5 Manfaat Madu; Si Manis yang Kaya Manfaat

GoDok – Madu; siapa yang tidak mengenal bahan alami yang satu ini? Selain karena rasanya yang manis, madu yang pada dasarnya merupakan campuran antara  air liur (saliva) lebah dengan nektar dari beberapa tanaman juga dipercaya sebagai bahan pangan yang bermanfaat bagi tubuh. Karenanya, tidak heran jika kemudian banyak orang yang menggunakan madu sebagai bahan pelengkap makanan atau minuman, seperti teh, kue, dan biskuit.

Tidak berhenti sampai di situ, madu yang tinggi akan kandungan berbagai macam mineral -semisal zat besi, magnesium, zinc, dan pottasium- juga banyak digunakan di industri kosmetik seperti masker madu, pelembab wajah dan bibir. Tentunya, Anda sering menemukan kosmetik yang berbahan dasar madu, bukan?

Penasaran dengan manfaat madu lainnya? Ayo, simak penjelasan lengkap berikut ini!

1. Meredakan batuk

Jarang yang mengetahui bahwa kandungan senyawa aktif antibakteri pada madu ternyata dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk. Fakta ini diperkuat dengan pernyataan dr. Ronald McCoy dari Royal Australian College of General yang mengatakan bahwa madu terbukti dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan; apalagi jika rutin dikonsumsi selang beberapa jam sekali. Lebih lanjut, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi madu selama 7 hari berturut-turut dapat mengobati batuk pada anak yang mengalami infeksi saluran pernapasan bagian atas.

2. Melancarkan pencernaan

Anda mengalami konstipasi, alias susah buang air besar? Maka, madu bisa jadi alternatif pengobatan yang dapat dicoba. Hal ini dikarenakan kandungan serat serta bakteri baik bifidobakteria dan lactobacillus pada madu berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan usus halus. Hebat, bukan?

3. Mencegah kanker

Ternyata, dengan rutin mengonsumsi madu, Anda dapat melindungi diri serta anggota keluarga dari risiko menderita kanker. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena madu kaya akan kandungan flavonoids dan sifat anti-mutagenic yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas serta zat asing berbahaya lainnya.

4. Menurunkan kadar kolestrol

Seperti yang telah Anda ketahui, tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit mematikan, seperti jantung koroner dan stroke. Karenanya, ayo, minimalisir risiko buruk ini dengan rutin mengonsumsi madu! Para peneliti percaya bahwa kandungan senyawa aktif dan antioksidan pada madu dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat. Tunggu apa lagi?

5. Menghaluskan kulit

Untuk Anda kaum hawa, memiliki kulit mulus bak porselen sudah pasti menjadi idaman. Karenanya, tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan kulit dan wajah di rumah dengan menggunakan madu. Kandungan asam glukonat, organik, dan amino dalam bahan pangan alami yang satu ini terbukti mampu merangsang regenerasi sel kulit, melembabkan kulit, mengatasi keriput pada wajah, hingga membuat kulit wajah terlihat lebih muda dan elastis.

Itu tadi beberapa khasiat madu yang harus Anda ketahui. Selain poin-poin di atas, madu yang kaya akan gizi dan mineral penting, juga dipercaya dapat meningkatkan metabolisme serta sistem imun tubuh. Hebat, bukan? Ayo, rutin menggunakan madu mulai dari sekarang!

Ingin mengetahui tips mencerahkan bibir hitam dengan madu? Silakan klik di sini 

Comments are closed.