalan lancar dan menimbulkan rasa sakit pada saluran kemih. Hasilnya, sisa metabolisme akan mengendap dikarenakan kurangnya mengonsumsi air putih dan munculah batu di saluran kemih yang menyebabkan nyeri pada pinggang.

Maka itu, jika Anda merasakan nyeri pada pinggang dan perut bagian bawah, warna urin berubah menjadi keruh, dan demam, segeralah hubungi dokter. Akan tetapi, jika hasilnya negatif dan tidak terdapat bakteri, anda kemungkinan mengalami overactive bladder yang membuat Anda tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kondisi ini?

6 cara sederhana atasi anyang-anyangan yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan kondisi yang sangat menggangu ini adalah sebagai berikut:

1. Banyak meminum air putih

Telah dikatakan sebelumnya bahwa anyang-anyangan umumnya disebabkan oleh dehidrasi.  Tentunya Anda setuju bahwa mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh adalah jalan untuk menyembuhkan kondisi tersebut. Karenanya, saat menderita anyang-anyangan, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi cairan lebih banyak dari biasanya.

(Baca: Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?)

2. Jangan menahan buang air kecil

Banyak orang yang memilih untuk menahan buang air kecil karena terlalu sibuk atau alasan lainnya. Janganlah tahan, segeralah ke toilet. Semakin sering Anda menunda untuk buang air kecil, bakteri akan semakin menumpuk pula di saluran kemih Anda sehingga kemungkinan timbulnya infeksi menjadi lebih besar.

(Baca: Bahaya! Jangan Pernah Menahan Buang Air Kecil!)

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Masalah kesehatan sering muncul karena faktor makanan yang dikonsumsi tidak bagus. Karena itu, jauhilah makanan yang mengandung terlalu banyak bumbu, nikotin, alkohol, kafein, dan pemanis buatan. Sebab, makanan-makanan tersebut dapat membuat kandung kemih mengalami iritasi. Selain itu, ada  bagusnya jika Anda mulai mengonsumsi banyak serat. Demi kesehatan, kenapa tidak?

4. Mengompres dengan sumber panas

Biasanya, anyang-anyangan akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian kemaluan. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, kompreslah bagian pinggul ke bawah selama 15 menit. Kompres bagian tersebut dengan sesuatu yang panas atau hangat, seperti handuk yang dibasahi air hangat atau botol yang telah diisi air hangat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantal pemanas.

5. Menjaga kebersihan alat kelamin

Ketika Anda selesai buang air kecil, dan membasuh kemaluan dengan air bersih, jangan lupa untuk mengeringkan pula alat kelamin Anda dengan handuk atau tisu. Hal ini bertujuan agar bakteri dari anus tidak kemudian pindah ke vagina sehingga memperparah infeksi saluran kemih. Karenanya, yuk jaga kemaluan agar jangan lembap dan tetap bersih!

Nah, jika Anda rajin menerapkan poin-poin di atas, tentunya masalah anyang-anyangan hanya tinggal cerita lama. Semoga bermanfaat!