5 Penyakit Lansia yang Harus Dihindari Sejak Muda

penyakit lansia
Ternyata, ada 5 penyakit lansia yang siap mengintai Anda. Karenanya, yuk, jaga kesehatan agar terhindar dari penyakit lansia saat tua nanti!

GoDok Penyakit Lansia – Lansia, alias mereka yang sudah berumur lanjut, rentan sekali terkena penyakit atau terjadi masalah terhadap kesehatannya. Penting bagi Anda, yang usianya tergolong belum memasuki jenjang itu untuk tahu, lho! Mengapa hal ini penting?

Sebab dengan mengetahuinya, Anda dapat mengurangi risiko menderita penyakit lansia di masa depan; sekaligus melakukan pencegahannya sejak dini. Hal itu tentu akan membantu menjaga kesehatan Anda di usia lanjut nanti.

Berikut Go Dok paparkan 5 penyakit lansia:

1.   Osteoporosis

Mungkin banyak dari Anda yang sudah mengetahui bahwa osteoporosis adalah penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya menimbulkan kerapuhan. Menurut Asosiasi Osteoporosis Nasional, penyakit tulang yang satu ini bukan bagian dari penuaan normal, melainkan perilaku dan pola hidup yang kurang baik. Dengan kata lain, jika Anda menjalani pola hidup yang baik, sebenarnya penyakit ini dapat dicegah sejak dini. Hal ini sejalan dengan pernyataan Marie Bernard seorang Wakil Direktur pada National Institute on Aging di Maryland, bahwa untuk mencegah osteoporosis, Anda harus menghindari kebiasaan merokok, minum soda, serta mengurangi asupan alkohol. Batasi pula konsumsi makanan dengan kadar asam tinggi dan perbanyaklah mengonsumsi kalsium. Sebagai tambahan, Anda juga dapat berolahraga secara rutin di pagi hari agar mendapatkan vitamin D dari sinar matahari yang juga penting untuk pencegahan osteoporosis.

2. Penyakit pikun dan Alzheimer

Pada umumnya, semakin tua seseorang daya ingat yang dimilikinya akan semakin berkurang. Mungkin seperti yang Anda ketahui, bagi orang-orang lansia, penyakit ini sudah tidak asing lagi, bukan? Daya ingat yang menurun akan suatu hal, membuat orang itu mulai merubah kepribadian dan tingkah lakunya karena umur yang semakin tua.  Hal ini disebabkan oleh penyakit Alzheimer yang dapat mengurangi ingatan seseorang alias membuatnya pikun. Seperti halnya osteoporosis, penyakit Alzheimer sebenarnya dapat dicegah sejak dini, lho! Anda hanya tinggal mengubah pola hidup dan makan menjadi lebih sehat. Lakukan pula aktivitas yang selalu merangsang pikiran, agar otak Anda dapat terbiasa berfikir dan tidak mudah lupa. Mudah, bukan?

(Baca: Ayo, Kenali Penyebab Lupa di Usia Muda!)

3. Penyakit mulut

Akuilah, menjaga kesehatan mulut memang seringkali Anda lupakan nilai pentingnya. Padahal, jika tidak rajin merawat, di masa tua nanti akan terjadi banyak masalah yang menyebabkan Anda sulit mengunyah serta menelan makanan yang tergolong enak. Karenanya, selagi masih muda, Anda harus rajin menyikat gigi guna membersihkannya dari kotoran membantu mencegah penyakit pada mulut. Penyakit yang terjadi pada mulut umumnya sering dialami oleh orang-orang lansia yang tidak mencegahnya sejak dini. Jika hal itu semakin parah, akan dapat terkena kanker mulut atau keroposan gigi. Maka, jagalah kesehatan mulut Anda, ya!

(Baca: Aduh! Ternyata Makanan Inilah yang Menyebabkan Gigi Keropos)

4.  Arthritisatau nyeri sendi

Selain 3 penyakit diatas, arthritis atau nyeri sendi pada lutut juga umum terjadi pada orang-orang lansia. Arthritis merupakan penyebab utama dari kecacatan bagi orang-orang lansia. Oleh karena itu,untuk mencegahnya, Anda harus senantiasa menjaga berat badan agar tidak obesitas. Lakukanlah olahraga secara rutin terutama lakukanlah pemanasan dan pendinginan secara benar agar membantu mengurangi risiko terkena arthritis. Studi osteoarthritis Framingham menunjukkan bahwa penurunan berat badan bisa mengurangi risiko 50% osteoarthritis di lutut.  Selain itu, dengan mengelola berat badan, Anda juga dapat menjaga kesehatan sendi-sendi lain dan sistem kardiovaskular Anda.

5.  Penglihatan dan pendengaran berkurang

Terakhir, hal umum yang biasanya Anda lihat pada lansia adalah berkurangnya fungsi penglihatan dan pendengaran mereka, benar, bukan? Bagi orang-orang lansia, penurunan fungsi mata dan telinga adalah hal yang biasa terjadi. Masalah yang terjadi pada mata biasanya adalah katarak atau penyakit rabun. Dan pada organ telinga adalah presbiakusis atau berkurangnya fungsi pendengaran seseorang akibat gaya hidupnya sejak dulu yang berdampak di usia tua.  Nah, risiko penyakit-penyakit tersebut dapat Anda kurangi dengan olahraga secara rutin, makan makanan sehat serta menjaga kesehatan mata dan telinga.

(Baca: 6 Langkah Mudah Dapatkan Tubuh Bugar di Usia Tua)

Itu tadi 5 penyakit lansia yang harus Anda ketahui. Mengerikan, bukan? Karenanya, yuk kurangi risikonya dengan memiliki pola hidup yang sehat sejak dini! Semoga bermanfaat!