10 Penyebab Rambut Rontok

penyebab rambut rontok
Penyebab rambut rontok mungkin disebabkan oleh permasalahan psikologis, perubahan hormon atau pola hidup yang salah. Penasaran penyebab rambut rontok lainnya? Simak poin-poinnya berikut ini

GoDok – Seperti yang telah Anda ketahui, rambut sering dianggap sebagai mahkota alami bagi pria dan wanita. Namun, pada beberapa kasus, rambut bisa rontok. Mungkin awalnya hanya satu atau dua helai saja; tapi lama kelamaan, kerontokan bertambah parah hingga memicu masalah kulit kepala lainnya, seperti kebotakan.

Lantas, apa saja penyebab rambut rontok? Berikut, Go Dok paparkan 10 penyebab rambut rontok yang harus Anda ketahui:

1. Stres

Penyebab rambut rontok yang pertama adalah stres. Ya, mereka yang sedang mengalami permasalah psikologis lebih rentan mengalami kerontokan. Tenang! Sindrom rambut rontok yang juga dikenal dengan istilah ‘telogen effluvium’ ini bersifat sementara, dan akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan membaiknya kondisi psikologis individu terkait.

(Baca: Solusi Singkat Atasi Stres Hebat)

2. Pola makan yang berubah

Jarang yang mengetahui bahwa perubahan pola makan ternyata merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Lho, kok bisa?

Pada mereka yang sedang menjalani program diet, minimnya jumlah asupan makanan yang kaya akan kandungan tertentu -seperti vitamin B dan protein- terbukti dapat mengganggu kesehatan folikel rambut.

3. Styling berlebih

Senang menata rambut, atau mengubah warnanya dengan menggunakan senyawa kimia? Maka, berhati-hatilah dengan risiko rambut rontok! Pasalnya, paparan senyawa kimia dari berbagai produk styling yang digunakan akan mengganggu kesehatan akar rambut. Inilah yang menyebabkan Anda rentan mengalami kerontokan.

4. Efek penggunaan obat-obatan tertentu

Faktor lain yang menjadi penyebab rambut rontok adalah penggunaan obat-obatan tertentu, seperti kelompok beta-blocker dan anti-koagulan. Karenanya, sebelum mengonsumsi jenis obat di atas, ada baiknya Anda bicarakan dulu akibatnya pada kesehatan rambut dengan dokter.

5. Perubahan hormon tubuh

Ternyata, perubahan hormon di dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Buktinya, pada ibu hamil dan wanita yang berhenti menggunakan KB, rambut rontok merupakan hal yang lumrah terjadi. Alasannya tidak lain karena kehamilan dan terhentinya penggunaan alat KB dapat memicu perubahan jumlah hormon dalam tubuh sehingga memengaruhi kesehatan helai serta folikel rambut.

6. Kelebihan vitamin A

Siapa sangka bahwa kelebihan vitamin A dalam tubuh ternyata dapat menyebabkan rambut rontok? Ya, sesuai dengan pernyataan dari American Academy of Dermatology, jumlah vitamin A yang terlampau tinggi (lebih dari 2500-10.000 IU) terbukti dapat menjadi penyebab rambut rontok.

7. Terganggunya fungsi kelenjar tiroid

Faktor lain yang jadi penyebab rambut rontok adalah terganggunya fungsi kelenjar tiroid. Hyperthyroidism -atau kondisi di mana kelenjar tiroid bekerja lebih aktif dari seharusnya- dapat memicu peningkatan produksi beberapa jenis hormon, seperti androgen dan estrogen. Nah, meningkatnya 2 jenis hormon inilah yang ternyata menjadi penyebab rambut rontok.

8. PCOS

Tidak terlalu akrab di telinga masyarakat Indonesia, PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) merupakakan gangguan pada ovarium wanita yang memicu perubahan jumlah hormon androgen dan estrogen dalam tubuh. Dari sekian banyaknya gejala PCOS, kerontokan merupakan tanda yang paling umum ditemukan.

9. Anemia

Jika Anda termasuk penderita anemia parah, maka jangan heran bila rambut mulai rontok helai demi helai. Untuk mengatasi kondisi ini, segera konsultasikan kesehatan Anda ke rumah sakit atau dokter terdekat demi mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

(Baca: Jangan Abaikan 7 Gejala Anemia Ini!)

10. Efek terapi medis

Terakhir, faktor yang menjadi penyebab rambut rontok adalah efek terapi medis pada pasien yang menderita penyakit mematikan, seperti kanker. Ya, paparan radiasi yang dilakukan secara berulang terbukti dapat memicu kerontokan menyeluruh, atau dikenal juga dengan istilah anegen efluvium.