5 Cara Hindari Diabetes yang Harus Anda Coba

Cara hindari diabetes
 Cara hindari diabetes  untuk mewaspadai  risiko dan bahaya diabetes yang terus mengintai. Praktikan sebelum terlambat!

GoDok Cara Hindari Diabetes – Beberapa bulan yang lalu, dunia musik Indonesia kembali harus kehilangan salah satu putra terbaiknya. Ya, berita duka ini datang dari grup musik legendaris Project Pop yang harus kehilangan salah satu personelnya -Muhammad Fachroni, alias Oon. Keluarga serta kerabat kemudian mengemukakan bahwa penyebab almarhum meninggal dunia adalah akibat komplikasi penyakit diabetes yang dideritanya selama beberapa tahun belakangan. Sebaiknya, sebelum terlambat Anda praktikan cara hindari diabetes.

Lalu, bagaimana cara hindari diabetes yang ampuh? Untuk mewaspadai risiko dan bahaya penyakit mematikan ini, sebagai berikut:

 cara hindari diabetes yang harus Anda coba
1. Edukasi diri tentang diabetes

Cara hindari diabetes pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengedukasi diri sendiri serta keluarga dan kerabat mengenai penyakit diabetes sendiri. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab serta bahaya dari penyakit ini, Anda akan semakin sadar bahwa diabetes bisa menimpa siapa pun, kapan pun. Untuk mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai diabetes, Anda dapat langsung bertanya kepada dokter atau membaca berbagai macam informasi dari sumber-sumber terpercaya.

2. Terapkan pola hidup dan makan yang sehat

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kebiasaan sehari-hari yang sering kita anggap sepele ternyata memicu timbulnya diabetes. Sebut saja kecenderungan untuk bermalas-malasan seharian, atau kebiasaan mengonsumsi makanan junk food yang tinggi akan kandungan karbohidrat serta gula.

Jadi, cara hindari diabetes yang harus Anda coba mulai terapkan pola hidup dan makan yang lebih sehat. Tenang, meskipun terdengar sedikit rumit, namun praktiknya sangat sederhana, kok! Berikut rinciannya:

  • Rutin berolahraga minimal 30 menit sehari. Pilihlah olahraga yang ringan dan mudah dilakukan, seperti senam atau lari-lari kecil mengelilingi komplek perumahan.
  • Membatasi asupan makanan yang tinggi lemak, gula, dan karbohidrat sederhana. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi serat, karbohidrat kompleks, serta protein sehat yang bisa didapatkan dari sayuran, buah, beras merah, dan berbagai macam daging rendah lemak.
  • Selalu menyempatkan sarapan, sebab jam makan ini terbukti efektif dalam mengontrol nafsu makan serta asupan karbohidrat harian.
  • Rajin mengonsultasikan kesehatan ke dokter atau rumah sakit terdekat. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penyeberan penyakit yang gejalanya tidak selalu kasat mata, seperti diabetes.

(Baca: Anda Menderita Diabetes? Berikut Makanan yang Dapat Anda Konsumsi)

3. Penuhi asupan vitamin D harian

Cara hindari diabetes selanjutnya yaitu dengan penuhi asupan vitamin D harian Anda. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa selain baik untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam darah. Karenanya, perbanyaklah asupan makanan yang kaya akan vitamin jenis ini, semisal telur, tahu, tempe, susu kedelai, dan jamur. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin D dengan rajin berjemur di bawah jam 9 pada pagi hari.

4. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Anda termasuk perokok aktif? Atau, gemar mengonsumsi minuman beralkohol? Jika ya, segera hentikan dua kebiasaan tadi demi terhindar dari penyakit diabetes. Dikutip dari sebuah media online, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 200.000 subjek penelitian yang tidak merokok terbukti memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes.

Lalu, bagaimana dengan kebiasaan minum minuman beralkohol? Karena melalui proses fermentasi, miras terkenal akan kandungan gulanya yang tinggi. Hal inilah yang akan meningkatkan kadar gula darah sehingga menyebabkan Anda lebih rentan terkena diabetes. Duh, baiknya kebiasaan ini dihindari sejak dini, ya!

(Baca: Kenali Dampak Buruk Merokok pada Gigi

5. Hindari stres

Terakhir cara hindari diabetes yang sering luput dari pengawasan adalah hubungan antara tingkat stres dengan risiko menderita diabetes. Jarang yang mengetahui bahwa stres berlebih dapat merangsang peningkatan kadar gula darah Anda. Karenanya, Anda disarankan untuk sering melakukan kegiatan relaksasi, seperti yoga dan meditasi, untuk mengembalikan kondisi mental ke keadaan normal.

(Baca: Kurangi Stres Dengan Berendam dalam Bathtub)

Itu tadi 5 cara hindari diabetes yang harus Anda coba. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.