6 Cara Hindari Pengaruh Miras

hindari pengaruh miras
 Pengaruh miras memang sangat berdampak buruk untuk hidup Anda. Jadi, bagi Anda yang belum kecanduan miras sebaiknya Anda pertahankan kondisi tersebut dengan mantapkan niat dan praktikan cara hindari pengaruh miras berikut.

GoDokHindari Pengaruh Miras – Pernahkah Anda mengonsumsi minuman beralkohol, alias miras? Jika dilihat dari segi medis dan kesehatan, mengonsumsi minuman beralkohol sesekali dengan dosis yang minim dan dalam waktu yang jarang, sebenarnya tidak terlalu bermasalah seperti misalnya meminum wine (sari anggur yang telah difermentasi) dikatakan baik untuk kesehatan tubuh jika diminum dalam batas yang wajar. Namun, bagaimana jika Anda kemudian terseret terlalu jauh dan akhirnya memiliki kebiasaan menenggak miras?

Nah, bagi Anda yang belum kecanduan, akan lebih baik jika Anda mempertahankan kondisi tersebut. Lebih baik Anda melakukan pencegahan sejak dini, agar hidup Anda tetap sehat dan terbebas dari dampak mengonsumsi alkohol yang berlebihan. Caranya? Mantapkan niat Anda dancara hindari pengaruh miras berikut :

1.  Bergaulah dengan orang-orang yang positif    

Cara hindari pengaruh miras yang harus Anda lakukan adalah, temukan lingkungan pertemanan dan pergaulan yang tidak berurusan dengan miras. Mengapa? Sebab, kebiasaan dan perilaku seseorang biasanya ditentukan oleh lingkungan dan pergaulan. Karena itulah, akan lebih baik jika Anda bergaul dengan mereka yang melakukan hal-hal positif, seperti kelompok hobi  kegiatan kemanusiaan, rajin belajar, dan sering beribadah. Kece, kan?

2. Lakukan hobi yang positif

Setelah resmi bergabung dengan “geng positif”,  Anda juga harus turut melakukan kegiatan yang sifatnya membangun. Carilah kesibukan atau hobi yang positif, dan bisa Anda lakukan bersama komunitas tertentu. Ketika sibuk dengan hal-hal yang digemari, Anda akan memberikan energi positif yang dapat diterima oleh tubuh untuk mengajak Anda pada perbuatan yang positif pula. Tentunya, hal ini juga akan menjauhkan Anda dari kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti mengonsumsi alkohol. Betul, tidak?

3.  Jalani pola hidup dan makan yang sehat

Nah, hal penting selanjutnya untuk hindari pengaruh miras, Anda perlu memiliki pola hidup, makan dan minum yang sehat! Perbanyaklah mengonsumsi sayuran, buah-buahan, serta panganan lain yang kaya akan protein dan vitamin guna menjaga kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang panjang.  Anda juga harus memperbanyak konsumsi air putih, alih-alih minuman keras, dan mengingat pentingnya hal ini bagi tubuh. Jangan lupa, sesekali Anda perlu juga meminum teh atau kopi untuk merelaksasikan pikiran. Terakhir, semua hal itu tidak akan lengkap jika tidak diimbangi dengan olahraga. Jadi, jangan lupa pula lakukan olahraga secara rutin dan teratur, ya!

(Baca: Hanya Mengonsumi Sayur dan Buah, Sehatkah?)

4. Kurangi pergi ke tempat dunia gemerlap

Seringkah Anda pergi ke tempat-tempat dunia gemerlap malam, alias tempat dugem? Seperti bar atau club? Nah, wajib nih mengurangi pergi ke tempat-tempat seperti itu! Kalau perlu, hindari, ya! Karena walau mungkin terasa menyenangkan, namun hal ini bisa saja mempengaruhi Anda untuk mulai mengonsumsi minuman beralkohol. Tentunya, Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

5. Jangan lampiaskan perasaan pada alkohol

Beberapa orang yang sedang merasa sedih, stress, dan tidak memiliki siapapun untuk mengadukan masalah tersebut mungkin berpikir bahwa menenggak alkohol merupakan pelampiasan  terbaik. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, lebih baik pikirkan kembali cara pelampiasan Anda. Sebab, dampak buruk dari hal ini justru lebih banyak dibandingkan rasa puas melampiaskan masalah yang sifatnya sementara. Akan jauh lebih baik jika Anda melakukan hal-hal positif guna melupakan masalah yang berat.

(Baca: 5 Langkah Jitu Hentikan Kebiasaan Menenggak Miras)

6.  Pahami dan ketahui dampak buruk mengonsumsi alkohol

Nah, terakhir untuk hindari pengaruh miras,  penting lho bagi Anda untuk memahami dan mengetahui bahwa mengonsumsi alkohol berlebihan atau sering itu sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mungkin Anda tidak langsung merasakan saat itu juga, namun, dampaknya akan sangat terasa kelak di usia tua nanti. Sebab, nyatanya kebiasaan menenggak miras juga dapat berbuah kanker. Karenanya,  yuk ketahui dan hindari mengonsumsi minuman beralkohol demi hidup sehat Anda!

Semoga cara hindari pengaruh miras di atas bermanfaat untuk membantu Anda menghindari kecanduan alkohol, ya! Selamat mencoba!