5 Cara Jitu Merahkan Bibir Secara Alami

cara jitu merahkan bibir secara alami
Daripada mempertaruhkan kesehatan, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu beberapa  cara jitu merahkan bibir secara alami. Seperti apa lengkapnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

GoDok – Cara Jitu Merahkan Bibir Secara Alami – Demi mendapatkan bibir yang merah merona, banyak orang yang kemudian rela melakukan berbagai cara; mulai dari sulam bibir hingga melakukan prosedur lip plump. Meskipun diklaim dapat memberikan hasil instan serta maksimal, namun dua cara memerahkan bibir tadi belum tentu aman untuk kesehatan. Misalnya, Anda berisiko besar terkena alergi ketika mencoba melakukan prosedur sulam bibir di salon. Ssst, yang lebih mengerikan adalah meningkatnya kemungkinan Anda terpapar virus Hepatitis akibat jarum yang digunakan oleh praktisi kecantikan tidaklah steril atau bahkan bekas pengunjung lain. Mengerikan, bukan?

Daripada mempertaruhkan kesehatan, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu cara jitu merahkan bibir secara alami. Seperti apa lengkapnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Merahkan Bibir Secara Alami

1. Lip exfoliating

Cara jitu merahkan bibir secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan Lip exfoliating. Apa itu? prosedur di mana Anda menggosok permukaan bibir secara berkala. Tujuannya adalah untuk membuang sel kulit mati agar warna alami bibir kembali terlihat merona. Cobalah membuat campuran exfoliating alami yang terbuat dari gula dan mentega. Cukup dengan mengaplikasikan campuran dua bahan tadi ke bibir minimal 3 hari sekali,  sel-sel kulit mati pada bibir akan luruh sehingga warna alaminya akan lebih kentara terlihat. Ssst, jangan lupa untuk selalu membilas bibir sampai bersih serta mengoleskan lip balm setiap kali selesai melakukan exfoliating, ya! Alasannya tidak lain agar bibir selalu dalam keadaan lembap sehingga produksi kolagennya pun dapat meningkat.

2. Jangan merokok!

Ini dia kebiasaan sehari-hari yang paling sering dicurigai sebagai penyebab bibir telihat kusam serta hitam; merokok! Ya, selain buruk bagi kesehatan, kandungan zat berbahaya dalam rokok juga dapat merusak jaringan kolagen pada bibir. Jadi, mulai sekarang, hindari kebiasaan merokok jika menginginkan bibir yang merah merona, ya!

2. Rajin minum air mineral

Jarang yang mengetahui bahwa bibir merah juga dapat dimiliki dengan cara rajin mengonsumsi air minimal 2-3 liter per hari. Tercukupinya kebutuhan air ini terbukti tidak hanya dapat meningkatkan kelembapan bibir, tapi juga mampu mencegah bibir pecah-pecah akibat dehidrasi.

(Baca: Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?)

4. Hindari alkohol dan kafein

Sebuah studi mengemukakan bahwa alkohol dan kafein merupakan senyawa yang bersifat diuretik. Artinya, jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol serta kafein dapat memicu sekresi air berlebih dari tubuh. Hasilnya, tubuh Anda lebih rentan mengalami dehihdrasi. Jangan salah! Dehidrasi merupakan penyebab utama kulit bibir terlihat keriput dan pecah-pecah, lho! Jadi, jika memang konsumsi alkohol serta kafein tidak dapat dihindari, Anda disarankan untuk mengimbanginya dengan konsumsi air putih yang cukup. Mudah, bukan?

(Baca: 6 Cara Hindari Pengaruh Miras)

5. Gunakan bahan alami

Terakhir, cara jitu merahkan bibir secara alami dengan penggunaan beberapa bahan alami, seperti:

– Aloe vera atau lidah buaya

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of  Las Palmas de Gran Canaria, ekstrak aloe vera terbukti kaya akan zat antioksidan yang dapat mencegah serta menyembuhkan bibir pecah-pecah dan kering. Caranya, cukup oleskan gel segar lidah buaya di bibir selama semalaman, sebelum dibilas bersih keesokan harinya.

Buah bit

Karena terkenal akan warna merahnya yang alami, buah bit dapat Anda manfaatkan untuk mengembalikan rona alami bibir. Caranya , pijat bibir dengan buah bit setidaknya dua kali sehari, lalu bilas sampai bersih. Jika dilakukan secara rutin, warna merah alami pada buah bit akan menyerap ke bibir.

(Baca: Bibir Pecah-Pecah? Atasi dengan Cara Ini)

Jeruk dan buah delima

Jarang yang mengetahui bahwa kombinasi dua buah ini ternyata ampuh dalam mengembalikan warna merah alami bibir. Lho, kok bisa? Kandungan vitamin C pada jeruk serta senyawa Anthocyanin di buah delima telah dipercaya sejak lama mampu  mengubah warna bibir menjadi cerah dan merah secara permanen. Caranya, blender 2-3 iris jeruk, lalu campurkan beberapa buah delima. Setelah tercampur rata, bekukan hingga berbentuk es batu. Jika sudah begitu, tinggal gosokkan secara lembut pada bibir selama 2 menit. Lakukan langkah ini setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

Selain melakukan dan menghindari hal-hal yang disebutkan di atas, Anda juga dapat klik Tanya Dokter untuk diskusikan masalah kesehatan bibir Anda.

Selamat mencoba!