Mengatasi Kadas dan Kurap dengan 5 Bahan Alami Ini!

mengatasi kadas dan kurap
Mengatasi kadas dan kurap yang selalu menjangkiti kita di musim hujan dengan menyimak 5 bahan alami atasi kadas dan kurap berikut ini

GoDok – Ugh, kadas dan kurap! Dua penyakit ini rasanya makin marak saja menjangkiti kita di musim hujan seperti sekarang. Terlebih lagi jika Anda bertempat tinggal di daerah yang rawan banjir. Tentunya infeksi jamur yang menjadi penyebab munculnya kadas dan kurap akan semakin mudah datang pada Anda. Kalau sudah terkena, rasa gatal pasti akan menyerang tanpa ampun. Duh, lalu bagaimana cara menghindari dan mengobati penyakit ini?

Untuk mengetahuinya, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu penjelasan berikut ini:

Apa itu kadas dan kurap ?

Kadas dan kurap merupakan infeksi  pada lapisan kulit mati yang disebabkan oleh jamur moldlike. Kala penyakit ini menyerang, akan muncul ruang berbentuk cincin atau lingkaran di daerah yang terinfeksi. Lingkaran tersebut akan terasa menonjol dan gatal ketika disentuh. Kadas dan kurap adalah jenis penyakit kulit yang bersifat menular dan penularannya bisa terjadi saat menggunakan barang yang sama dengan penderitanya.

(Baca: Ayo, Kenali Jenis Jamur Penyebab Penyakit Kulit!)

Mengatasi kadas dan kurap

Sebagai salah satu jenis penyakit yang menular, kadas dan kurap akan menyebar dengan cepat terutama pada lingkungan yang kotor. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara sederhana dengan menggunakan bahan alami untuk mengobati kadas dan kurap, seperti :

1. Minyak teh

Tahukah Anda bahwa minyak yang berasal dari pohon teh memiliki sifat anti-jamur alami? Karenanya, minyak teh cukup sering menjadi bahan dasar obat penghilang infeksi jamur; termasuk jamur yang menyebabkan kadas dan kurap. Sifat antibakteri yang kuat pada minyak teh dapat pula meringankan rasa gatal secara instan dan mengobati peradangan. Untuk penggunaannya, Anda dapat menuangkan beberapa tetes minyak ke kapas dan meletakkannya di daerah yang terkena kadas dan kurap. Setelah itu, diamkan hingga minyak tersebut kering. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari setiap harinya,  hingga kadas dan kurap menghilang dari kulit Anda.

2. Garam

Jarang yang mengetahui bahwa garam juga mampu mempercepat proses penyembuhan serta membantu mengendalikan pertumbuhan jamur penyebab kadas dan kurap. Penggunaannya cukup mudah, lho. Anda cukup mencampur dua cangkir garam meja dengan air hangat di dalam bak mandi, lalu gunakan air campuran tersebut untuk berendam selama setengah jam. Lakukan hal ini setidaknya selama 1 bulan, untuk hasil yang maksimal.

3. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki sifat anti-jamur membuat bawang putih secara efektif dapat meringankan rasa gatal, serta menghentikan peradangan dan pertumbuhan jamur. Untuk penggunaannya, Anda dapat menghancurkan 3-4 siung bawang putih segar yang dicampurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun sebelum kemudian diblender. Setelah itu, oleskan campuran tersebut di area yang terinfeksi. Lakukan hal ini selama 2-3 kali setiap harinya hingga penyakit kadas dan kurap enyah dari kulit Anda.

(Baca: Mengenal Ragam Infeksi Jamur)

4. Cuka apel

Sifat asam pada cuka apel mampu membunuh jamur, menghentikan infeksi terta penyebaran jamur. Tak hanya itu, cuka apel dapat pula melembapkan  daerah yang terinfeksi sehingga proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Untuk merasakan manfaat cuka apel, Anda dapat mencampurkan dua cangkir air dengan satu setengah cangkir cuka apel. Lalu, cucilah bagian kulit Anda yang terinfeksi dengan sabun antiseptik. Setelah itu, celupkan kain bersih ke dalam campuran tersebut dan letakkan pada daerah yang terinfeksi kadas dan kurap hingga kain tersebut kering. Jika hal ini rutin dilakukan, kadas dan kurap akan lebih cepat hilang dari kulit Anda.

5. Pepaya hijau

Di dalam pepaya hijau, terdapat kandungan enzim papain dan chymopapain yang mampu menghancurkan perisai pertahanan virus, ragi, dan berbagai jenis jamur. Selain itu, pepaya mentah yang hijau dapat pula menghancurkan sel-sel mati tua dari lapisan luar kulit Anda, tempat di mana jamur kurap tinggal dan tumbuh. Cara penggunaannya adalah dengan memotong pepaya mentah, sebelum kemudian digosokan pada daerah kulit yang terinfeksi.

Selamat mencoba!