4 Gangguan Kesehatan Akibat Makanan Mentah

gangguan kesehatan akibat makanan mentah

GoDok – Gangguan Kesehatan Akibat Makanan Mentah- Akhir-akhir ini, banyak orang yang merengkuh sistem diet terbaru, yang diberi nama raw foods diet, alias diet berbasis makanan mentah. Mereka yang menjalaninya, terutama kaum vegetarian, percaya bahwa mengonsumsi sayuran dalam bentuk aslinya dapat meningkatkan asupan vitamin dan nutrisi yang didapatkan melalui panganan tersebut. Banyak dari mereka yang kemudian memakan berbagai macam sayuran, seperti kubis, kol, dan wortel dalam bentuk mentah.

Tak hanya mereka yang menjalani raw foods diet, banyak dari Anda juga terkadang tanpa sadar mengonsumsi makanan mentah. Contohnya, sebut saja mengonsumsi mi instan mentah, lalapan mentah, dan sushi. Meskipun makanan mentah dipercaya dapat memberi asupan nutrisi dan vitamin lebih tinggi, namun nyatanya terdapat beberapa keburukan dari kebiasaan diet tersebut.

Penasaran apa saja gangguan kesehatan akibat  makanan mentah? Ini dia penjelasannya :

1. Gangguan pencernaan

Gangguan kesehatan akibat makanan mentah yang pertama adalah gangguan pencernaan. Nyatanya, sayuran dan daging mentah memiliki selulosan dan struktur serat lainnya yang cenderung sulit untuk dicerna oleh tubuh Anda. Perut Anda bukanlah perut hewan yang memiliki bagian ekstra untuk memecah semua selulosa dalam sayuran mentah. Nah, jika Anda terus-menerus memaksakan tubuh untuk mengonsumsi makanan yang tidak dapat dicernanya, maka sistem pencernaan akan melemah. Kelemahan ini akan menyebabkan beberapa gangguan pada pencernaan Anda, meliputi sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Ingat, sistem pencernaan yang baik adalah kunci kesehatan Anda, jadi berusahalah untuk menjaganya tetap sehat, ya!

2. Kekurangan asupan nutrisi

Gangguan kesehatan akibat makanan mentah yang kedua adalah kekurangan asupan nutrisi. Saat perut Anda tak dapat sepenuhnya mencerna makanan, maka kemungkinan besar Anda juga tidak menyerap banyak nutrisi dari makanan tersebut. Jika tubuh Anda tidak dapat memecah serat sayuran mentah, maka nutrisi yang ada pada sayuran tersebut juga tidak akan dapat Anda akses. Jadi, jika ingin merasakan khasiat sayuran, Anda memang harus tetap memasaknya, walaaupun dengan hanya merebusnya pada suhu paling rendah sekalipun.

3. Infeksi parasit

Tahukah Anda, bahwa di sebuah rumah sakit di Portugal, terdapat seorang pria berusia 32 tahun, yang di dalam lapisan ususnya terdapat larva parasit? Hal ini, dikatakan oleh para ahli kesehatan di rumah sakit tersebut, didapatkan pria itu dari sushi -makanan khas Jepang berupa ikan mentah- yang dikonsumsinya. Bahaya mengonsumsi ikan mentah juga dikatakan oleh para dokter di British Medical Journal Case Reports, yang menyatakan bahwa populernya sushi di negara-negara Barat segera diikuti dengan peningkatan infeksi parasit di negara-negara tersebut. Biasanya, infeksi parasit seperti yang dialami pria di atas ditandai dengan demam, muntah, dan sakit perut selama seminggu penuh. Karenanya, berhati-hatilah dalam mengonsumsi sushi, ya!

4. Memicu tifus

Tahukah Anda bahwa daging yang mentah atau setengah matang berpotensi memiliki kandungan bakteri Salmonella di dalamnya? Bakteri yang satu ini bisa memicu tifus dan keguguran bagi ibu yang sedang hamil. Tak hanya itu, pada ibu yang tengah mengandung, bakteri Salmonella juga bisa memicu keracunan makanan bagi bayi. Di samping bakteri Salmonella, terdapat pula parasit toksoplamosis pada daging mentah, yang infeksinya dapat mengganggu pertumbuhan janin dan berakibat adanya cacat bawaan serta kerusakan pada otak. Tentu Bunda tak ingin hal ini terjadi, bukan? Karenanya, pastikan untuk selalu memasak makanan yang akan disantap, ya!

Nah, itu dia 4 gangguan kesehatan akibat makanan mentah yang harus Anda ketahui. Kenali bahaya lengkapnya, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.