5 Cara Alami Untuk Atasi Keputihan

atasi keputihan
Atasi Keputihan –  yang berwarna serta mengeluarkan bau tak sedap karena kemungkinan besar telah terjadi infeksi bakteri atau jamur dengan menggunakan 5 cara alami untuk atasi keputihan berikut ini

GoDok – Atasi Keputihan–  Sebenarnya, keputihan merupakan hal yang normal dialami semua wanita. Karena pada dasarnya, keputihan merupakan cara vagina melindungi dirinya dari infeksi dan iritasi. Tapi, ingat! Itu kalau lendir keputihan yang Anda keluarkan tidak berwarna dan tidak berbau. Lain halnya jika lendir yang dikeluarkan berwarna serta mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jika hal ini terjadi, maka kemungkinan besar telah terjadi infeksi bakteri atau jamur yang menyebabkan area vagina mengalami gangguan dan Anda harus segera atasi keputihan tersebut.

Tenang, selain dengan mengonsumsi obat, ada 5 cara alami untuk atasi keputihan yang dapat segera Anda praktikan berikut ini:

1. Air rebusan daun sirih

Tentunya Anda sering mendapatkan pepatah dari orangtua untuk menggunakan daun sirih demi menjaga kesehatan serta kebersihan organ kewanitaan. Ternyata, ini bukan isapan jempol saja; karena daun sirih ini mampu atasi keputihan Anda. Mengapa? Sebab daun sirih terbukti dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di vagina sekaligus membunuh patogen penyebab keputihan.

Cara meraciknya tidak terlalu repot, Anda cukup merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, sisihkan dan saring air airnya untuk kemudian diminum. Lakukan kebiasaan ini sebanyak 2-3 kali sehari, dan niscaya keputihan akan segera hilang.

(Baca: Gatal di Area Selangkangan? Atasi dengan Cara Ini!)

2. Biji Fenugreek

Kurang akrab di telinga masyarakat Indonesia, biji Fenugreek ternyata sudah banyak digunakan di berbagai belahan dunia unttuk atasi keputihan. Hal ini tidak mengherankan sebab biji Fenugreek terbukti ampuh dalam meningkatkan bakteri baik di vagina sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika tertarik, Anda dapat mencobanya dengan merendam satu sendok biji Fenugreek dengan segelas air putih selama 24 jam. Setelah itu, tambahkan satu sendok madu ke air rendaman, dan minum di pagi hari sebelum sarapan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

3. Gunakan Cuka Sari Apel

Jika vagina mulai mengeluarkan lendir yang berwarna dan berbau tidak sedap, maka segera tangani permasalahan ini dengan menggunakan sari cuka apel. Selain dikenal baik bagi kesehatan kulit, sari cuka apel juga dapat dikonsumsi demi meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam vagina.

Caranya, cukup dengan mencampurkan cuka sari apel dengan segelas air putih, lalu diminum secara teratur setiap hari. Jika tidak suka dengan rasanya yang masam, Anda juga bisa menambahkan satu sendok madu. Mudah, bukan atasi keputihan?

(Baca: Apel, Si Merah dengan Segudang Manfaat)

4. Bawang Putih

Biasa digunakan sebagai penyedap makanan, bawang putih ternyata dapat dimanfaatkan untuk  atasi keputihan. Tidak percaya?

Cobalah untuk memotong satu siung bawang putih yang telah dibersihkan sebelumnya menjadi dua bagian. Lalu, letakkan keduanya di atas vagina di malam hari sebelum Anda tidur. Ingat! Cukup letakkan bawang putih di atas vagina, bukan di dalam. Tunggu hingga keesokan harinya, lalu bilas vagina sampai bersih. Jika dilakukan secara teratur, langkah ini dijamin dapat membuat vagina Anda terhindar dari keputihan yang berbahaya.

5. Akar Bayam

Terakhir, atasi keputihan yang membandel dengan akar bayam yang telah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang kaya akan kandungan anti-bakteri pencegah infeksi. Unutk penggunaannya, sisihkan beberapa genggam akar bayam yang sudah dibersihkan, lalu hancurkan dengan air secukupnya menggunakan blender. Minum jus akar bayam ini 2 kali sehari, dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan vagina Anda.

(Baca: 7 Cara Alami Atasi Naiknya Asam Lambung)

Itu tadi 5 cara alami untuk atasi keputihan yang dengan mudah dapat Anda praktikan dirumah. Selamat mencoba!