4 Cara Sederhana Agar Terlihat Awet Muda

cara sederhana agar terlihat awet muda

GoDok – Cara Sederhana Agar Terlihat Awet Muda- Selalu tampak awet muda mungkin merupakan impian semua orang. Khususnya Anda para kaum hawa. Nah, agar tetap terlihat awet muda, sebagian besar dari Anda tidak ragu untuk melakukan segala cara, mulai dari mencoba berbagai macam produk perawatan kulit hingga mengunjungi dokter kecantikan secara rutin.

Namun, tentunya cara-cara seperti itu membutuhkan biaya yang mahal, bukan? Padahal, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi wajah awet muda tanpa harus membuang banyak biaya, lho! Apa sajakah hal-hal tersebut? Yuk, simak daftar cara sederhana agar terlihat awet mudah berikut ini:

Cara Sederhana Agar Terlihat Awet Muda

1. Membatasi konsumsi gula

Tahukah Anda bahwa gula dapat memberikan dampak negatif pada kulit yang mempercepat proses penuaannya? Fruktosa dan glukosa yang terdapat dalam gula dapat menciptakan Advanced Glycation End (AGE), yaitu suatu protein yang terglikasi. senyawa berbahaya ini terbentuk ketika kelebihan protein dan gula mengikat bersama-sama. AGE dapat muncul dalam setiap sel dan molekul dalam tubuh hingga menyebabkan terjadinya penuaan pada kulit. Tidak hanya itu, kandungan fruktosa dalam gula juga akan merusak kolagen dan elastin kulit dimana seperti yang diketahui kolagen dan elastin kulit adalah dua faktor penting yang menjaga kulit terlihat muda. Nah, itu alasan mengapa membatasi konsumsi gula merupakan salah satu cara sederhana agar terlihat muda, sahabat sehat.

(Baca: Kenali Batas Aman Konsumsi Gula Harian Anda!)

Karena itulah, untuk menjaga agar kulit terlihat awet muda, Anda dapat membatasi jumlah konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula tinggi, seperti kue manis, minuman bersoda, minuman kemasan, dan permen.

(Baca: Bahaya! Jangan Asal Minum Soda!)

2. Banyak minum air putih

Cara sederhana agar terlihat awet muda selanjutnya mudah sekal. Hanya dengan banyak mengonsumsi air putih. Tahukah Anda bahwa kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda cepat terlihat tua? Harus Anda ketahui bahwa dehidrasi pada kulit Anda biasa disebabkan oleh hilangnya Natural Moisturizing Factor (NMF) atau dikenal juga dengan pelembap alami kulit. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan kerusakan pada lapisan luar kulit sehingga kulit menjadi kering dan rentan terkena iritasi. Hasilnya, keriput akan lebih cepat muncul pada kulit Anda.

(Baca: Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?)

Untuk itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Semakin banyak melakukan aktivitas, terutama bagi Anda yang dalam jangka waktu panjang terkena pendingin ruangan maka semakin banyak jumlah air yang harus dikonsumsi.

3. Istirahat

Harus Anda tahu bahwa tidur merupakan istirahat yang paling baik dan paling dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, tidur di malam hari dapat memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membangun dan memperbaiki hormon yang rusak. Selain itu, ketika Anda tidur, tubuh juga akan memproduksi lebih banyak Hormon Pertumbuhan Manusia yang dapat menjaga Anda agar terlihat lebih muda. Nah, jika tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka hormon tersebut akan mengalami penurunan sehingga menyebabkan berkurangnya massa otot, metabolisme tubuh bekerja lebih lambat, dan berkurangnya elastisitas kulit. Hasilnya? Wajah Anda bisa terlihat lebih tua dari yag seharusnya.

(Baca: Manfaat Tidur Setelah Makan Siang)

4. Olahraga

Terakhir, cara sederhana agar terlihat awet muda yaitu dengan rajin olahraga. Olahraga ternyata tidak hanya bisa menurunkan berat badan dan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat, lho! Kenyataannya, olahraga dapat pula membantu dalam mengembalikan hormon pada kulit yang rusak akibat radikal bebas. Ketika berolahraga, arteri-arteri kecil di kulit akan membuka sehingga memungkinkan lebih banyak darah untuk mencapai permukaan kulit dan memberikan nutrisi untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan pancaran sinar matahari dan polusi. Selain itu, olahraga juga akan meningkatkan produksi sel fibroblas yang bertanggung jawab untuk memproduksi kolagen di kulit Anda untuk bekerja lebih efisien sehingga kulit menjadi terlihat awet muda. Mau, kan?

(Baca: Waktu yang Tepat untuk Berolahraga)

Nah, setelah mengetahui manfaatnya bagi kulit, jangan ragu lagi ya untuk selalu menerapkan keempat cara sederhana agar terlihat awet muda tadi! Selamat mencoba!

Comments are closed.