5 Gaya Hidup Penyebab Sakit Kepala

penyebab sakit kepala
Sebenarnya banyak kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab sakit kepala secara tiba-tiba. Penasaran apa saja kebiasaan tersebut?  Simak penjelasan lengkapnya berikut!

GoDok -Penyebab Sakit Kepala- Sakit kepala? Hampir setiap orang pernah mengalaminya, bukan? Sebab, penyakit yang satu ini umum diderita oleh kebanyakan orang, dari setiap kalangan, baik muda-mudi, paruh baya, maupun lansia. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, baik dari faktor fisik maupun faktor mental. Seringkali, sakit kepala muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan Anda harus beristirahat. Hati-hati! Datangnya sakit akepala juga bisa menjadi pertanda penyakit lain, seperti demam, flu, dan sebagainya.

Nah, tanpa Anda sadari, sebenarnya banyak kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan kepala sakit secara tiba-tiba. Penasaran apa saja kebiasaan tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

5 Gaya Hidup Penyebab Sakit Kepala

1. Melewatkan waktu makan

Penyebab sakit kepala pertama, Pernahkah Anda mengalami sakit kepala ketika sebelumnya menunda-nunda waktu makan padahal perut sudah keroncongan? Hal tersebut sebenarnya disebabkan oleh kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, perhatikan pula makanan yang Anda konsumsi. Sebab, terdapat beberapa panganan yang dapat memicu sakit kepala, seperti makanan yang mengandung MSG, kafein, produk susu, kacang-kacangan, bawang, daging fermentasi, dan keju. Asam amino yang berada pada keju dan kacang-kacanganlah yang menjadi penyebabnya. Hindari juga makanan instan dan cepat saji serta makanan manis yang dapat meningkatkan kolestrol dan gula darah Anda. Konsumsilah makanan yang benar-benar sehat dan aman untuk tubuh.

(Baca: Hati-Hati! Ini Makanan Pemicu Hipertensi!)

2. Kurang bergerak

Bagi pekerja kantoran, banyaknya tugas kantor seringkali membuat Anda lebih sering duduk. Padahal kurang gerak dapat menjadi penyebab sakit kepala. Posisi duduk yang tidak tegak, terlalu lama duduk di kursi yang tidak memiliki sandaran, dan menerima telepon dengan menaruhnya di antara leher dan bahu dapat menyebabkan sakit kepala. Karenanya, pilihlah posisi yang nyaman untuk leher dan bahu guna menghindari terjadinya penyumbatan aliran darah ke kepala. Sebab, penyumbatan inilah yang dapat membuat kepala Anda terasa sakit.

(Baca: Berdampak kematian, benahi posisi duduk Anda!)

3. Kurang minum

Setiap harinya, Anda sangat dianjurkan untuk meminum ±2 liter air putih untuk mengahancurkan zat-zat jahat yang ada di dalam tubuh. Kurang minum dapat memicu sakit kepala. Sejatinya, sakit pada daerah kepala disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit di kepala karena tubuh Anda kekurangan cairan. Cairan yang harus dikonsumi adalah air putih, bukan kopi, susu, soda, maupun alkohol. Hentikan pula kebiasaan terlalu sering mengonsumsi kopi, alkohol, dan teh secara berlebihan. Sebab,  hal ini dapat pula memicu terjadinya sakit kepala. Karenanya, yuk perbanyak meminum air putih, dan kurangi terlalu banyak meminum hal lain!

(Baca: Sudah Cukupkah Air yang Anda Minum Setiap Hari?)

4. Kurang tidur

Kebiasaan begadang memang ditengarai tidak bagus untuk kesehatan. Begadang dan tidur terlalu pagi dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala berulang. Badan juga tidak akan lebih segar jika Anda kelewat sering begadang. Karenanya, akan lebih baik jika Anda tidur tepat waktu dengan durasi yang cukup, yaitu 6-8 jam.

(Baca: Serba-serbi Kebiasaan Mengigau yang Harus Anda Ketahui)

5. Merokok

Ugh, jangan ditanya lagi bahaya dari merokok terhadap tubuh Anda. Sebab, bahayanya sangat banyak, dan salah satunya adalah memicu datangnya sakit kepala. Nikotin pada rokok dapat menyempitkan pembuluh darah di otak sehingga mengalami kekurangan asupan oksigen dan muncullah sakit pada kepala. Eits, jangan salah! Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga bisa mengalaminya.

(Baca: Kenali Dampak Buruk Merokok pada Gigi)

Nah, seringkah Anda melakukan salah satu kebiasaan penyebab sakit kepala di atas? Jika iyaa, yuk kurangi demi menghindari datangnya sakit kepala! Semoga bermanfaat!