5 Panganan Penting Untuk Gigi dan Gusi yang Sehat

panganan untuk gigi dan gusi sehat
Tahukah Anda bahwa beberapa panganan dan buah memiliki khasiat tersendiri dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi? Apa saja makanan tersebut? Yuk, simak daftarnya!

GoDok Panganan untuk Gigi dan Gusi Sehat – Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang penting bagi tubuh Anda. Sebab, jika gigi yang berfungsi sebagai pengunyah dan penghancur makanan tidak sehat, maka kebutuhan kita untuk makan dan minum pun akan terganggu. Begitu pula jika gusi Anda tidak sehat, sebab  gusi yang sakit akan menyebabkan gigi tidak terikat kuat pada mulut kita. Selain itu, gigi yang kotor dan menjadi sarang bakteri juga dapat menimbulkan nafas yang tidak sedap. Tentunya, Anda tidak mau hal-hal tersebut terjadi, bukan?

Nah, demi menjaga gigi dan gusi tetap sehat, tentunya Anda juga harus menjaga asupan makanan yang dikunyah gigi. Tahukah Anda bahwa beberapa panganan dan buah memiliki khasiat tersendiri dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi? Apa saja makanan tersebut? Yuk, simak daftar berikut untuk mengetahuinya :

1. Teh hijau

Teh hijau biasanya hanya Anda minum saat ingin merasakan ketenangan jiwa. Namun, mungkin ada baiknya Anda mengonsumsi minuman ini lebih sering. Sebab, kandungan  zat antimikroba bernama catechin pada teh hijau berperan penting dalam menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit pada gigi dan gusi. Catechin ini dapat melindungi gigi dan gusi dari efek peradangan lho, terutama ketika terjadi infeksi bakteri. Hasilnya, jumlah bakteri pada rongga mulut akan menurun sehingga penumpukan plak pada permukaan gigi pun kemudian berkurang. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari bau mulut sehingga nafas akan tetap segar. Mau, kan?

(Baca: Mengenal Jenis Teh dan Khasiatnya)

2. Stroberi, kiwi dan lemon

Layaknya tulang, gigi Anda juga memiliki kolagen yang berperan penting untuk menjaga tekstur gusi agar tetap padat dan kenyal sehingga dapat mengikat gigi dengan kuat. Tanpa kolagen, gusi bisa saja mengalami masalah yang membuat gigi gampang lepas dan rentan terhadap kerusakan lainnya. Nah, buah stroberi, kiwi dan lemon kebetulan mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi kolagen agar tidak cepat rusak. Karenanya, penting bagi Anda untuk rajin mengonsumsi ketiga buah tersebut.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

Alasan lainnya? Tentu saja ada. Pada ketiga buah-buahan tersebut, terkandung zat antimikroba catechin dan mineral yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Sebagai tambahan, buah stroberi juga  mengandung asam elegat dan asam malat yang dapat membuat gigi lebih putih. Karenanya, tak heran banyak orang yang menggunakan stroberi untuk memutihkan gigi secara alami di rumah.

3. Kacang-kacangan

Jarang lho yang tahu bahwa kacang merupakan sumber protein dan kalsium yang dapat memperkuat struktur tulang rahang dan gigi. Dengan gigi yang kuat, tentu fungsinya sebagai pengunyah dan penghancur makanan juga akan lebih efektif, bukan? Ditambah lagi, gigi dan rahang yang kuat tidak akan mudah terkena penyakit.

(Baca: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan)

4. Bawang

Bumbu dapur yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Kandungan zat antimikroba-nya yang cukup tinggi dapat mencegah bakteri berkembang pesat, terutama jika si bawang dimakan mentah-mentah. Selain itu, bawang juga mengandung senyawa allisin yang merupakan zat antibiotik pembunuh bakteri dan senyawa skordinin yang dapat membantu pertumbuhan sel. Kedua zat tersebut menjadikan bawang ampuh dalam mengurangi dan mencegah infeksi bakteri mulut secara signifikan. Meskipun memang ada efek negatif berupa bau mulut setelah memakan bawang, namun hal ini dapat cepat ditangani dengan konsumsi kopi atau teh mint.

(Baca: Anda Menderita Bau Mulut? Ini Cara Mengatasinya)

5. Jamur shitake

Jamur Shitake, atau shiitake, merupakan suatu spesies jamur yang biasa dijumpai di kawasan Asia, dan kuncupnya berbentuk seperti jengkol. Jamur ini mengandung senyawa lentinan yang penting untuk mencegah radang/inflamasi gusi (gingivitis). Tidak hanya itu, jamur ini juga mengandung vitamin, antioksidan dan mineral (selenium) yang dapat memperkuat struktur gusi.

(Baca: 6 Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi)

Semoga bermanfaat!

Comments are closed.