5 Bahan Sederhana Untuk Atasi Maag

bahan sederhana untuk atasi maag
Apa yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penyakit maag? Nah, untuk menjawabnya, ada baiknya Anda simak penjelasan berikut ini!

GoDok – Bahan Sederhana Untuk Atasi Maag –  Ayo, absen! Siapa yang pernah sakit maag atau bahkan punya penyakit maag akut? Tentunya kebanyakan dari Anda setidaknya pernah mengalami sakit lambung walaupun cuma satu kali. Sejatinya, penyakit ini merupakan salah satu kondisi yang paling sering dikeluhkan oleh setiap orang. Apalagi jika tiba-tiba kambuh di saat yang tidak tepat, tentu aktivitas Anda akan terganggu.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kondisi ini? Nah, untuk menjawabnya, ada baiknya Anda simak penjelasan berikut ini!

Apa itu maag ?

Maag adalah peradangan yang terjadi pada lapisan lambung atau mukosa lambung, peradangan bisa terjadi secara keseluruhan atau terjadi dibeberapa titik saja. Sebagian besar maag disebabkan oleh infeski bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini dapat menginfeksi antrum lambung dengan cara memecah lapisan lambung, menyebabkan gastritis yang akan menyebabkan infeksi kemudian menyebar ke seluruh mukosa lambung. Infeksi akan menghasilkan respon inflamasi sehingga menyebabkan peradangan yang dalam jangka panjang akan mengakibatkan perubahan pada usus.

Peradangan yang terjadi pada mukosa akan menyebabkan gejala sakit perut, mual, muntah, kembung, kehilangan nafsu makan dan gangguan pencernaan. Penyebab lain dari maag adalah nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), obat-obatan tertentu (kokain), alkohol, infeksi jamur, stress.

(Baca: Mengenal Ragam Infeksi Jamur)

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi sakit maag, ternyata Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami lho.

Bahan sederhana untuk atasi maag

1. Jahe

Bahan sederhana untuk atasi maag pertama adalah dengan menggunakan jahe, Kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri di dalam jahe sering dimanfaatkan untuk membunuh kuman, virus dan bakteri. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi peradangan serta mengobati infeksi yang terjadi di dalam tubuh serta mengurangi sakit perut, mual dan kembung. Untuk penggunaannya, Anda dapat mencincang jahe hingga halus, mencampurnya dengan air panas, dan menambahkan madu. Tutup campuran tersebut dan biarkan selama 10 menit, sebelum kemudian Anda saring. Terakhir, nikmati hangatnya air jahe dan duduklah sejenak untuk merasakan manfaatnya pada lambung Anda.

2. Yoghurt

Probiotik yang terdapat dalam yogurt memberikan perlindungan lapisan lambung dari bakteri Helicobacter pylori selain itu yoghurt juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa pulih lebih cepat. Untuk mengurangi nyeri pada lambung Anda, konsumsilah plain yoghurt sebanyak 2-3 cangkir setiap harinya.

(Baca: Enggan Makan Yoghurt? Kenali Dulu 5 Manfaatnya!)

3. Brokoli

Tahukah Anda bahwa dibandingkan jenis sayuran lain, brokoli memiliki lebih banyak kandungan sulphoraphane? Hal inilah yang kemudian menjadikan brokoli lebih efektif dalam membunuh bakteri Helicobacter pylori pada lapisan lambung. Karena itulah, rajin mengonsumsi brokoli akan mengurangi risiko maag kembali datang menyerang.

4. Bawang putih

Selanjutnya, bahan sederhana untuk atasi maag yaitu bawang putih. Sebagai agen anti-mikroba dan anti-jamur, bawang putih akan membuat bakteri Helicobacter pylori sangat sulit untuk tumbuh di saluran pencernaan sehingga akan menurunkan kemungkinan Anda terkena maag. Namun konsumsi bawang putih tidak akan memberikan manfaat apapun pada Anda yang memiliki maag kronis.

5. Stroberi

Kandungan antioksidan dan kaya akan senyawa fenolik akan membantu mencegah terjadinya peradangan pada lapisan lambung. Cara penggunaannya? Mudah, Anda cukup  menambahkan 1 sendok makan daun stroberi kering ke dalam satu cangkir air panas. Biarkan selama 5 menit, lalu saring air tersebut, dan minumlah selagi hangat.

6. Kunyit

Terakhir, bahan sederhana untuk atasi maag dengan kunyit. Satu lagi bumbu dapur yang juga dipercaya efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung akibat konsumsi fenilbutazon dan aspirin. Kandungan curcumin-nya ternyata juga berguna untuk meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas maag dapat dikontrol oleh stimulasi produksi lendir. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang setara dengan hydrokortison asetat untuk menyembuhkan peradangan. Nah, untuk merasakan manfaatnya, Anda dapat mengupas, lalu memarut sebuah kunyit dan melarutkannya dengan air hangat. Minumlah air campuran kunyit ini di pagi dan malam hari secara rutin agar nyeri lambung Anda dapat teratasi dengan baik.

Selain memanfaatkan bahan sederhana untuk atasi maag di atas, Anda juga harus mencegah datangnya maag dengan selalu makan teratur dan tepat waktu, ya! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.